Desilawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
'Penawar Rindu buat Ayah ' Resensi buku oleh Desilawati

'Penawar Rindu buat Ayah ' Resensi buku oleh Desilawati

#Tantanganharike-22

#Tantangangurusiana

#17/06/2020

#Resensi Buku

Resensi Buku

Judul buku : Penawar Rindu buat Ayah

Pengarang : Drs. H Erman Zaruddin, MM.Pd

Penerbit : CV Pustaka Media Guru

Tahun. : 2018

Tebal Buku : 118 halaman

Penawar Rindu buat Ayah merupakan antologi puisi yang berisi tentang kerinduan kepada Ayah, sosok seorang ayah serta harapan dari seorang yang bergelar ayah.

Erman Zaruddin dengan gaya bahasanya tersendiri mengungkapkan hasrat hatinya dengan judul yang sangat puitis, santun dan menarik. Kerinduan penulis terlihat jelas dari tiap baris puisi yang ditulis, halaman demi halaman. Didalamnya, penulis juga menjelaskan bagaimana kasih sayang dan perjuangan sang ayah dalam membesarkan anak-anaknya Gaya bahasa yang ringan, sederhana dan penuh pembelajaran didalamnya sehingga mudah di cerna oleh setiap golongan masyarakat.

Dihalaman 57 kita bisa melihat bagaimana kerinduan penulis kepada ayahnya dalam bait puisi berikut ini:”ayah, tak sanggup lidah berkata, hanya linangan air mata membasahi bumi, tatkala rindu merasuk di hati’. Selanjutnya di halaman 80 tergambar jelas bagaimana dalamnya rindu penulis kepada ayah yang berada jauh di kampung halaman lewat baris puisi berikut :

” akankah pagi segera menjelma

Sejenak terkesima

Teringat pekerjaan yang tak pernah habis

Akankah ada hari esok

Akankah bertemu

Ayah

Aku rindu ayah

Ingin rasanya terbang menemuimu.

Jalan cerita dalam puisi ini lancar dengan variasi-variasi yang dapat membawa pembaca larut seolah-olah merasakan sendiri perasaan yang dirasakan penulis.

Terlepas dari kekurangan yang ada, hadirnya buku “Penawar Rindu buat Ayah” ini menambah khasanah ilmu pengetahuan yang teramat sayang jika dilewatkan begitu saja, karena di dalamnya sangat banyak pembelajaran dan perjuangan dari seorang ayah yang bisa kita dapatkan dari setiap baris syair dari seorang penulis produktif seperti Erman Zaruddin.

Bengkalis, 17/06/2020

Resensator: Desilawati. ( Guru SMP N 6 Bengkalis)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih jadi tersanjung bukuku di resensi.

17 Jun
Balas

Sama-sama, semoga berkenan

17 Jun

Wuiiihhh..Resensatornya kereeen.Salam sukses

17 Jun
Balas

Terima kasih pak Khalid.

17 Jun

Salam sukses kembali

17 Jun

luar biasa bu... salam literasi dari kota medan

17 Jun
Balas

Terima kasih pak Erwin, salam literasi.

18 Jun

Resensinya keren menewen...sukses selalu

17 Jun
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Pujarsono

17 Jun



search

New Post