Deni Tauladan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KEPALA SEKOLAH DARI MASA KE MASA
Kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang

KEPALA SEKOLAH DARI MASA KE MASA

Menulis cerita tentang SMA Negeri 4 Tanjungpinang tidak lengkap rasanya kalau tidak bercerita tentang mantan-mantan pimpinannya dan siapa sekarang yang sedang memimpin. SMA Negeri 4 Tanjungpinang yang keberadaannya sudah diusia dewasa, sekita 30 tahun dan kalau di umpamakan seorang pemuda (karena sekolahnya di jalan pemuda, kalau di jalan kartini akan dianalogikan menjadi putri), ia gagah, body six pack, berotot kawat tulang besi, tampan, rambut cepak seperti tentara, langkahnya tegap, jiwanya kuat, ia yakin dan percaya ia akan jaya, dan maju bersama hebat semua, SMA 4 hebat, hebat, hebat.

SMA Negeri 4 Tanjungpinang berdiri tanggal 5 september 1991, pada saat itu bernama SMA Negeri 5 (persiapan) dan menempati bangunan Sekolah Pendidikan Guru Negeri (SPGN) di jalan H. Agus Salim, lebih dikenal dengan jalan Tugu Pensil (tugu yang berbentuk pensil) tepi laut, memang di depan sekolah ada jalan Raya yang lebih kurang delapan meter lebarnya dan di seberang jalan ada lereng/tembok batu miring pembatas laut, disebut tepi laut.

Pimpinan dari masa ke masa:

1. Drs. Abdul Rahman. (1991 – 1993)

Drs. Abdul Rahman (almarhum) yang pada saat itu adalah kepala kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Riau Tanjungpinang, mengemban tugas sebagai kepala sekolah SMA Negeri 4 Tanjungpinang (SMA Negeri 5 persiapan) yang berada di jalan H Agus Salim. Selanjutnya SMA Negeri 4 Tanjungpinang pindah dan kembali menenpati SPG (bangunan baru SPG, SPG seluruh Indonesia ditutup) di jalan Pemuda, Sei Jang (yang lebih populer disebut Sungai Jang). Masa kepemimpinan Drs. Abdul Rahman berakhir pada tahun 1993.

2. Dra. Umi Salamah. (1993 – 2000)

Dra. Umi Salamah (almarhumah) yang sebelumnya menjabat sebagai kepala SPG Negeri di lantik menjadi kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Personel guru-gurunya guru baru yang baru diangkat dan penempatannya memang di SMA Negeri 4 Tanjungpinang bukan dari guru-guru SPG. Pada masa pimpinan beliaulah pada tahun 1999 penulis menerima surat mutasi dari SMA Negeri Tarempa ke SMA Negeri 4 Tanjungpinang, setelah 10 tahun bertugas di SMA Negeri Tarempa. Masa kepemimpinan Dra. Umi Salamah berakhir pada tahun 2000

3. Aminullah, BA. (2000 – 2009)

Aminullah, BA (almarhum) sebelum dilantik sebagai kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang, beliau adalah kepala sekolah di SMA Negeri 5 Tanjungpinang yang beralamat di jalan H. Agus Salim, sekolah yang juga menempati banguan SPG Negeri. Semasa kepemimpinan beliau inilah muncul calon-calon kepala sekolah yang telah terlatih dimulai pada masa kepemimpinan kepala sekolah sebelumnya salah satunya Dr. Imam Syafii, S.Pd., M.Si yang merupakan kurikulum dari masa kepemimpinan Dra. Umi Salamah sampai masa pimpinan Aminillah, BA. Berikutnya posisi kurikulum digantikan oleh Dr. Encik Abdul Hajar, MM dan beberapa tahun kemudian beliau dilantik menjadi kepala SMA Negeri 5 Tanjungpinang. Untuk menggantikan posisi kurikulum yang kosong kepala sekolah menunjuk Dr. Darson, S.Pd, M.Si. Menjelang masa pensiun kepala Sekolah, kurikulum SMA Negeri 4 Tanjungpinang, Dr. Darson, S.Pd., M.Si dilantik menjadi kepala SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Masa kepemimpinang Aminullah, BA berakhir pada tahun 2009.

4. Raja Rukihati. (2009 – 2013)

Raja Rukihati sebelum memimpin SMA Negeri 4 Tanjungpinang adalah seorang guru di SMA Negeri 6 Tanjungpinang dan mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada tahun 2009, beliau dilantik menjadi kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang, dan posisi kurikulum di percayakan kepada Thauladan Saputra, S.Pd (penulis). Di akhir masa jabatan kepala sekolah, setelah 4 tahun memimpin, kembali salah satu guru di SMAN 4 dilantik menjadi kepala sekolah di SMA Negeri 6 Tanjungpinang, yaitu Drs. Yuserizal (dari waka Kesiswaan).

Jadi kalau dilihat dari sejak tahun kepemimpinan 2000 – 2013 telah lahir dari SMA Negeri 4 Tanjungpinang sebanyak empak kepala sekolah, yang sekarang tiga diantaranya bergelar pendidikan Doktor.

5. Elfizah. (2013 – 2017)

Sebelum menjadi kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang, Elfizah adalah kepala SMA Negeri 3 Tanjungpinang, setelah selesai memimpin SMA Negeri 3 Tanjungpinang beliau dilantik menjadi kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang pada tahun 2013 menggantikan posisi Raja Rukihati. Semasa kepemimpinan Elfizah jabatan wakil bidang kurikulum selalu berubah-ubah dari Thauladan Saputra, S.Pd diganti oleh Syarifah Asyura, S.Pd., kemudian beberapa bulan kemudian diganti oleh Awirdah dan setelah awirdah pensiun diganti dengan Nursanti, S.Pd, M.Si hingga sekarang.

6. Dr. Darson, S.Pd. M.Si (2018 – sekarang)

Dr. Darson, S.Pd. M.Si adalah kepala SMA Negeri 3 Tanjungpinang sebelum dilantik menjadi kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang, beliau di sini sudah tidak asing lagi karena beliau adalah mantan guru di sekolah ini. Ada beberapa guru senior disini yang merupakan teman satu angkatan dia. Seperti telah diceritakan sebelumnya bahwa kurikulum tetap dilanjutkan oleh Nursanti, S.Pd. M.Si. Prestasi yang mengagumkan dan membuat teman kerja tetap loyal karena beliau membuat trobosan membimbing guru dalam kenaikan pangkat IV/a ke IV/b.

Demikialah posisi kepala Sekolah Menengah Negeri 4 Tanjungpinang dari masa ke masa, . . . created by deni tauladan, 10042020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post