DARINAS,S.Pd.SD

Saya lahir di Sawahlunto 12 February 1972.Diangkat jadi PNS tahun 1999.Dinas di Madrasah ibtidaiyah negeri (MIN) muaro kalaban.Sekarang menjadi MIN ...

Selengkapnya
Navigasi Web
D4JS

D4JS

#tantangan hari ke 90#

D4JS

Aku enam bersaudara. Dua laki - laki dan empat perempuan. Ayah memberi kami nama :

1. Darimuslim

2. Darinas

3. Darmawilis

4. Darmayanti / Dafriyanti

5. Jumardi

6. Silta Fiftalia

Coba pembaca lihat. Mulai anak pertama sampai anak ke empat, diawali dengan huruf D / DA. Aku pernah bertanya pada ayah arti nama - nama itu. Tapi ayah tidak tau, ingin saja . Setelah anak pertama diberi nama, anak selanjutnya disamakan saja awalnya "DA", itu kata ayahku. Aku memaklumi nya, orangtuaku kan anak desa zaman Doeloe, SD saja tidak tamat, apalagi kalau mesti cari nama anak dengan bahasa Arab, tidak mungkin kan?. Ya begitulah, kami harus terima saja apapun nama yang diberikan ayah.

Nama adikku yang nomor empat kenapa Darmayanti atau Dafriyanti? . Ayah memberi nama Darmayanti. Tapi adikku itu sering sakit. Masih fanatik kata orang. Kalau sering sakit mungkin namanya tidak cocok atau ada yang bilang namanya berat. Hahaha, ada - ada saja ya? . Lalu ayah ganti nama adik menjadi Dafriyanti. Bahkan nama itu yang sudah dilaporkan ayah di tempat kerja beliau. Masih sakit adikku itu, diganti namanya Nurlaini. Eh , emang sehat tuh adikku. Sehingga kami memanggilnya dengan Nur. Apakah kebetulan atau mitos? Buktinya aku waktu kecil juga sakit - sakitan, tapi namaku tidak dirobah ayah.hhh.

Tapi waktu membuat akte kelahiran nama adikku itu tetap Dafriyanti . Kata ayah nama itu sudah terdaftar di tempat kerjanya. Disamakan saja kata beliau. Akhirnya walaupun ada yang memanggil adikku dengan Nur , dan ada Yanti. Sampai sekarang adikku tetap pakai nama Dafriyanti.

Aku lihat nama "Da" yang berempat itu hanya namaku yang agak tidak enak dan tidak bagus menurutku. Disamping tidak ada artinya, juga tidak cocok dengan jenis kelaminku. Namaku seperti nama anak laki-laki, aku kan perempuan. Orangtua memanggilku dengan nama "Nas". Aku pikir apa ya arti namaku? Yang aku tau ada surat al Qur'an yang mirip namaku. Surah terakhir yaitu surah An Nas. An Nas artinya manusia. Kalau aku gabungkan Darinas, artinya Darimanusia. Ah..aku kan memang anak manusia ( hhh masak anak yang lain ) , tidak dooong.

Ada pula yang menyebutku Darinasional. Kenapa? NAS itu singkatan Nasional. Setelah aku dinas di Madrasah ( MIN ) , ada guru lain yang memanggilku DARIMIN. Kenapa? Katanya ibuk kan dari MIN. Ada lagi yang salah manggil. Aku dipanggil bapak. Itu terjadi sekarang lo, di FB bahkan di FB Media Guru kemarenpun ada yang memanggil ku bapak, setelah aku beri komentar. Jawabnya, "terimakasih pak". Aku balas lagi,"profil ku kurang cantik ya pak?". Tuuu kan, ada yang mengira aku laki - laki , pasti karena namaku mirip nama laki - laki. Kalau begitu profilku harus tetap fotoku, supaya jangan ada lagi yang manggil aku bapak.hhh.

Lalu kenapa nama adikku yang nomor lima dan enam tidak diawali DA?. Kelahiran adikku waktu aku sudah tamat sekolah dasar dan di smp. Jadi sudah agak tau nama - nama yang cantik. Waktu adikku lahir laki - laki, aku mengusulkan pada ayah nama yang lain. Ternyata ayah setuju. Begitu juga dengan adikku yang bungsu. Tidak terfikir juga waktu itu apa nama yang cocok untuk adikku yang juga diawali "Da". Makanya aku dan ayah berinisiatif cari nama lain saja.

Coba kalau nama kami semuanya pakai "DA" pasti bagus juga kan?. Buktinya ada familiku yang namanya DARMUIS, beliau mantan kepala kantor kementerian agama kota Sawahlunto. Beliau enam bersaudara, semua laki - laki dan awal nama mereka semuanya " DA ". Darmuis, Dartius, Darliyus, Darlis. , Darmansyah, Dasmusri.

Kalau zaman sekarang para orang tua sudah bisa memberi nama anak dengan nama - nama yang baik dan mempunyai arti bahkan bagus - bagus. Ya , begitu lah para pembaca. Tulisanku tentang namaku, pasti deh pembaca yang lain juga punya cerita tersendiri dengan nama diri, anak dan keluarga.

Salam buat semuanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Suka sinkatannya. D4JS. Kalo aku WSJS hehe....

28 Apr
Balas

Betulkah pak.. berarti bapak empat bersaudara ya

28 Apr

Darinas. Namu indah.,

28 Apr
Balas

Makasih laaa

28 Apr

Subhanalloh, nama -nama yang indah, nama adalah doa dan warisan pertama dari kedua orang tua kita, hingga kita dibangkitkan oleh Alloh dan dipanggil dipengadilan-NYa dengan m=nama-nama kita dan bin bintinya. Tabarakalloh ibuku.

28 Apr
Balas

Terimakasih bunda rokayah

28 Apr

Mantul ibuk..Klu ci 5R buk, Ripos, Reni, Rosi, Rifka, dan Rifil. Hehe

28 Apr
Balas

Wah mantap si

28 Apr

Hallo buk darimin??

28 Apr
Balas

Naah mulai kan buk wati

28 Apr

ha.ha..keren..ikut tersenyum membaca artikel ibu..rasanya ikut terharu. ada aja ortu memberi nama dgn berbagai alasannya he.he..salam

28 Apr
Balas

Salam kembali pak eko.terimaksih sudh mampir bapak

28 Apr

Jangan-jangan.... Darinas kependekan Dari Nasi? Hehehe.... Jngn marah ya, bu? Cuma bercnda kok? Bulan ramadhan harus sling memaafkan? Kwkwkwkw

28 Apr
Balas

Tidak marah kok dinda..kalau marah buat apa ibu tulis.

28 Apr



search

New Post