Deny Rochman

Deny Rochman bukanlah anak seorang penulis. Era reformasi 1998 telah mengubah talenta hidupnya. Ia mulai banyak menulis di media massa. Ada tuntutan moral sebag...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEHIDUPAN SEKOLAH NORMAL BARU
Sumber: internet

KEHIDUPAN SEKOLAH NORMAL BARU

*Tantangan hari ke-121

#TantanganGurusiana

Pada Juni atau Juli 2020 ini, sekolah-sekolah di Indonesia dijadwalkan mulai beroperasi kembali. Beroperasi dalam kehidupan normal baru. Seiring penerapan pelonggaran (relaksasi) PSBB Covid-19. Kendati pihak Kemdikbud belum secara resmi merilis panduan KBM di tengah pandemi.

****

Bagaimana mencegah infeksi covid-19 di sekolah ? Sebuah pertanyaan ke-82 dari 101 Tips Berbasis Sains yang Dapat Menyelamatkan Hidup Anda. Sebuah tips dalam buku Panduan Pencegahan Corona Virus. Buku diterbitkan pada Februari 2020 ini oleh Lembaga Physician of Wuhan Center For Disease Control and Prevention di China.

Pihak otoritas Wuhan memberikan panduan kepada pihak sekolah saat dimulainya KBM. Pertama, harus segera dibuat rencana darurat dan sistem akuntabilitas kepemimpinan untuk pencegahan dan pengendalian infeksi covid-192019, dan tanggung jawab diserahkan kepada departemen dan individu.

Kedua, staf medis sekolah dan departemen yang bertanggungjawab atas manajemen keselamatan di sekolah harus memberikan pengarahan tentang pencegahan dan pengendalian infeksi kepada staf, staf pengajar, dan guru untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada mereka tentang virus.

Ketiga, staf medis sekolah dan pihak sekolah harus memantau kondisi kesehatan siswa, melakukan inspeksi pagi dan sore, dan memeriksa siswa apakah ada demam, batuk, dan gejala infeksi pernapasan lainnya. Pastikan lakukan karantina sesegera mungkin terhadap siswa dengan gejala tersebut dan segera beritahukan orang tua dan tempat layanan kesehatan setempat.

Keempat, jaga sekolah agar tetap kering dan bersih, kamar-kamar harus dilengkapi dengan ventilasi yang memadai, semprotkan desinfektan pada tempat dan fasilitas umum setiap hari, dan lengkapi wastafel tangan dengan pembersih tangan atau sabun.

Kelima, kurangi kegiatan kelompok. Di ruang kelas, siswa harus duduk terpisah dengan jarak yang memadai satu sama lain. Atur waktu makan di kantin. Keenam, hubungi orang tua untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan siswa di luar sekolah.

Siswa dapat menghindari infeksi 2019-nCoV di tempat belajar ada beberapa cara. Di Ruang Kelas. Dibandingkan dengan tempat belajar lainnya, ruang kelas lebih ramai. Oleh karena itu, jaga kebersihan ruang kelas dan semprotkan disinfektan setiap hari.

Buka jendela dan pintu ruang kelas 3 kali sehari, setiap kali selama 20-30 menit. Orang-orang di dalam harus tetap hangat saat ruang kelas terbuka. Pertahankan jarak sosial yang tepat. Kenakan masker, sering-seringlah mencuci tangan, minum banyak air, dan hindari berteriak atau makan di kelas.

Di Perpustakaan. Perpustakaan adalah fasilitas belajar umum yang penting bagi guru dan siswa. Staf perpustakaan harus mengenakan pakaian pelindung dan membuat perpustakaan berventilasi baik, menjaga ruangan perpustakaan selalu kering, bersih, dan melakukan desinfeksi setiap hari. Guru dan siswa harus mencuci dan mendisinfeksi tangan mereka setelah meminjam buku. Mereka harus mengenakan masker wajah danmenghindari menggosok mata, hidung atau mulut mereka dengan tangan.

Di Laboratorium. Laboratorium adalah tempat umum yang penting di sekolah. Sarung tangan dan masker lateks sekali pakai harus dipakai saat mempelajari atau melakukan percobaan di laboratorium. Setelah percobaan selesai, bahan habis pakai laboratorium harus dibuang dengan benar sementara peralatan lainnya harus disterilkan segera.

Siswa dapat menghindari infeksi 2019-nCoV di tempat mereka beraktifitas sehari-hari. Di Kantin. Pastikan keamanan dan kebersihan makanan, dan perkuat inspeksi pada produk daging. Sebelum mulai bekerja setiap hari, staf kantin harus mengukur suhu, mengenakan masker dan mencuci tangan. Mereka juga harus mengganti masker secara teratur sesuai dengan pedoman.

Area untuk makan dan pengolahan makanan serta peralatan makan harus disterilkan dengan sinar ultraviolet dan panas tinggi setiap hari. Toilet kantin harus dilengkapi dengan wastafel, sabun, dan desinfektan untuk mencuci tangan. Kurangi jumlah meja makan yang besar, atur siswa dan guru untuk makan secara berkelompok, dan pertahankan jarak yang tepat antara orang-orang dalam antrian.

Di Stadion. Guru dan siswa disarankan untuk melakukan olahraga ringan, yang bermanfaat bagi kesehatan. Olahraga intensitas tinggi atau olahraga kontak tidak dianjurkan, karena yang pertama dapat melemahkan kekebalan orang, dan berpotensi menyebarkan virus. Di Asrama. Asrama harus memiliki ventilasi yang baik dan bersih. Lakukandisinfeksi secara rutin jika memungkinkan. Siswa harus mencuci tangan ketika memasuki asrama setelah dari luar, serta mengganti dan mencuci pakaian dan mandi secara teratur. Pastikan tidur yang teratur dan memadai. (*) Bersambung...

Cirebon, 27 Mei 2020 I 22:29

Deny Rochman

Pegiat Literasi Gelemaca Kota Cirebon

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga bisa diterapkan disekolah2

28 May
Balas

secepat itukah ?

31 May
Balas



search

New Post