Darmawan, S.Pd.

Tenaga Pendidik di SMAN 13 Sijunjung, mengampuh Mapel Bahasa Indonesia. aktif dalam MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sijunjung. Alumni Universitas Negeri Padang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MGMP BAHASA INDONESIA BAHAS KARYA ILMIAH

MGMP BAHASA INDONESIA BAHAS KARYA ILMIAH

MATERI KARYA ILMIAH

DI MATA GURU MGMP BAHASA INDONESIA

Selasa, 6 April 2021, guru Bahasa Indonesia SMA/MA yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia mengupas materi tentang karya ilmiah. Dalam kesempatan kali ini, materi karya ilmiah disajikan oleh Bapak Zainal, S.Pd. dan Ibu Helminita S.Pd. Beliau-beliau adalah dua senior hebat yang berada di MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sijunjung.

Karya ilmiah adalah salah satu materi yang diajarkan di kelas XI pada semester 2. Karya ilmiah menjadi materi yang sulit atau tidak menarik bagi siswa untuk dipelajari. Pasalnya, karya ilmiah adalah materi yang menghendaki keseriusan anak didik dalam mempelajarinya. Kadang juga kesulitan dalam menyajikan materi karya ilmiah. kesulitannya terletak dalam memyajikan materi agar menarik bagi siswa.

Kesulitan-kesulitan ini lah yang berusaha dipecahkan oleh para guru yang mengikuti MGMP Bahasa Indonesia. Misalnya, mengenai siswa yang sulit atau tidak tertarik memahami karya ilmiah. Karya ilmiah dianggap sebagai suatu yang membosankan bagi siswa. Kadang siswa menganggap materi ini tidak perlu dipahami. Sebagai guru yang profesional, guru-guru MGMP Bahasa Indonesia memberikan beberapa solusi agar siswa tertarik dengan materi ini dan tidak mengaggap materi ini sebagai suatu yang sulit. Misalnya, mereka disuruh mencari berupa video yang berisi penemuan-penemuan ilmiah di internet. Kemudian, penemuan ilmiah itu mereka jelaskan kembali dengan bahasa mereka sesuai data yang ada di video yang mereka cari. Jangan pedulikan bahasa atau susunannya yang penting mereka menulis terlebih dahulu. Setelah mereka selesai menulis, kemudian perbaiki tulisannya dengan proses menyunting bersama-sama. Mereka akan sangat senang nanti karena mereka berhasil menulis. Sambil menonton video mereka telah mencoba menulis karya ilmiah walau itu penemuan orang lain. Setidaknya mereka sudah menulis.

Kemudian, mengenai kesulitan guru dalam menyajikan materi ini agar menjadi menarik, MGMP Bahasa Indonesia juga punya solusi. Berkat diskusi yang alot lahirlah solusi-solusi yang luar biasa. Agar bisa menarik perhatian siswa, guru harus mampu menghadirkan karya-karya ilmiah terkini. Guru harus mampu memberikan penjelasan yang singkat terhadap teori yang ada. Dengan adanya contoh karya ilmiah terkini, mereka akan merasa tertantang untuk mengetahui isi karya ilmiah. Selain itu, bisa juga disajikan dengan cara observasi lapangan. Sambil observasi lapangan, mereka diberikan teori-teori. Hasil observasinya dicatat dalam bentuk kerangka sebuah karya ilmiah. Tulisan berupa kerangka itu, tanpa mereka sadari akan menjadi bahan mereka untuk menulis karya ilmiah.

Selain memberikan solusi-solusi terkait penyajian materi karya ilmiah kepada siswa, para guru MGMP Bahasa Indonesia juga menyamakan konsep tentang materi karya ilmiah. Mulai dari pengertian karya ilmiah, bentuk karya ilmiah, dan struktur karya ilimiah, serta kebahasaan karya ilmiah. Kemudian, memberikan benang merah antara artikel opini dengan artikel ilmiah. Menurut hasil diskusi MGMP Bahasa Indonesia Kab. Sijunjung, artikel opini adalah artikel yang berisi pendapat atau argumen penulis terhadap isu/ fakta yang sedang hangat terjadi. Artikel opini ini misalnya editorial, tajuk rencana, kolom, dan opini itu sendiri yang biasa kita temukan di koran. Sedangkan artikel ilmiah adalah tulisan yang berisi penjelasan tentang suatu isu, benda, atau kejadian berdasarkan sudut pandang keilmuan. Contoh artikel ilmiah ini bisa juga kita temukan di koran misalnya artikel tentang kesehatan yang bersumber dari ilmu kedokteran.

Para guru sangat senang dengan pembahasan hari ini. kebersamaan tentu akan melahirkan banyak manfaat. Solusi-solusi terbaik akan ditemukan ketika sudah didiskusikan dengan baik. Materi karya ilmiah yang awalnya terasa sulit menjadi sedikit mudah. Demi kebersamaan dan keabadian momen hari itu, para guru MGMP Bahasa Indonesia mengakhiri pertemuan hari itu dengan foto bersama. Setiap momen butuh diabadikan karena momen akan bercerita ketika kita tak mampu lagi bercerita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga sukses Pak. Salam literasi

06 Apr
Balas

Terima kasih Buk. Sukses juga buat Ibu. Salam literasi .

07 Apr



search

New Post