Dedeh Rohidah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Belajar Menulis

Belajar Menulis .

Banyak orang yang merasakan kesulitan dalam menulis. Mereka bingung memulai apa yang harus ditulis dan.mulai dari mana. Bukan karena tidak memiliki ide untuk menulis namun bagaimana cara menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Apa yang harus saya tulis ? Pertanyaan itu kerap muncul ketika seseorang sudah berada di depan laptop dan tangan telah berada pada keyboard. Atau ketika tangan telah memegang pulpen di atas kertas . Tetap bingung mulai dari kata apa .

Saya pernah membaca trik - trik untuk menjadi penulis . Dalam bacaan tersebut dijelaskan bahwa kalau menulis tidak usah terlalu banyak berpikir. Namun harus terus saja menulis sesuai dengan ide yang muncul saat menulis. Jangan berhenti dan jangan terlalu banyak berpikir mengenai aturan - aturan menulis atau penggunaan kata kata yang seharusnya dituliskan. Apalagi memikirkan hasil tulisan kita bagus atau tidak. Biarlah apa adanya dan apa yang kita pikirkan tulis dan tulis. Jangan tersendat apalagi sampai berhenti karena. dihantui perasaan kalau kalau tulisan kita tidak layak untuk dibaca.

Nampaknya saran dari buku tersebut ada benarnya juga. Ketika belajar menulis dan terlalu banyak memikirkan kaidah - kaidah menulis sering ide - ide yang tadinya penuh di kepala menjadi hilang karena ada perasaan takut salah dalam menuliskannya. Saya mencoba untuk melakukan sesuai saran tersebut . Yang penting nulis,nulis dan nulis ide apapun yang ada di kepala . Tanpa memperdulikan kaidah penulisan atau susunan kata atau kalimat dalam paragraf salah. Ternyata setelah dicoba jari-jari ini lumayan lincah menuliskan huruf demi huruf untuk membentuk kata dan kata demi kata untuk membentuk kalimat.

Selanjutnya saya sadar menulis juga butuh kemerdekaan . Biarlah orang lain menilai tulisan kita jelek saya nggak peduli yang penting saya mau menulis. Tak peduli dengan aturan dan penilaian orang lain yang penting saya telah mencoba menulis. Biarlah mereka menganggap tulisan kita nggak ada apa apanya. Yang penting saya mulai menulis. Dan ternyata bisa juga ya saya menulis. Walau tak karuan .

Biarlah semua itu perlu proses. Saya yang tidak biasa menulis tidak mungkin langsung bisa merangkai kata kata seperti orang yang sudah terbiasa menulis . Yang namanya pemula dalam melalukam sesuatu tidak mungkin hasilnya sebagus mereka yang sudah mahir , sepertinya itu hal yang wajar. Nmun bukan berarti saya tidak mau mampu menulis seperti mereka yang sudah terbiasa menulis. Saya juga mau hasil tulisan saya layak untuk dibaca tapi apa daya baru bisa seperti ini. Saya juga pernah membaca bahwa menulis itu bukan.pengetahuan tapi keterampilan . Yang namanya terampil tentu perlu berlatih dan berlatih suapaya mahir. Semoga saja dengan berlatih terus menerus dalam menulis saya juga bisa mahir menulis seperti mereka yang pandai menulis

Tulisan ini adalah bukti proses belajar saya untuk mendapatkan keterampilan menulis yang sesuai harapan. Tentu saja dalam setiap usaha dan proses pasti ada kendala. Rasa malas adalah kendala utama yang saya rasakan . Kemudian rasa malu apabila tulisan kita dikritik orang. Kalau yang kedua mungkin bisa menjadi pemicu juga agar tulisan kita jadi lebih baik . Namun rasa malas untuk berlatih menulis harus dilawan oleh diri sendiri. Kalau tidak ya tidak akan ada kemajuan dalam menulis. Untuk tahap awal agar kita percaya diri dapat menulis sepertinya kita harus memiliki sikap EGP. ( Emang Gue Pikirin) Kalau kata orang Bekasi mah bodonanan. Yang penting nulis nulis dan nulis. Anda yang sudah pandai menulis silakan saja mengatakan bahwa tulisan saya ini jelek dan tidak ada apa apanya. Namun bagi saya tulisan ini adalah karya mahabesar saya yang luar biasa. Anda yang pandai menulis silakan saja mengatakan bahwa menulis itu mudah . Namun bagi saya menulis sulit dan membutuhkan perjuangan latihan ketekunan dan semangat luar biasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

wow , keren banget. tulisannya mengalir lancar dan enak banget dibacanya. Dahsyat

12 Aug
Balas

keep writing Buk. Hwaiting. Btw. pak Lee ke sekolah bu Dwi minggu depan.

12 Aug
Balas

oh ya, alhamdulillah

12 Aug

Memang kita perlu mengerahkan semua keberanian, Bu Dedeh. Berani mencoba, berani salah, berani belajar, berani ditertawakan, dan bagi saya kuncinya adalah berani nekad. Karena dengan berani nekad Kita dapat belajar banyak hal, dan ternyata memperkaya pemgalaman batin kita. Tulisan ibu sudah sangat ok. Says harus banyak belajar lagi.

15 Aug
Balas

Hihi mksh Pak atas suportnya . Tulisannya aja masih salah ketik begitu ya... duh padahal sudah diedit. Terlihat senbrononya

14 Aug
Balas

Baru belajar Pak Leck Murman. Saya sangat berharap kritik dan saran dari pembaca

14 Aug
Balas

Twrima kasih bu Berti . Iya berani dalam melakukan kebaikan walaupun tertatih tatih . Kesalahan adalah wajar dalam proses belajar.

15 Aug
Balas

Mantabs .. Teruslah Menulis Semangattt

18 May
Balas

Terima kasih Buncer Lina.In sya Allah jadi semangat dengan motivasi dari Buncer

18 May



search

New Post