Desi Fatma

Penilik Pendidikan Anak Usia Dini pada Dinas Pendidikan Kota Solok Sumatera Barat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Menyiapkan Food Preparation (73)

Tips Menyiapkan Food Preparation (73)

Menyiapkan bahan untuk memasak itu butuh waktu. Kebayangkan bagaimana tersitanya waktu saat memasak pagi hari apalagi di saat Ramadhan ini. Harus menyiapkan sarhur dan berbuka seluruh anggota keluarga. Dengan melakukan food preparation sebelumnya, akan sangat membantu, karena kita tak perlu ngupas bawang, siangi sayuran, marinasi ikan yang membutuhkan waktu ekstra. Ada beberapa tips atau cara mempersiapkan food preparation. 1. Siapkan menu Sebelum melakukan food preparation, sebaiknya susun terlebih dahulu menu yang akan kita masak seminggu kedepannya. Hal ini juga membantu kita dalam berbelanja agar tidak kalap.

2. Siapkan wadah Siapkan kotak penyimpanan sesuai banyaknya bahan masakan. Ukuran box-nya bisa kecil, menengah, atau besar. Usahakan menggunakan box dengan ukuran tinggi sama, agar terlihat rapi saat disusun di lemari es.

3. Pisahkan sayur-sayuran. Potong-patong sayuran hijau, seperti bayam, sawi hijau, sawi putih, kangkung, kemudian simpan masing-masingnya di wadah terpisah. Saat berbelanja, pastikan membeli sayuran segar, atau relatif segar. Buang daun sayuran yang sudah menguning atau kecokelatan, sebab ini bisa memicu sayuran lain membusuk. Untuk stok yang lebih lama saya membeli wortel, buncis, labu siam dan kacang panjang. Untuk sayuran berdaun biasanya dimasak lebih dahulu, karena cepat layu dan tidak tahan lama

3. Pisahkan bumbu dapur. Cabe dan bawang wadahnya sebaiknya dipisah. Sebelum dipotek, kotak cabe sebaiknya dialasi kertas atau tissu agar tidak cepat busuk. Pisahkan cabe yang rusak dengan yang baik dan segar. Tambahkan bawang putih yang telah dikupas diatas cabe, tutup kembali dengan tissu agar uap airnya tidak langsung mengenai cabe. Periksa kondisi cabe secara berkala, jika tissu mulai basah ganti dengan yang baru. Dengan cara penyimpanan seperti ini cabe bisa bertahan lama. Bawang merah dan bawang putih dapat digabung, tapi cukup disimpan disuhu ruang. Untuk menghemat waktu saat memasak, saya biasanya nyetok bawang yang sudah dikupas. Tempatkan di wadah tertutup. Untuk persiapan food prep ini memang agak repot. Tapi kita hanya repot sekali di awal, selebihnya akan gampang dan menghemat waktu saat memasak. Karena kita gak perlu kupas dan potekin sayuran lagi, bisa langsung cemplung-cemplung aja. Apalagi disaat bulan Ramadhan ini, pengen bikin sayur bening saat sahur sudah tidak ribet lagi, semua bahannya sudah siap di kulkas.

Rumahku, 10 April 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah Barokallah Bucan Desi Fatma

10 Apr
Balas

Alhamdulillah, terima kasih Pak Haji. Sehat dan sukses selalu

11 Apr

Ulasan yang luar biasa keren

10 Apr
Balas

Terima kasih Bunda, sehat dan sukses selalu

11 Apr

Mantao, menu buka puasa dah disiapkan. Hehe

11 Apr
Balas



search

New Post