Dasirah,S.Pd.SD

Penulis lahir, dan menua di kota rembang , dr 2005 mengabdikan diri di SDN Ngroto, mulai 11 September 2020 Alih tugas ke SD Pancur.. Niat mengamalka...

Selengkapnya
Navigasi Web
 VIDIO PEMBELAJARAN MEDIA PALING EFEKTIP DI MASA PANDEMI

VIDIO PEMBELAJARAN MEDIA PALING EFEKTIP DI MASA PANDEMI

MERAIH ASA MELALUI WAG BELAJAR MENULIS GELOMBANG 16

Nara Sumber : HAMZAH RAMDHANI

Moderator : Dra.Sri Sugianti,M.Pd. ( ibu Kanjeng )

Resum 4 : Dasirah,S.Pd.SD.

VIDIO PEMBELAJARAN MEDIA PALING EFEKTIP DI MASA PANDEMI

Semenjak wabah pandemi covid 19 menguncang dunia, melumpuhkan banyak sektor antara lain adalah sektor pariwisata, sektor dunia usaha, dan yang paling merasakan dampaknya adalah sektor pendidikan. Banyak kebijakan yang di berlakukan oleh pemerintah, seperti: Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPB) dikenal dengan social distancing , Wajib memakai masker, Cuci tangan pakai sabun. Sehingga kita sebagai pengemban amanat pendidikan juga harus mentaati peraturan pemerintah, supaya dapat memutus penyebaran virus covid 19.

Pemerintah menganjurkan kita bekerja dari rumah (Work From Home), Belajar Dari Rumah sesuai dengan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam masa Darurat Penyebaran covid 19. Sehingga kita sebagai pengembang amanat pendidikan wajib mentaati peraturan pemerintah tersebut.

Metode dan media pelaksanaan BDR di laksanakan dengan pendekatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), baik secara daring, luring atau gabungan daring dan luring. Karena hal ini, kita sebagi guru profesional harus mampu menjaga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berlangsung selama covid.

Vidio Pembelajaran adalah solusi yang paling efektip di masa pandemi, untuk itu kita sebagai guru profesional harus bisa membuat media pembelajaran digital. Nah di dalam perkulian yang ke empat, Senin, 12 Oktober 2020 Bapak Wijaya Kusuma mendatangkan conten dan kreator kondang asal sulawesi sebagai nara sumber, yaitu Bapak Hamzah Ramdhani. Beliau lahir di Morowali, 22 Juni 1986. Mengajar di SMPN 2 Bumu Raya Kabupaten Morowali-Sulawesi tengah.

Prestasinya antara lain :

1. Juara 1 Gupres tingkat provinsi Sulteng dan Finalis Gupres Nasional 2017

2. Duta Rumah belajar 2017

3. Pendamping Guru Penggerak

4. Instruktur Nasional kegiatan-kegiatan Rumah Belajar

5. Juara 2 Inovasi Pembelajaran Masa Pandemi Tingkat Provinsi Sulteng 2020

6. Konten Kreator.

Didamping Ibu sri sugiastuti sebagai moderator, Bapak Hamzah Ramdhani mengawali materi dengan kata bijak “Setiap manusia di berikan kelebihan dan kencenderungan untuk menuangkan ke dalam tulisan” ketertarikan seseorang untuk membaca tulisan pada paragraf pertama, karena paragraf pertama dalam tulisan akan mempengaruhi seseorang untuk membaca sebuah tulisan.

Selanjutnya Beliau membagikan vidio pembelajaran tentang Sistem Gerak pada Hewan dan Tumbuhan, lebih jelas kunjungi blog berikut https://youtu.be/PSJ2wA5LVDO Vidio pembelajaran ini, Guru berperan sebagai dubbing. Kemudian Beliau membagikan lagi vidio yang ke dua tentang Perkembangbiakan hewan-Teknologi Perkembangan Hewan dan Tumbuhan. https://youtu.be/1J2mCcpSOwy. dalam vidio pembelajaran ini guru sebagai pengajar langsung di depan kamera.

Kemudian Bapak Hamzah Ramdhani meminta semua peserta belajar gelombang 16 untuk menganalisa kedua vidio pembelajaran tersebut, mengenai kelebihan maupun kekurangan kedua vidio pembelajaran di atas. Hasil analisis dari kedua vidio tersebut adalah :

Vidio 1 : suara jelas, animasi bergerak, menarik, tulisan materi memperjelas konten, sehingga pembelajaran makin menarik.

Vidio 2 : suara kurang jelas namun kita bisa melihat pengajar seperti bertatap muka. Konten dan gambar juga sangat menarik.

Vidio pembelajaran merupakan media pembelajaran yang di rekomendasikan dalam PJJ, adapun langkah-langkah membuat vidio pembelajaran adalah :

1. Analisis KI dan KD

2. Memilih indicator yang akan di buatkan vidio pembelajaran

3. Mengumpulkan aset vidio

4. Proses perekaman

5. Editing vidio pembelajaran

6. Review dan revisi

Membuat vidio pembelajaran itu sangat mudah, bisa menggunakan HP melalui aplikasi KINE MASTER. Berikut tutorial dari bapak Hamzah Ramdhani melalui Linknya : https://youtu.be/wcTTPZTzpJA . Nah, sebagai pengajar profesional kita di harapkan mampu membuat vidio pembelajaran sendiri dengan menggunakan gawai yang kita miliki. Sebagai usaha penunjang Pembelajaran Jarak Jauh, dan pemenuhan tugas serta kewajiban kita terhadap pemerintah, serta memberikan hak kepada anak didik kita untuk selalu mendapatkan pengajaran. “Jadilah guru bahagia yang membahagiakan” terimakasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

hebat, sudah bikin resume

18 Oct
Balas

Pak mentor, terimakasih

25 Oct



search

New Post