DENI PERMANA

Penulis Buku "Ragam Ice Breaking Guru Zaman Now"...

Selengkapnya
Navigasi Web
Qurban dan Penguatan Pendidikan Karakter

Qurban dan Penguatan Pendidikan Karakter

Ibadah qurban adalah ibadah yang diwajibkan bagi kaum muslimin yang mampu sebagaimana Allah perintahkan dalam Al Qur'an surat Al Kautsar ayat kedua yang artinya "Maka Shalatlah untuk tuhamnu dan berqurbanlah"

Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari pensyari'atan ibadah Qurban bagi peserta didik kita dalam rangka Peguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dalam Al Qur'an surat As Shoffat ayat 99 - 111 dikisahkan bagaimana awal mula ibadah qurban ini disyari'atkan. Setelah menunggu sekian lama untuk memiliki buah hati akhirnya Nabiyullah Ibrahim AS dikaruniai seorang anak lelaki yang gagah rupawan, namun Allah SWT menguji keimanan Ibrahim dengan meminta Ibrahim menyembelih putra kesayangannya itu. Gayung bersambut ternyata Ismail menyambut perintah itu karena memang perintah Allah SWT. Setelah keimanan mereka teruji lalu Allah menggantinya dengan seekor domba.

Beberapa nilai karakter yang bisa diteladani dari peristiwa tersebut adalah:

1. Keimanan yang total

2. Ketaatan yang sempurna

3. Jalinan komunikasi yang baik

Semoga kita bisa meneladani kesolehan Ibrahin dan Ismail Alaihissalam dan dimampukan berqurban,Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tauladan yang sangat baik ya bu, moga kita dan generasi mendatang bisa mengikutinya

21 Aug
Balas

Subhanallah. Nilai karakter yang sempurna.

21 Aug
Balas



search

New Post