Dedi Rahmat Hidayat

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pembina Upacara

Menjadi pembina upacara adalah hal yang kadang membuat guru menjadi frustrasi, grogi, galau, ketakutan, khawatir dan lainnya, padahal saat menjadi pembina upacara adalah hal yang sangat berharga untuk para guru. Untuk sekolah yang kecil mungkin tidak menjadi masalah bila berhadapan dengan 100-300 siswa, namun untuk sekolah besar sampai 1.000 siswa sering kali guru merasa kehilangan percaya dirinya, untuk menjadi pembina upacara memang membutuhkan keterampilan tersendiri, seringkali walaupun persiapan sudah dilakukan secara matang namun saat menjadi pembina upacara akan terjadi kesalahan yang berakibat ditertawakan seluruh peserta upacara dan berakhir dengan rasa malu.

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa hal yang akan membuat bapak ibu guru mempunyai keyakinan dapan menjadi pembina upacara yang terbaik.

Siapkan mental untuk menghadapi upacara dengan berlatih depan cermin. Hapalkan aba-aba yang diperlukan saat laporan atau saat memimpin sesuatu. Siapkan materi amanat dengan baik, singkat, padat dan tepat disesuaikan dengan tema yang diberikan. Mengatur nafas dan intonasi bicara agar suara yang terdengar jelas dan tegas. Melangkah dan berjalan dengan gagah serta yakin, semua mata akan terarah pada pembina. Bila harus memegang mic, pegang dengan stabil jangan kaku dengan tangan kanan, atur jarak mic agar suara bisa tersalurkan dengan baik oleh pengeras suara, tidak menempel dengan mic serta tidak terlalu jauh dari mulut. Bila memang ada yg harus dibaca, gunakan stand mic agar lebih leluasa Pandangan selalu mengarah kedepan, kepala tegak dan saat memberikan amat pandangan jangan hanya pada satu titik apalagi menunduk, pandangan disapukan ke seluruh peserta dengan gerkan yg lembut, tidak kaku dan terlalu cepat. Tarik nafas panjang sebelum mulai berbicara, atur irama jangan terlalu cepat karena akan mengakibatkan kehabisan nafas. Selalu tersenyum dan rileks serta tetap bersemangat.

Demikian beberapa tips agar dapat menjadi pembina upacara yang baik serta akan menjadikan apa yg disampaikan bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren! Tipsnya aplikatif. Untuk berdiri di depan ratusan anak2 TK, klo ada di atas 100%, nah PDnya harus segitu.

24 Jul
Balas

Semangat bu, kalau anak tk saya juga nyerah.. Kudu 2000%

25 Jul

Mantap...terimakasih sudah berbagi, Pak Dedi

25 Jul
Balas

Sama² bu umul

25 Jul

Sama² bu umul

25 Jul

Saya guru yang sangat fobia ketika akan tampil pembina upacara, mhn tipsx

06 May
Balas



search

New Post