Desmawita

Nama : Desmawita,S,Pd.M.Pd. Tempat tugas : Kepala MTsN 3 Agam Kab : Agam Provinsi : Sumatera Barat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kekuatan cinta
kekuatan cinta

Kekuatan cinta

Hidup adalah pilihan,ya itulah kehidupan,terkadang memilih sesuatu menjadi tantangan tersendiri yang sulit sekali untuk diputuskan,memilih itu memang tidak mudah,banyak hal yang aku alami dalam perjalanan hidupku,mulai dari memilih sekolah,kuliah ,pekerjaan ,pasangan hidup,pekerjaan dan masa depan anakku,bagiku apapun pilihannya aku harus mempersiapkan mental yang kuat ,berfikiran positif dan mengikuti kata hati

Untuk memilih yang terbaik dari yang baik terkadang di butuhkan kesabaran dan pengorbanan.Pada tahun 2013 aku di hadapkan dua pilihan yang sangat membingungkan ,aku mempunyai satu orang putra laki laki,dia adalah putra tunggalku,sebagai anak yang tugal aku sangat memahami karakternya ,kata orang anak tunggal itu biasanya di identikan dengan sifat manja,bagiku anakku ini sangat percaya diri karena dia sangat di cintai oleh keluarga ,aku mencurahkan seluruh perhatian ,kasih sayang dan dana kepada buah hatiku ini dan aku mempunyai hara[an yang sangat tinggi kepadanya,di samping itu anakku mempunyai pribadi yang mandiri dan sangat menunjukkan perhatian yang lebih kepadaku,di samping itu dia suka mengatur barang -barang yang menjadi hak miliknya dengan baik,dia sangat disiplin,mandiri dan tidak manja,karena aku mendidiknya sejak kecil untuk bisa mandiri dan tidak memanjakannya,maklumlah seorang anak dari ibu yang wanita karier.namun aku juga menyadari putraku ini sangatlah sulit untuk mengalah,jika dia mengiginkan sesuatu yang menurutnya benar.

sejak kecil dia sangat menyukai hewan berbulu kucing dan anjing,karena menurutnya hewan ini adalah hewan yang tingkahnya yang mengemaskan ,apalagi anjing hewan yang paling setia kepada tuannya.jika dia berada dekat kucing dan anjing ini,maka hewan ini patuh dan jinak dengannya ,karena dia memiliki sifat kreativitas tinggi,memiliki pemikiran yang terbuka,mandiri makanya dia sangat suka dengan kucing dan anjing ,tapi aku selalu memberi pengertian jangan terlalu dekat dengan hewan ini,karena tidak baik untuk kesehatannya,karena dia masih kecil,aku takut terjadi apa apa dengan kesehatannya,kalaupun ada kucing di rumah dia tidak di bolehkan untuk membawa kucing kekamarnya,hanya sekedar di lihat dan di pegang sebentar,begitu juga dengan anjing hanya boleh untuk di lihat saja dan tidak boleh di pegang,kenapa aku melarangnya memelihara anjing ,karena setahu aku ,sebagai muslim memelihara anjing itu adalah haram dan tergolong dosa besar kecuali untuk tujuan yang di kecualikan oleh Rasullullah shalalahu alaihi wa sallam ,yaitu menjaga kebun/sawah ,binatang ternak,berburu.

Berbicara denngan hewan kesukaan bisa mengungkap kepribadiaan seseorang,orang yang suka kucing umumnya memiliki perasaan lembut,penuh cinta dan kasih sayang,sedikit pendiam dan gampang tersentuh,dan orang yang suka memelihara anjing juga di kenal sebagai pribadi yang penuh cinta ,telaten dan sabar,selain itu dia orang tidaksungkan untuk mengungkapkan perasaannya dan dia orang yang sangat menyenangkan,mengamati kepribadian orang yang menyukai kucing,pada diri ananku terlihat kepribadiaan ini,apalagi dia seorang pria yang memiliki pribadi yang penyayang terutama kepada orang yang sangat dia sayanggi yaitu orang tuanya.

Pada tanggal 30 desember 2013 anakku di lantik sebagai polisi republik indonesia dan di tugaskan di sabara polda propinsi di ibukota propinsiku ,saat ini kekuatan cinta kami di uji,berpisah dengan anak yang paling ku sayangi , karena tugas sebagai abdi negara tentulah tugas negara lebih utama baginya ,walaupun aku berat untuk jauh darinya ,namun aku berusaha kuat dan sabar menghadapinya,terkadang aku sangat rindu kehadirannya ,rindu canda tawanya ,namun kerinduan ini aku tahan ,aku harus kuat ,aku harus berusaha senyum di depannya,sebagai seorang ibu aku harus mendukung kariernya ,selalu mendoakannya serta memberi kekuatan untuknya,karena diapun baru mencoba berpisah dengan orang tua. sudah pasti aku tidak kuat berpisah dengannya ,begitu juga dengan dia namun karena menjadi polisi itu adalah pilihan ,tugas negara adalah segala galanya ,sebagai angkatan dan abdi negara tentulah dia melaksanakan tugas dengan disiplin dan penuh tanggung jawab.

Karena dia sudah dewasa ,tentulah dia lebih mandiri, bisa membedakan mana yang baik ,mana yang buruk,keinginannya untuk memelihara anjing timbul kembali,karena dalam tugaspun terkadang dia membutuhkan hewan ini untuk mempermudah tugasnya,pada suatu hari dia minta izin kepadaku untuk membeli anjing yang akan di peliharanya dan sudah di berikan uang Rp 500,000 untuk uang mukanya dan dilunasi nanti setelah anjingnya sampai.dalam hal ini aku sebagai orang tua saat itu sangat bingung untuk memberi keputusan ,sebagai orang tua tentulah aku masih melarang,saat itu aku ingatkan dia ,aku berkata ,anak mama sudah besar,sudah bisa membedakan yang baik dan yang buruk ,yang perlu di ingat anak mama adalah alumni madrasah dan sudah belajar ilmu agama ,enam tahun di madrsah rasanya sudah tahu akibat seorang muslim memelihara anjing.Saat ini anak mama harus memilih yang terbaik, aku usap kepalanya dengan penuh kasih sayang,dengan tersenyum ku katakan padanya ,ingat nasehat yang mama berikan di saat minta doa restu mau masuk polisi,kemudian anakku tersenyum juga,di pandangnya aku di tatapnya mataku yang saat itu berkaca kaca.namun aku berusaha menahan air mataku karena aku tahu dia mempunyai kemauan yang keras,apa yang di inginkannya harus terwujud,hanya air mata ibulah yang bisa membuatnya mengalah,aku sadari sebagai seorang ibu tak mungkin lagi ku memaksakan keinginanku karena dia sudah dewasa,akhirnya melihat mataku berkaca kaca dia berkata mama,biarlah hilang uang Rp 500,000,itu,anjingnya tidak jadi aku beli, saat itu aku terkejut mendengarkan kata anakku ,rasanya tak mungkin dia mengagalkan.lalu aku tanya apa benar tidak jadi,dia menjawab mama seperti tidak tahu saja dengan ananda,biasanya kalau ananda bilang tidak ya tidak ma.tanpa ku sadari aku berteriak horeee... ,akhirnya mengalah juga.lalu anakku mengucapkan terima kasih ,mama sudah ingatkan ananda,saat itu aku terharu dan mengucapkan Alhamdulillah,terima kasih ya allah ,engkau telah memberikan hidayah kepada anakku.engkau telah uji kekuatan cinta kami dan semua ini membuat anakku tumbuh semakin dewasa.

Tahun 2018 anakku pindah tugas ke kota tempat aku tugas ,betapa bahagianya aku setelah lima tahun jauh dari anak yang aku sayangi ,Allah kabulkan doaku untuk bisa berkumpul dengan anakku sehingga ada yang menematiku ,menjaga,memperhatikan dan membantu aku .

walaupun anakku sudah berkumpul denganku ,terkadang di rumah juga terasa sepi jika dia sendiri di rumah, untuk menghilangkan kejenuhan dalam rutinitas dan ada teman di rumah ,maka anakku minta izin untuk memelihara kucing,saat itu dia bilang kalau tidak boleh pelihara anjing ,ananda pelihara kucing ,saat itu aku izinkan,karena setahu aku memelihara kucing itu bisa menghilangkan stres,meningkatkan kekebalan tubuh,mencegah penyakit jantung,mengatasi rasa kesepian,membantu menjaga lingkungan,menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama dan untuk penyelamat serta menambah dan meminimalisir terserang penyakit stroke,karena banyaknya mamfaat memelihara kucing tentulah aku izinkan dia.

Setelah aku izinkan,tepatnya juni 2018, dia bawalah seekor kucing kerumah yang warnanya putih sangat cantik sekali yang di beri nama goni ,ternyata akupun sayang sama kucing ini karena dia patuh dan lincah,saking patuhnya kucing pada suatu hari aku tidur di kamar ,sebelum aku tidur aku bilang sama kucing,goni duduk saja di luar tidak boleh masuk kamar, biasanya aku jam empat dini hari sudah bangun ,pada saat itu aku tertidur,maka goni inilah membangunkan aku dengan mengarut garut pintu kamar sambil mengeong,akhirnya aku terbangun tenyata sudah jam empat tiga puluh,begitu juga dengan anakku dia saat itu hari senin aku ada acara kantor ,saat itu aku malam di tempat acara ,anakku di rumah sendirian,biasanya dia jam lima sudah bangun,karena terlambat tidur malam paginya dia tertidur,saat itu gonilah yang membangunkannya ,dengan cara naik ke dada anakku dan mengeong sampai anakku terbangun.

seiring berjalannya waktu goni melahirkan mempunyai anak tiga ekor,yang di beri nama bro,lala,lili lucu juga namanya yang di singkat dengan brolali.Goni sangat sayang pada anaknya dan anaknya juga manja pada induknya,rasanya kasihan kalau mereka di pisahkan ,jika ada orang yang melihat goni,orang itu akan berhenti dan meminta anaknya satu ,anakku sangat sayang kepada ke empat kucing ini ,saking sayangnya di bawa keklinik,di vaksin ,di potong kuku,di mandikan,di belikan kandang ,di kasih makan dengan teratur dan di rawat dengan penuh kasih sayang,terkadang saat dia pulang kerja,dia di sambut oleh goni dengan loncatan dan naik ke atas mobil dengan manjanya ,ketika anakku dinas malam dan piket dia selalu kontrol goni ,brolali,terkadang aku di telpon dan berkata mama jangan lupa kasih makan goni,jika dia pulang kerja anakku selalu bertanya goni sudah makan mama,begitulah sayangnya dia sama kucing.

pada suatu hari aku sakit ,kulitku berwarna merah dan gatal sekali,sudah aku coba beri obat tidak juga sembuh,akhirnya anakku menyuruh berobat dokter kulit,ternyata saat di periksa dokter bertanya ,ibu memelihara kucing ,aku jawab iya,berarti gatal gatal pada kulit ibu ini di sebabkan oleh jamur ,sebaiknya ibu tidak berhubungan dengan kucing,nah saat itu aku bilang ,dokter kucing itu sangat patuh sekali dan anakku sangat suka dengannya,lalu dokter menjawab memelihara kucing itu memang sangat asyik sekali,tapi ibu tidak muda lagi daya tahan tubuh ibu tidak seperti muda dulu,saya sarankan sebaiknya ibu tidak kontak dulu dengan kucing.dalam ilmu kedokteran jika tangan sakit akan menjalar ke seluruh tubuh penyakitnya maka tangan itu kapan perlu di potong. saat itu aku termenung terpikir olehku bagaimana aku menyampaikannya kepada anakku

Sesampai di rumah aku minum obat ,namun aku belum berani menyampaikan kepada anakku penyebab gatal di kulitku,besoknya hari minggu aku dan anakku berkumpul di rumah,di hari minggu inilah aku dan keluargaku berkumpul,saling berbagi,bertukar fikiran,mengerjakan pekerjaan rumahbiasanya pagi aku mencuci ,aku jemur pakaian,aku pergi olah raga dan membersihkan rumah,memasak ,sementara anakku jika tidak dinas dia juga olah raga,mencuci mobil,memandikan kucing peliharaannya,membersihkan kandangnya dan membantuku mebersihkan pekarangan ,setelah aku dan keluargaku sarapan pagi aku bercerita pada anakku,kataku pada anakku,saudara teman mama nama nya kasih ,kasih itu cantik sekali ,anaknya baik,santun,penyayang,sudah punya pekerjaan tetap dan wanita yang shaleh lagi ,kalau mama lihat dia wanita yang sempurna ,kasih punya teman laki laki yang bernama tegar,sudah pasti tegar itu laki laki yang baik,penyayang,bertanggung jawab ,di siplin sangat menghargai waktu dan sayang kepada orang tuanya ,tapi dia tidak punya saudara perempuan dan dia sangat menghargai perempuan,lalu anaku bertanya,apa pekerjaanya,apa dia sudah bekerja ,aku jawab sudah dia juga seorang anggkatan,samalah dengan ananda ,awalnya kasih dan tegar berteman saja ,lama kelamaan dia saling menyukai,saling menyayangi , saling pengertian dan saling menghargai.tegar ini sangat sayang sama kasih begitu juga dengan kasih,anakku semakin penasaran dengar ceritaku,dia berkata cepat saja lah mama cerita,ananda mau bersihkan kandang kucing,kasihan goni belum makan lagi.lalu aku tertawa dan berkata penasaran kan ,lalu aku lanjutkan ceritaku .awal pertemuan kasih dan tegar ,tegar sudah bercerita bahwa dia memelihara anjing dan hobinya berburu,saat itu kasih diam saja kan dia hanya berteman saja,namun kasih sering memberi nasehat kepada tegar untuk selalu menjaga kesehatan ,untuk melaksanakan ibadah dengan baik,terutama shalat jangan pernah di lalaikan dan selalu sabar dalam menghadapi masalah,yaah seperti sayang seorang adik kepada kakaknya.

Karena mereka sering berbagi,bertukar pikiran,jika ada masalah diantara mereka maka dia pecahkan berdua dan mencari jalan keluarnya,lama kelamaan dia saling menyayangi,kasih sangat memahami hoby tegar yang suka berburu,jika tegar akan pergi berburu pastilah kasih di kabari,kasihpun mengizinkan dan berpesan untuk selalu hati-hati ,jaga kesehatan dan shalat jangan lupa,tegarpun menjawab siap dilaksanakan.namun walau kasih sangat memahami sifat tegar sebagai seorang angkatan yang tegas , serius ,disiplin dan tenang serta berwibawa .Kasih menyadari jika kita menyukai seseorang tentulah kita menyayangi keluarganya,menyayangi sahabatnya,dan memberi dukungan kepadanya termasuk perhatian kepada hoby dan kesukaannya,sebaliknya tegarpun juga memahami kasih,dia sangat menyayangi kasih ,memperhatikan kasih,menyayangi keluarga kasih,dan mendukung pekerjaan kasih ,jika kasih membutuhkan pertolongan tegar selalu siap,sesibuk apapun dia jika dia ada waktu dan tidak dinas dia selalu membantu kasih.

Setiap kasih bertemu tegar, dia selalu bercerita dan saling berbagi,pada suatu hari kasih menyarankan kepada tegar kalau bisa hobynya di ganti saja misalnya memancing,atau bersepeda,lalu tegar menjawab susah dia untuk menghentikan kebiasaannya berburu itu,karena berburu itu salah satu obat untuk kesehatannya,apa lagi anjing peliharaannya itu sangat patuh sekali,saat itu anakku tertawa,lalu aku bilang apa bedanya dengan ananda yang sayang sama kucing dan anjing .

Seiring berjalannya waktu tiga tahun mereka menjalin persahabatan,hubungan mereka semakin akrab,mereka saling menjaga diri.Kasihpun selalu berdoa dalam sujudnya agar allah merestui hubungannya,dan berdoa di berikan yang terbaik untuk hubungannya, mereka berjanji untuk saling setia sampai akhir kelak jika mereka berjodoh dan di restui Allah swt.

Saking sayangnya kasih kepada tegar ,dia rela berkorban untuk membantu tegar jika dalam kesulitan. suatu hari kasih berkata kepada tegar,bang kalau bisa di kurang kurangi lah pergi berburu,saat itu tegar menjawab ya di angsur angsur,karena begitu sayangnya tegar kepada kasih sesibuk apa pun dia ,jika kasih membutuhkan pertolongan tegar maka tegar siap untuk membantu.begitu juga dengan kasih jika tegar butuh pertolongan kasihpun dengan ikhlas memberikan pertolongan,akhirnya di antara mereka semakin akrab saling butuh membutuhkan.

pada suatu hari kasih berkata kepada tegar ,dan bertanya apa benar tegar betul betul menyayangi kasih,tegar menjawab itu pertanyaan tidak perlu di jawab,buktikan saja sendiri,lalu kasih bertanya kepada tegar,jika di suruh memilih ,mana yang akan abang pilih apakah kasih atau berburu,lalu tegar menjawab pastilah memilih kasih ,sambil berkata wanita sebaik ini tak mungkinlah di sia siakan ,laki-laki yang bodoh itu jika tidak mau mengalah demi untuk orang yang di sayanginya,bagi abang kasih itu wanita yang sempurna,tidak ada kurangnya lagi, cantik ,pintar ,baik ,penyayang,wanita yang shaleh dan berpenghasilan lagi,kapan perlu anjing itu di berikan sama orang lain atau di bunuh,mendengar itu kasih merasa haru ,matanya berkaca -kaca saat itu.betapa yakin dan bahagianya kasih ternyata tegar betul -betul menyayangginya.

Satu hari kasih di antarkan tegar untuk pergi kekantor tempat kasih bekerja , dalam perjalanan kasih bertanya kepada tegar apa abang gak pergi berburu,lalu tegar menjawab tidak sudah tiga minggu tidak pergi berburu ,kasih menjawab kenapa tidak pergi ,jawab tegar malas yaah tidak enak dengan perasaan kasih,lalu kasih menjawab alhamdulillah semoga allah selalu memberikan hidayah untuk kita,terima kasih bang kata kasih ,saat itu begitu bahagianya mereka berdua ,empat bulan kemudian tegar berkata kepada kasih bahwa anjing peliharaannya sudah di berikan sama orang lain,dan dia sudah tidak pergi lagi berburu,bahwa hobynya di alihkannya pergi memancing.mendengarkan itu kasih bahagia sekali ternyata doa doanya di jabah allah,bahwa orang yang di sayanginya sudah berobah kearah yang lebih baik,dan kasih berdoa semoga tegar selalu sehat ,di beri umur yang berkah ,jika dia berjodoh dan hubunganya di izinkan Allah swt, kasih berjanji akan menjaga ,menyayangi tegar dan selalu setia dalam suka dan duka sampai akhir.

Saat itu anakku terharu juga mendengar ceritaku ,dan berkata ternyata kekuatan cinta itu bisa mengalahkan segalanya ya mama ,wah hebat juga itu si kasih itu dengan kasih sayang,perhatian dan keshalehannya bisa merobah kebiasaan tegar seorang yang tegas,berwibawa itu ,saat itu aku menjawab benar sekali sayang,setiap manusia membutuhkan rasa cinta untuk bisa hidup,mencintai dan di cintai adalah sesuatu hal yang indah dan menyenangkan.apa lagi jika cinta itu tulus dan ikhlas dari orang yang menyayangi kita,terutama ibu yang melahirkan kita. ,anakku tersenyum,pada saat inilah aku menyampaikan tentang kesehatanku kepada anakku,aku ceritakanlah tentang sakitku dan saran dokter kepadaku,saat itu aku berkata,anakku mama sebenarnya sayang sama kucing itu,tapi dokter menyarankan agar mama untuk sementara tidak melakukan kontak dengan kucing,lalu anakku menjawab,dulu mama tidak terjadi apa -apa ,dulu kita kan juga punya kucing,lalu aku jawab dulu itu mama masih muda,masih kuat ,kulit mama masih kencang,sekarang mama sudah tua,fisik mama mulai menurun,dulu mama tidak pakai kaca mata ,sekarang sudah pakai kaca mata kan,mendengarkan kata -kataku anakku tersenyum.dan berkata benar juga ya mama,sekarang kita kerja lagi,kita goro ya mama ,besok aku kan mau berangkat dinas ke polda pagi pagi sudah berangkat ,kita bereskan semua pekerjaan hari ini ,saat itu aku melanjutkan pekerjaanku membersihkan rumah dan anakku sudah pergi mencuci mobil dan memandikan kucing kesayngannya.

sorenya setelah semua pekerjaan beres aku lihat kandang kucing kesayangan anakku sudah berada di samping rumah,yang biasanya di letakkan di dalam rumah,akupun heran dan bertanya kepada anakku kenapa kandang kucing di letakkan diluar ,kasihan goni dan anak -anaknya kedinginan,anakku menjawab,kesehatan mama lebih utama,ananda sangat menyayangi mama ,ananda tak ingin mama sakit, biarlah goni di luar saja dulu,kadangnya sudah di rapikan dan sudah di buatkan tutupnya .saat itu aku menanggis haru,dan minta maaf ,dan berkata pada anakku,maafkan mama ya nak,ternyata anak mama yang gagah berani , biasanya tegas dan tak mau menggalah sekarang berobah dan mengalah ,saat itu aku begitu haru ,saking terharunya aku ,air mataku menetes membasahi pipiku,ku hapus air mataku,kurangkul anakku dan ku usap kepalanya dengan penuh kasih sayang,anakkupun tersenyum dan mencium pipiku dan berkata mama adalah orang sangat berharga dalam hidupku ,tanpa mama aku tak kan bisa seperti sekarang ini,bagiku mama yang no satu dalam hidupku.doa dan redha mama selalu ku harapkan,lalu anakku mohon izin keluar rumah untuk memotong rambut karena besok pagi akan berangkat dinas,akupun membereskan keperluan yang di butuhkan untuk dinas seraya berkata kekuatan paling besat yang dimiliki seseorang adalah kekuatan cinta yang murni,karena cinta itu mendorong pikiran,cinta adalah obat penyembuh alami,cinta membantu tubuh melawan sakit,cinta memperpanjang usia,cinta membuat tubuh jadi aktif.kekuatan cinta bisa mengalahkan segalanya.

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post