Desi Fatma

Penilik Pendidikan Anak Usia Dini pada Dinas Pendidikan Kota Solok Sumatera Barat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Manjalang Mintuo (65)

Manjalang mintuo atau mengunjungi mertua sudah menjadi tradisi di daerah kami sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Selain berkumpul dengan sanak famili, kami anak perempuan yang sudah menikah juga akan berkunjung ke rumah suami atau mertua.

Saat mengunjungi mereka, kami tidak datang dengan tangan hampa. Melainkan membawa aneka masakan dengan menggunakan rantang. Sekitaran tiga sampai empat jenis masakan, seperti rendang, ayam goreng atau gulai, sampadeh daging, pergedel kentang dan lainnya. Selain membawa masakan, kami juga membawa lamang, agar-agar dan kue.

Bagi yang sudah lama menikah, lamang bisa diganti lupis atau lapek bugih.

Tradisi manjalang mintuo ini masih tetap dilakukan sampai saat ini. Meskipun saya hampir tiap hari berkunjung ke rumah mertua, namun adat ini tetap saya lakukan.

Rumahku, 1 April 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post