Darwin, S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Best Practice Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik

Best Practice Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

MTs Negeri 3 Sambas

Lingkup Pendidikan

MTs

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan pemahaman materi peserta didik mapel IPS kelas VIII

Penulis

Darwin, S.Pd

Tanggal

Aksi 1 : 15 oktober 2022

Aksi 2 : 17 oktober 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Latar Belakang Masalah

1.  peserta didik kurang memahami materi IPS

2.  model,metode dan media pembelajaran guru masih belum inovatif

mengapa praktik ini penting untuk dibagikaagar saya dan teman-teman guru bergerak bersama untuk menggunakan model, metode dan media pembelajaran inovatif sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif dan aktif antara guru dan peserta didik serta mampu meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar peserta didik.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini mengidentifikasi  permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar di kelas dan mencari solusi tepat dari permasalahan tersebut. Saya juga bertanggung jawab untuk melaksanakan metode dan  model pembelajaran IPS yang inovatif tersebut di sekolah tempat saya bertugas  sehingga dapat meningkatkan pemahaman materi IPS  dan hasil belajar peserta didik.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan untuk mencapai tujuan:       

1. sebagian peserta didik yang belum aktif dalam kegiatan  diskusi kelompok

2. sebagian Peserta didik  kurang percaya diri dalam persentasi dan mengemukakan pertanyaan

3. Keterbatasan waktu rekan  Guru atau tata usaha   yang membantu merekam video

4. Guru kurang menguasai sintak/langkah pembelajaran yang diterapkan, sehingga ada langkah pembelajaran yang tidak dilaksanakan

 

Siapa saja yang terlibat

Guru, Peserta didik, Observer

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah yang harus dilakukan guru sesuai tantangan yang dihadapi, antara lain:

1.  Pemilihan Model pembelajaran yang inovatif sesuai karakteristik peserta didik

2.  Pemilihan metode variatif

3.  media pembelajaran yang inovatif

 

Strategi apa yang digunakan

Menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan menggunakan media pembelajaran  (gambar dan video)

 

Proses pembuatan media pembelajaran:

Mencari media pembelajaran  yang sesuai dengan materi diinternet kemudian didownload dan memutar video tersebut pada peserta didik dengan menggunakan media laptop dan proyektor

 

Siapa saja yang terlibat:

Guru dan peserta didik serta observer

 

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini:

Buku siswa IPS kelas VIII, Video dan Gambar pembelajaran, Laptop,Proyektor.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif

Pemilihan model pembelajaran Discovery learning yang menggunakan media inovatif menumbuhkan pemikiran kritis, meningkatkan keaktifan dan meningkatkan pemahaman materi IPS  peserta didik terlihat dari keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, bertanya dan mengemukakan pendapat saat diskusi kelompok.

 

Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini  menyenangkan, tidak membosankan dan mudah  dimengerti Hal ini bisa dilihat dari refleksi pembelajaran peserta didik  memberikan pernyataan pembelajaran yang dilakukan menyenangkan, tidak membosankan dan mudah dimengerti.

 

 

 

Faktor keberhasilan pembelajaran

sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam penguasaan media, metode dan model pembelajaran yang inovatif  dan kreatif sehingga menghasilkan pembelajaran yang menarik, meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga akan meningkatkan pemahaman materi IPS oleh peserta didik

 

Pembelajaran yang baik dari pelaksanaan proses pembelajaran

Guru harus lebih  inovatif dan kreatif dalam pengunaan media, metode dan model pembelajaran sehingga proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post