Desmiarti Usman

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Hadiah sabar Istana

Hadiah sabar istana

Lebih kurang lima puluh tahun yang lalu lahirlah seorang gadis manis dari sebuah desa di lereng gurung Merapi ,Dia adalah gadis yang sholeha rajin mengaji dan sholat ,Hari-harinya didisi dengan mengaji dan sholat berjamaah setiap waktu ke masjid .Dia tak seperti gadis kebanyakkan yang suka jalan jalan atau ke pusat perbelanjaan ,Dia selain belajar juga rajin membantu orang tuanya apapun jenis pekerjaan yang namanya bertani sudah dia lakukan ,Gadis itu bernama Sarah .Sarah adalah anak sulung dari tiga bersaudara ,adiknya satu laki-laki yang satu lagi perempuan ,orang tuanya adalah seorang petani dan bapaknya bekerja sebagai tukang membuat rumah bahasa sekarangnya arsitek sekaligus pekerjanya .Ibu sarah adalah seorang ibu rumah tangga dan sekaligus petani yang ulet dan pantang menyerah ,hujan dan panas Dia jalani demi anak-anaknya ,berkat kegigihan orang tua dari Sarah sekarang anak-anaknya alhamdulillah sudah berhasil.

Kedua orang tua Sarah rajin sholat berjamaah ke masjid dan juga rajin mengikuti pengajian , Tidak jauh berbeda dengan anak-anaknya rajin puasa senin Kamis dan rajin bersedekah.Demi anak-anaknya orang tua Sarah rela bekorban yang penting anak-anaknya bisa melanjutkan sekolahnya samapai ke perguruan tinngi dan bisa cepat bekerja .Setelah anak tertuanya tamat nanti dan sudah bekerja semoga bisa membantu adik-adiknya .

Sarah Mejalani pendidikannya dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama dijalaninya di kampung halamannya ,dan Sekolah Menengah Atas dijalaninya di Kota Kabupaten dan karena jauh dari rumah akhirnya Dia mengontrak rumah selama belajar di sekolah Agama atau Aliyah

Sarah selalu belajar sungguh-sungguh rajin mengaji dan puasa sunat sehingga membuahkan hasil selalu dapat juara dikelasnya sewaktu menerima rapor daan Sarah tidak hanya juara dikelasnya bahkan pernah juara Umum di sekolahnya .semua itu itu sesuai dengan yang disampaikan oleh Allah dalam alquran “Siapa yang rajin akan mendapat “dan Sarah adalah anak yang cerdas dan cekatan ,sesuai dengan janji allah orang yang selalu menjalankan PerintahNya dan meninggalkan segala laranganNya akan dimudahkan segala urusannya .dan apapun pelajaran yang diberikan oleh guru dengan mudahnya Dia memahami .

Di sekolah Sarah mudah bergaul dan banyak temannya dan juga tempat betanya bagi kawan-kawannya yang kesulitan dalam belajar ,Dia tidak pelit dengan ilmu karena Dia mengamalkan tiga amalan yang tetap mengalir setelah kita meninngal dunia salh satunya ilmu yang bermanfaat ,itulah sebabnya Sarah selalu berbagi dengan temannya dan juga suka membantu atau bersedekah .Semua itu Dia lakukan semata –mata hanya untuk mengharapkan Ridho dari Allah .Kalau ada makanan Dia tidak mau makan sendiri selalu dibgikannya kepada teman-temanya .

Akhir tahun pembelajaran Sarah dapat menyelesaikan dengan baik ,” temannya bertanya “ Sarah kamu mau kuliah atau cari kerja ? aku mau kuliah jawab Sarah “.kawan-kawanya ada yang mau melanjutkan ke Perguruan Tinggi ada pula yang mau bekerja dan adapula yang mau KUliah tapi tak punya uang untuk kuliah akhirnya Nganggur .Sarah punya keinginan yang kuat untuk kuliah dan mendaftar pada Perguruan Tinggi di Kota padang di Perguruan Tinggi Islam dan Alhamdulillah lulus jurusan Bahasa Arab.Hati sarah sangat Bahagia sekali ,Dikampungnaya hanya Dia yang diterimah di perguruan Tinggi waktu itu jadi Keluarga Sarah sangat bangga sekali dan bahagia ,tak henti-hentinya mengucap Syukur alhamdulilah terlebih lagi kedua orang tuanya .

Dalam pikiran orang tuanya waktu itu bagaimana biaya untuk kuliah anaknya dan adik-adiknya ,alhamdulilah ada jalan jadi kedua orang tuanya dimudahkan reskinya oleh Allah jadi tidak ada kendala masalah biaya dan alhamdulilah segala usaha waktu itu berjalan dengan lancer kalau lagi butuh dana anaknya Dia segala urusan dimudahkan oleh Allah dan sudah janji Allah setiap yang bernyawa pasti ada reskinya setiap anak yang berjuang dalam pendidikan pasti ada reskinya .Dari semester pertama sampai semester terakhir lancer tidak ada kendala biaya semua itu berkat pertolongan Allah .Selama duduk dibangku kuliah Sarah juga selalu mendapatkan IP yang tinggi sehingga bisa dengan cepat menamatkan kuliah .pernah temannya bertanya “ bagaimana bisa mendapatkan nilai yang tinggi bagaimana cara belajar selama Kuliah .Sarah menjawab “ Saya bagi waktu saya beribadah ,puasa sunat dan rajin belajar dan iklas“sehingga ndak ada yang mengulang atau remedi .Sarah menamatkan kuliah dengan tepat waktu dengan nilai tertinggi di jurusannya atau lulusan terbaik .

Tahukah kamu baru saja tamat kuliah langsung Sarah mengikuti tes CPNS waktu itu dan saingan untuk masuk kerja itu sangat banyak sekali ,karena nilainya bagus dan IP nya tinggi dan Allah memudahkan urusannya lagi ,Alhamdulillah diterima jadi Pegawai Negeri ,semua orang mengimpikan semua orang banyak memilih pekerjaan .Temanya bertanya “kamu selalu beruntung ya sarah baru saja tamat kuliah langsung lulus jadi PNS “bagaimana caranya Sarah ,aku sudah lama tamat kuliah sampai saat ini belum juga lulus .Sabar ya jawab Sarah jangan putus asa kata Sarah ,mohon kepada Allah karena Dialah sebaik-baik penolong kita ,kawan sarah Mengucapkan “ selamat ya “.Sarah lulus jadi CPNS jauh sekali dari kampung halamannya satu hari perjalanan yaitu di daerah Pesisir pantai yaitu di Sekolah Menengah Atas atau SMA.dalam pikiran Sarah sukurlah sudah lulus ,sementara teman-temanya sama kuliahnya belum ada yang lulus jadi pegawai waktu itu.

Dengan lulusnya Sarah jadi guru hati Sarah sangat bahagia sekali Dia langsung sujud syukur dengan nikmat yang telah diberikan oleh Sang Pencipta ,Keluarga besarnya bahagia sekali atas diterimanya anaknya jadi guru ,sebagai rasa syukur keluarga Sarah ,mereka mengadakan acara syukuran kecil-kecilan dengan mengundang sanak saudara .Selesai syukuran Sarah langsung berangkat ke sebuah daerah Pesisir yang jauh sekali dari rumahnya yang membutuhkan waktu perjalanan selama enam jam .Pada tahun 95 ,Sarah mulai menjalani hari pertamanya jadi guru di Sekolah Menengah Atas dan mencari rumah kontrakkan yang tidak jauh dari sekolahnya .Dengan membaca Bismillah ,Sarah mulai menjalani tugas di sekolah Barunya dan berniat akan mengabdi dengan ikhlas dan penuh tangungjawab ,dan pertanggungjawaban kepada Negara dan Kepada Allah SWT .Hari demi hari dijalani dengan semangat yang tinngi sesuai dengan tekatnya yaitu ikhlas beramal ,Hatinya sangat bahagia sekali walaupun jauh dari orang tua .Kata Sarah “ Demi sebuah cita –cita dan masa depan biarlah jauh dari orang tua “.

Hari demi hari dijalani dengan senyuman ,mengajar dengan penuh semangat ,dan dengan berjalannya waktu tak terasa sudah lama juga mengajar didaerah orang ,dan Sarah mulai beta dan sudah mulai menyesuaikan diri .Teman-teman sama ngajarnya Sarah semuanya baik-baik dan penuh kekompakkan dan Sarah sudah akrab dengan semuanya dan sudah dianggap keluarga besarnya .Sarah mudah sekali bergaul dengan orang tak menunggu lama Dia sudah langsung akrab dengan teman-temanya.

Selama mengajar Srah selalu datang tepat waktu dan mengajar dengan baik ,ternyata kebaikkan Sarah ini ada yang memperhatikan dan orang tersebut waktu adalah teman sejawatnya dan waktu itu menjabat sebagai Wakil Kepala sekolah ,Mereka mulai menjalin hubungan dan tidak menunggu waktu yang lama Sarah langsung dilamar oleh kawannya tersebut ,Kawannya tersebut adalah putra daerah tempat mengajarnya .Sarah langsung dipinang oleh Pak Surya namanya .Pak Surya berkata “ maukah buk Sarah menjadi istri Saya “Sarah tidak langsung menerima “ Saya tanyakan dulu sama orang tua saya ya ,Pak “Lalu sarah pergi pulang kampong dan menyampaikan niat baik pak Surya ,dan kedua orang tuanya alhamdulilah langsung menyetujui ,Sarh maunya juga cepat cepat menikah karena tidak mau lama-lama pacaran karena dilarang oleh Allah biarlah pacaran halal nanti setelah menikah ,itu kata sarah,

Akhirnya setelah dibuat kesepakatan antara kedua belah pihak anatara pihak laki-laki dan keluarga perempuan ,dan ditentukanlah hari pernikahannya ,Dan menikahlah Sarah dengan Surya ,mereka hidup bahagia dan dikaruniai tiga orang anak yang tertua laki-laki dan yang kedua perempuan dan anak ketiganya juga perempuan .Keluarga kecil yang bahagia dan memiliki anak-anak yang lucu ,Mereka tinngal disebuah rumah dekat sekolah .Dalam menjalani hidup berumah tangga Sarah selalu menjaga keluarganya dan selalu menanamkan nilai-nilai agama pada anak-anaknya .Sarah selalu mengingatkan anak-anaknya untuk menjalankan Ibadah .” Agil sudah sholat nak ?,jangan lupakan sholat ya nak karena sholat itu tiang agama “ itu yang selalu dilakukan Sarah pada anak-anaknya dan selalu mengajarkan hal yang baik-baik .dan kepada anakperempuannya juga demikian ,selalu diingatkan untuk hal kebaikkan ,Rumah tangganya adalah keluarga yang taat beragama dan tentram ,hari hari bahagia sarah jalani bersama anak dan suaminya dirantau orang kampong suaminya .Kalau liburan Sarah pulang ke kampong halamanya bersama anak anak dan suaminya begitu selalu setiap liburan semester. “ Ma besok kita pulang kampung ya ma ,begitu selalu anak nya memohon kepada mamanya ,” hati anak-anaknya sangat bahagia sekali bisa bertemu nenek dan kakeknya .

Kebahagiaan itu ternyata tidak bersahabat dengan Sarah ,Sewaktu anak ketiganya lahir ,suaminya mulai main mata dengan perempuan lain yaitu teman sama ngajar dengan Sarah .Waktu itu suaminya sudah menjadi kepala sekolah ditempat mengajarnya ,keberuntungan Sarah adalah Dia sama tempat tugasnya dengan suaminya .Ketika itu kawan kawan sama bertugas sudah melihat gelagat yang kurang enak dari suaminya Sarah dengan Temannya ,Sarah akrab sekali dengan Sovia ini ,dan suka main kerumahnya sarah dan suka gendong anak Sarah yang nomor tiga ,pokoknya dekat sekali dengan Sarah .Orang-orang sudah tau ,hubungan Surya suaminya Sarah dengan Sovia ,Tapi kawan kawannya tak berani dan tidak tega menyampaikan hal itu kepada Sarah,karena Sarah terlalu baik untuk disampaikan masalah yang kurang enak ini .Rekan kerja Sarah sudah lama mengetahui hal ini tapi tak berani menyampaikan karena yang satu kepala sekolahnya dan yang dihianati temannya dan orang selingkuhanya adalah temannya juga ,sungguh dilema sekali ,Akhirnya ada yang menyampaikan kepada Sarah bahwa suaminya begini begana ,Buk Sarah tahukah ibuk bahwa suamimu ada main dengan Sovia “ lallu Sarah menjawab itu tidak mungkin, suamiku baik sekali dan bertanggung jawab ,tidak mungkin ,Sarah tak percaya ‘dengan omongan kawan kawannya .Setiap orang menyampaikan hal buruk tentang suaminya selalu Sarah membantahnya Tak percaya ,begitu selalu yang terjadi ,” Saya percaya dengan suami Saya “entah dengan apa lagi orang untuk meyakinkannya tetap Sarah tak percaya .Tak mungkin kawannya berkhianat ,karena Sarah tidak suka berprasangka sama orang selalu beranggapan baik kepada semua orang .

Kawan-kawan Sarah sakit hati melihat pemandangan yang tidak baik ini,sementara Sarah tidak juga paham dengan apa yang terjadi ,karena dia terlalu sayang dan percaya sama suaminya tak mungkin suaminya berbauat begitu ,”aku yakin suamiku orang yang bertanggungjawab terhadap keluarganya “itu yang selalu dijawab oleh sarah .Pada suatu hari Sarah pulang kampong bersama anakanaknya karena libur panjang ,kebetulan suaminya tidak ikut ,dan ternyata suaminya membawa wanita lain kerumahnya ,tanpa sepengetahuan sarah ,Sarah tak pernah curiga karena Dia percaya sama suaminya .Tapi Allah meperlihatkan kepada Sarah bahwa suaminya sudah menghianatinya melalui Hanpone ,Tanpa sengaja Surya menyimpan foto wanita lain di hpnya dan wanita itu tidak lain adalah temannya sendiri ,Serasa mau runtuh bumi ini melihat semua itu antara percaya dan tidak percaya,tapi itu kenyataan yang harus dihadapinya ,hatinya sangat sedih sekali orang yang dijadikan imamnya telah menghianatinya .Kalau masalah pengabdian kepada suaminya tiada tandingannya ,pelayanan yang diberikan mulai dari A sampai Z ,mulai dari menyiapkan makannya ,sampai menyiapkan sepatu dan tas untuk berangkat kerja ,Toatal pengabdiannya kepada suaminya karena Dia mengharapkan surganya Allah ,Sarah selalu berprinsip “ sorganya istri itu adalah pengabdiannya kepada suaminya “ itulah sebabnya Sarah kalau sudah menikah kita harus mengabdi kepada suami dan aanak anak “

Pernah suatu ketika orang memberikan informasi bahwa suaminya pergi suatu tempat dengan wanita lain ini alamatnya “coba buktikan kata orang orang yang sayang sama Sarah “untuk membuktikan kebenaran kata kata orang ,ternyata apa yang disampaikan itu memang benar.kali ini memang benar ternyata suaminya betul bersama temannya di sebuah hotel tepat yang disampaikan oleh orangorang selama ini ..hatinya hancur sekali anak masih kecil-kecil dan masih butuh kasih sayang seorang bapak ternyata bapaknya sudah sibuk dengan wanita lain ,karena tidak tahan lagi melihat kelakuan suaminya Kesedihan Sarah Dia tumpahkan kepada suaminya “kenapa uda begitu jahat dan tega kepada Saya ,uda khianati kepercayaanku kepada uda ,tidak kasihan uda sama anak-anak kita ,bagaimana nasib kami lagi Da ?”kami tak punya siapa-siapa disini ,kami hanya punya uda sekarang ,sekarang uda sudah mendua hati ,tega nian uda sama kami ,apa kekurangan saya,semua sudah saya lakukan tugas sebagai seorang istri bahkan melebihi istri-istri yang lain, sampai hati uda melukai hatiku dan anak-anak ,Kenapa ? apa salahku ?

Karena tak tahan lagi menahan kesedihan yang tiada tara ,serasa melayang nyawa dibadan dikecewakan oleh orang yang dicintainya .”untuk apa aku bertahan disini orang tempat bergantung sudah berbagi hati dengan wanita lain yang tidak lain dan tidak bukan adalah temannya sendiri “ dalam pepatah minang “ Sarah minta berpisah dengan suaminya atau minta cerai .Tahukah kamu “ Sarah dalam perceraian tidak menuntut apa-apa padahal anaknya masih kecil-kecil dan masih panjang perjalannya “begitu baik hatinya tak ada wanita yang seperti itu mungkin hanya satu dalam sepuluh .

Untuk menghilangkan rasa kecewa dan sakit hatinya Sarah pindah ke sekolah lain,kan tidak mungkin melihat suaminya bersama wanita lain ,Sarah juga pindah rumah ke kota ibukota provinsi pulang pergi dari padang ke sekolah lamanya satu jam lebih perjalanan,naik kendaraan umum ,Hatinya sangat sedih teringat penghianatan suaminya dan temannya ,Dia hanya bisa menangis ,kering sudah air matanya ,” tak mungkin aku di daerah ini terus mengajar ,hatiku akan selalu sedih anak-anakku juga akan sedih selalu ,Lebih baik aku pindah kekampung bersama orang tuaku “ itu kata Sarah .Yang paling menyedihkan adalah Kiata jadi pegawai di negeri orang atau dikampung suaminya sekarang kita sudah dikhianati oleh suami tersebut untk apa kita disini lebih baik kita pergi dari sini .Akhirnya Sarah mengurus pindah ke sekolah yang tidak jauh dari kampung halamannya ,dan dikabulkan oleh Dinas pendidikan Kabupaten tersebut ,dan langsung pula diterima dengan baik disekolah yang baru ,semua urusan Sarah dimudahkan oleh Allah karena Doa orang yang teraniaaya diijabah oleh Allah .

Mulailah Sarah mengajar disekolah yang baru ,meninggalkan segala kesedihan dan luka yang dialaminya di tempat lamanya .pulanglah Sarah bersama ketiga anaknya ,semua keluarganya menerima dengan tangan terbuka walaupun hatinya sakit tapi apa mau dikata semua ini sudah rencananya Allah yang tidak kita ketahui.Sarah menjalani hidup bersama ketiga anaknya bersama orangtuanya kembali .Sungguh berat mebesarkan anak tanpa suami ,Tapi Sarah orangnya baik sekali Dia mulai ihklas menjalaninya .Alhamdulilah anaknya sabar menerima kehilangan bapak yang sangat dicintainya ,anak-anaknya pulang ke kampung tanpa bapak sangat sulit bagi anak-anaknya untuk mennggalkan bapaknya entah kapan akan bertemu lagi .Coba dibayangkan betapa menyedihkan sekali semua orang berurai air mata sewaktu Sarah dan ketiga anaknya pulang kampung meninggalkan sekolah ,dan daerah yang telah membuahkan buah hati sebanyak 3 orang .Disepanjang jalan pulang Sarah dan ketiga anaknya hanya menangis dan menangis meratapi nasibnya pergi merantau satu orang pulang berempat beranak ,seharusnya lima orang kini hanya Dia dan anaknya ,perjalanan masih panjang anak masih kecil kecil akankah Sarah sanggup menjalani hidup ini sendiri tanpa suami ?

Tempat mengajar yang baru mendengar cerita sedih dari Sarah ,semuanya menggerutu sakit hati .sama Suami Sarah penasaran seperti apa Dia yang begitu tega sama istri dan anak-anaknya ,”kurang apa Sarah sehingga suaminya begitu tega meninggalkannya “.Kami sangat sedih.Alhamdulilah di tempat kerja yang baru Sarah bahagia sekali karena kawan kawan ditempat itu bersahabat semuanya ,jadi kesedihan itu berangsur pergi terhibur dengan kolega yang baru ,Sarah sudah mulai terbiasa menjalani hidup tanpa suami ,namun anak-anaknya protes dengan keadaan kenapa orang punya ayah sementara kami tinngal sama mama saja ,kadang anak anaknya iri sama temannya .” ma kapan ayah bisa mengantarkan aku kesekolah seprti teman-temanku,” itu yang selalu mengganjal dalam hati anaknya .Dan diwaktu rapat orang tua anknya ingin bapaknya yang datang rapat ,kenapa selalu mama “ Sarah selalu berusaha menyabarkan anak-anaknya ,” kita harus biasa nak ,hidup tanpa bapak ,untuk selamanya hanyaada mama dan mama jangan lagi pernah berharap nak ,karena bapakmu sudah berpisah dengan kita dan sudah punya mama yang baru ,kita harus ikhlas nak masih ada nenek dan kakek ,dan yang penting sekali ada Allah yang akan selalu menjaga kita jangan cemas nak ,begtulah cara Sarah mengajarkan ketiga anaknya ,alhamdulilah anak pertama dan kedua mau menerima .Beda dengan anak yang ketiga yang selalu protes ,selalu meminta ,mungkin ini bentuk protes dari seorang anak yang kurang kasih sayang bapaknya ,maklumlah ksih sayang bapaknya sudah dirampas oleh wanita lain dan adiknya yang baru dengan ibu yang baru ,yang membuat Dia kehilangan bapaknya .sungguh menyedihkan nasib anak yang ketiga ini Dia tak dapat bermanja-manja dengan bapaknya karena dari kecil Masa-masa indah dan bermanja-manja sama bapaknya tak pernah Dia rasakan ,karena baru berumur lebih kurang tiga tahun Dia sudah dibawa mamanya pulang meninggalkan bapaknya yang sudah beralih hati ke yang lain .Jadi anak ketiga ini paling banyak tak merasakan kasih sayang bapaknya ,Dia merindukan sosok bapak ,papanya sudah tiada walaupun masih hidup .,anak-anaknya kalau rindu sama bapaknya hanya bisa waktu liburan ,tapi liburannnya tidak menyenangkan buat anak sarah yang ketiga ,karena pergi liburan kerumah ibu tiri yang telah merampas papanya dari mamanya ,Sesampai disana Sikecil selalu sedih dan mengeluh karena Dia sudah punya adik dari mama barunya .

Libur kerumah papanya bagi anak-anak Sarah bukanlah hal yang membahagiakan ,karena setiap kali melihat ibu tirinya itu ketiga anaknya sedih teringat mamanya yang sudah dihianati oleh bapaknya ,Melihat ibu tirinya sudah punya rumah dan mobil hatinya sakit ,”kami belum punya rumah masih tinggal dirumah nenek ,seharusnya kami yang tinggal dirumah ini ,seharusnya kami yang punya mobil ,ini malah adik tirinya ,kami cemburu sama ibu tiri dan adik-adik dari anak papanya dengan ibu tirinya .jadi libur bersama mama tiri tak seenak libur sama ibu kandung ,setiap kali anak ini pergi libur bersama papanya ,”seharusnya mama kami dan kami yang bahagia “tapi malah orang lain ,Dulu pernah anak sulung Sarah tinggal bersama ibu tirinya tapi itu tak berselang lama ,akhirnya pindah lagi tinggal dikampung bersama mamanya ,rupanya tak seenak tinggal dirumah mama sendiri .Sekarang tak ada lagi keinginan dari anak-anak Sarah untuk pergi libur ke tempat bapaknya ,sebab libur ke tempat papanya tidak bahagia yang ada hanya kesedihan dalam bahasa minangnya “maibo hati “ kalau dulu setiap kali libur pasti ke tempat papanya ,keinginan itu sudah tak ada lagi ,bialah libur sama mama dan nenek tercinta di kampung .

Untuk Menghidupi ketiga anaknya Sarah harus memutar otak dan mengencangkan ikat pinggang demi anak-anaknya supaya bisa sekolah dan melanjutkan ke perguruan tinggi karena Dia seorang diri mengurus anak-anaknya ,sekali lagi ku asampaikan Sarah tak pernah mengeluh dan selalu mengusahakan untuk kebutuhan anak-anaknya ,Sarah selalu memenuhi kebutuhan anaknya ,kadangkala anak anaknya ini menelpon papanya minta uang belanja ,ada yang langsung dikirimkan papanya tapi ada pula yang membuat kecewa anaknya .Alasan papanya selalu saja tidak ada uang katanya untuk bayar setoran mobil dan rumah ,begitu selalu saja ada alasan tidak ada uang ,Anak pertama dan kedua tidak mau lagi minta sama papanya karena selalu kecewa .tapi anak bungsu Sarah selalu menelpon papanya minta ini dan itulah tapi selalu kecewa ngak ada yang dikabulkan papanya , ini yang membuat sedih anak-anaknya .Karena anak-anaknya tidak mau lagi minta uang sama papanya akhirnya Sarah yang menelpon papa dari ank-ankany alhamdulilah ada dibantu ,dan ada pula tidak dikirimkan dengan alasan masih banyak hutang ,hati Sarah sangat pedih mendengar jawaban mantannya itu .anak kita butuh biaya tapi taka da bantuan dari bapaknya ,ada dibantu tapi itu Cuma sedikit ,tapi membuat aku kagum adalah “sewaktu mantannya tidak bisa membantu anaknya ,Sarah malah menjawab ,mungkin iya mantannya sekarang lagi tak punya uang ,” biarlah aku yang mencari uang untuk anak-anaknya .Itu yang membuat kami kesal ,karena Sarah orangnya penuh pengertian “kalau seandainya hal itu terjadi pada aku ,pasti waktu bercerai aku akan menuntut biayai anak anak kita samapai tamat kuliah ,tapi itu tak dilakukan oleh Sarah ,” sungguh terlalu sabar Sarah ini .Sarah tidak mau anaknya sedih ,Dia tidak mau anaknya rendah diri dihadapan temannya ,jadi dipenuhi kebutuhan ketiga anaknya .alhamdulilah berkat sabar semuanya dimudahkan oleh Allah ,Demi masa depan anaknya Sarah rela berhutang asal anaknya bisa sekolah ,Anak anak Sarah alhamdulilah memiliki otak yang cerdas mengikuti jejak mamanya .

Setamat dari SMA anak sulung Sarah di terima di Akademi Militer atau AKMIL di Magelang dan alhamdulilah lulusan terbaik ,anak keduanya kuliah di perguruan tinggi ternama di Sumatera Barat di bidang kesehatan ,dan putri ketiganya sekarang sekolah dikampung SMA ternama diBatuasangkar.Beban sudah mulai berkurang karena anak pertama sudah bekerja Dengan diterimahnya anak sulung Sarah di sekolah militer yang baru masuk saja sudah dibiayai oleh Negara ,jadi berkuranglah pengeluaran Sarah dari bulan ke bulan,semua ini berkat Taatnya sarah dalam beribadah ,buah dari sedekah dan puasa sunat yang Dia lakukan ,Allah membalas dengan memudahkan segala urusannya ,keluarganya anak anaknya..Kalau kita menjalankan segala sesuatu dengan ikhlas mendidik anak ,Allah akan memberikan reski yang tidak berpintu .

Tak terasa sudah empat tahun anak sulung sarh menjalani pendidikan di Magelang ,dan tibalah saatnya untuk mengikuti pelantikkan ,Pelantikkannya di Istana ,Dan harus membawa kedua orangtuanya .Bagaimana caranya anaknya ingin mengadirkan papa dan mamanya ,sementara kedua orang tuanya sudah berpisah lama .Anak sulungnya ragu apakah mama akan setuju kalau aku hadirkan papa ,begitu pula sebaliknya apakah papa mau mama dihadirkan juga ,alhamdulilah keduanya sepakat untuk hadir di acara pelantikkan anaknya .Anak sulung Sarah sangat bahagia sekali karena mama dan papanya bisa hadir keduanya dihari pelantikkan atau dihari bahagianya .”bagaimana ya bertemu nanti karena sudah lama berpisah sekarang akan bertemu demi anaknya ,tapi Sarah tidak keberatan demi anaknya .biasanya Sarah bicara lewat HP ,kalau ada keperluan minta uang untuk anaknya .Sebelum istana mempertemukan dua insan yang sudah berpisah ini juga sudah dipertemukan di Magelang tempat anak sulung mereka menjalani pendidikan militernya .Hati anaknya waktu itu sangat bahagia sekali melihat mama dan papanya bisa bersama di acara pelantikkannya ,itu yang selama ini diinginkan anaknya ,tapi itu tak mungkin karena papa sudah punya wanita lain selain mama ,sementara mama juga sudah nyaman hidup bersama anak-anaknya tanpa kepala rumahtangga ,alhamdulilah Sarah bisa ..Di hari bahagia itu anak sulung dari Sarah sangat bahagia sekali bisa berfoto bersama mama dan papanya kebahagiaan yang tiada taranya .Istana mempertemukan dua insan yang berpisah sudah lama sekali .Sarah sangat bahagia sekali karena anaknya sudah menjadi Angkatan Darat dan sudah berdinas dan sudah jadi abdi Negara .dan membela Negara ,Sarah sujud syukur karena anaknya sudah bekerja Alhamdulillah .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post