Dati Dahliana, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jubah Ekskul Membawa Cita-Cita

Jubah Ekskul Membawa Cita-Cita

Kegiatan ekstrakurikuler (Ekskul) sejatinya adalah pengembangan dari kurikulum pendidikan yang sifatnya membantu bakat dan minat peserta didik dalam lingkungan sekolah yang dituangkan dalam rencana kerja tahunan satuan pendidikan. Kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran ini membawa dampak positif hingga mencetuskan generasi bangsa yang tangguh, mumpuni, berani bertanggung jawab serta mandiri terhadap apa yang diembannya.

Pada dasarnya peserta didik yang mengikuti kegiatan ekskul beralasan karena adanya minat, bakat dan hobi, sesuai dengan kriteria yang dimiliki, sehingga mereka akan lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan ekskul. Selain adanya minat, proses pengembangan diri terbentuk dengan cepat dan tampak terlihat sekali dalam sikap dan perilaku yang diterapkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ekskul dapat diimplementasikan dengan baik, seperti halnya ada nilai pendidikan karakter tentang toleransi, disiplin, mandiri, jujur, kerja keras dan sebagainya. Terlepas dari bisa atau tidak bisa untuk mengukur kemampuan anggota ekskul diharapkan mengikuti perlombaan agar dapat menjajaki kemampuan dasar yang dimiliki, bukan berarti untuk memperlihatkan kemampuan atau kebisaannya saja, tapi diharapkan mampu bersosialisasi dengan sesama anggota ekskul lainnya.

Keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler dapat terlihat dari bimbingan seorang pelatih/pembina yang mana menunjukkan kepiawaiannya dan mampu membidik peserta didik yang memiliki minat sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, sebuah proses tidak akan pernah menghianati hasil, jika berlatih dengan sungguh-sungguh dan kerja keras maka akan memungkinkan adanya kemenangan.

Jalur prestasi adalah salah satu alternatif bagi anggota ekskul yang ingin melanjutkan study ke sekolah yang diinginkan. Dengan adanya dukungan dari sekolah atau pemerintah daerah setempat diupayakan dapat membantu dan membangun kerjasama dalam pengembangan pendidikan berkarakter abad 21 hingga tercapai stimulus yang baik. Sungguh kebahagiaan tersendiri bagi anggota ekskul dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menjadi acuan dalam pengembangan sebuah cita-cita yang melandasi keinginan untuk menunjukkan prestasi yang gemilang dengan membawa jubah masing-masing ekstrakurikuler yang digelutinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Justru dari skill itulah sering kali potensi seseorang termunculkan...

23 Feb
Balas

Terima kasih mas Padil.

23 Feb



search

New Post