Deny Rochman

Deny Rochman bukanlah anak seorang penulis. Era reformasi 1998 telah mengubah talenta hidupnya. Ia mulai banyak menulis di media massa. Ada tuntutan moral sebag...

Selengkapnya
Navigasi Web
JAMAAH SHOLAT IED DISCREENING
Jamaah sholat Ied di RW 01 Kemakmuran harus menjalani protokol kesehatan

JAMAAH SHOLAT IED DISCREENING

*Tantangan hari ke-118

#TantanganGurusiana

Umat Islam di kampung Kemakmuran Kota Cirebon mengikuti sholat idul fitri 1441 H, Minggu (24/5). Warga RW 01 Kelurahan Pegambiran dan sekitarnya itu berdatangan ke Masjid Al Ma'mur. Sebelum ke lokasi sholat, jamaah harus menjalani screening oleh panitia. Wajib memakai masker, cuci tangan, mengukur suhu badan dan bawa sadajah sendiri.

Selaku imam dan khotib sholat adalah ketua DKM Al Ma'mur ustadz M. Setiawan. Masjid Al Ma'mur adalah satu dari sekian masjid di kota ini yang melaksanakan sholat ied berjamaah banyak. Tak semua masjid melaksanaknya, termasuk Masjid Jami At taqwa, karena alasan menjalani protokol kesehatan dan kebijakan PSBB jilid kedua.

Untuk sholat Ied tahun corona ini, jamaah dipisahkan dua tempat. Jamaah pria di dalam masjid, sementara jamaah perempuan berada di lapangan depan masjid. Persiapan sholat sudah dilakukan sehari sebelumnya. Bahkan sepekan sebelum sholat Ied pengurus DKM dan pengurus RW 01 Kemakmuran sudah merapatkan.

Pada hari H, semua jamaah menjalani protap panitia. Mereka harus masuk satu pintu utama gapura kampung. Sementara akses jalan lainnya diblokir. Semua jamaah diimbau untuk mengenakan masker. Bagi yang tidak punya atau tidak bawa panitia menyiapkan masker gratis. Jamaah yang datang bergelombang, harus disempot anti septik, dan cuci tangan.

Protokol kesehatan itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di tengah jamaah. Hingga kini angka terinfeksi covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Pemerintah dan MUI mengimbau agar daerah terlapar virus bisa membatasi diri dalam kegiatan keagamaan. Untuk Masjid Al Ma'mur sejak awal puasa, termasuk sholat Jumat, melaksanakan berjamaah di masjid.

Usai sholat Ied dua rakaat, khotib ustadz Iwan Setiawan mengajak para jamaah agar tetap sabar dan tawakal dalam menjalani ibadah di tengah pandemi covid-19. Karena wabah virus corona merupakan ujian keimanan bagi umat Islam khususnya. Seperti umat-umat sebelumnya pada masa nabi dan rosul. Sabar dan bertawakal adalah kunci meraih derajat keimanan lebih baik lagi. (*)

Cirebon, 24 Mei 2020 I 21:19

Deny Rochman

Pegiat literasi Gelemaca
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak, selamat hari raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan bathin.

24 May
Balas

Sama2 bu... mksh

25 May



search

New Post