Darwoto

Saya mengajar mata pelajaran bahasa Inggris di SMK Tunas Bangsa Tawangsari Kabupaten Sukoharjo sejak tahun 2009....

Selengkapnya
Navigasi Web

Tetiba Ingat Almarhum Bapak

Saat membaca buku di sofa sambil menyeruput kopi pagi ini, tetiba saya ingat almarhum bapak saya. Saya sempat terhenti membaca buku dan memikirkan ada apa ini. Di waktu pagi, saya ingat almarhum bapak.

Saya sempat bingung akan apa yang harus dilakukan oleh seorang anak jika dia rindu kepada orang tuanya yang telah meninggal. Saya mau bertanya kepada seorang teman yang mengalami yang sama, tapi saya malu.

Saya mencoba mengingat masa kecil ketika bapak masih hidup. Bapak sering duduk dan menengadahkan kedua tangan lama setelah salat. Saya bertanya, "Kok, doanya lama, pak?"

"Bapak sedang mendoakan almarhum kakekmu." jawab bapak dengan suara lirih.

Kemudian, saya tanya lagi, "Kalau pas di sawah, bapak tiba-tiba ingat kakek yang telah meninggal, bagaimana?"

"Melafalkan surat al-Fatihah untuk kakek."

Selain itu, saya juga sering diajak bapak berziarah ke makam kakek saya. Sampai sekarang, saya masih ingat letak kuburan kakek saya.

Kurang lebih seperti itu yang saya ingat saat bersama bapak dulu. Bagaimana berbakti kepada orang tua yang telah meninggal.

Langsung saya melafalkan surat al-Fatihah untuk almarhum bapak saya. Semoga almarhum bapak husnul khotimah. Diampuni semua doanya dan diterima amal ibadahnya. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post