Desmi Yati Arifin

Guru MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
TEKS ARGUMENTASI KELAS XI

TEKS ARGUMENTASI KELAS XI

Teks yang sering digunakan sebagai bekal seseorang yang hendak melakukan debat inilah yang disebut dengan teks argumentasi.

Alasan teks argumentasi sering digunakan sebagai bekal sebelum memulai perdebatan dikarenakan isi dari teks ini bisa berupa persetujuan maupun penolakan terhadap suatu fenomena atau peristiwa tertentu.

Baik penolakan maupun persetujuan yang dituliskan di dalam teks argumentasi harus dilengkapi dengan alasan yang logis dan bisa dipertanggungjawabkan secara akademis.

Pada proses pembuatannya, teks argumentasi bisa dilakukan secara logis dan kritis dengan penelitian secara langsung, wawancara, penggalian data melalui literasi, dan masih banyak lagi.

KBBI menyebutkan bahwa argumentasi dapat digunakan sebagai alasan untuk menolak atau memperkuat suatu pendirian, gagasan, atau pendapat.

Di dalam kehidupan sehari-hari teks argumentasi sering digunakan sebagai suatu karya tulis yang digunakan untuk menjadi pembukti suatu kebenaran dengan memakai fakta dan data yang bisa digunakan sebagai alat bukti.

Supaya hal yang demikian bisa terjadi, seorang penulis akan memberikan pendapatnya sebagai pernyataan dan fakta yang akan digunakan sebagai bukti.

Mengenai fakta yang disampaikan bisa berupa statistik, hasil penelitian, pengalaman pribadi, maupun alasan tertentu.

Supaya teks argumentasi tidak dianggap sebagai suatu pernyataan abal-abal yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Seorang penulis harus mampu menunjukkan sumber data dan fakta yang terpercaya dengan tujuan dapat menebalkan keyakinan pembaca atas pendapat yang disampaikan.

Tujuan Teks Argumentasi

Singkatnya teks argumentasi merupakan suatu teks yang isinya berupa paragraf dan bertujuan untuk memberikan suatu pandangan dengan harapan pembaca mempunyai pendapat yang sama dengan penulis.

Teks argumentasi memiliki ide pokok berupa gagasan atau pendapat. Gagasan inilah yang kemudian diperluas dengan menggunakan sejumlah bukti dan fakta.

Sehingga secara khusus teks argumentasi memiliki tujuan sebagai berikut.

1. Memberikan Paparan Pendapat Penulis

Pengalaman, pengetahuan, dan wawasan yang dimiliki oleh seseorang dapat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Hal inilah yang sering menjadi alasan adanya perbedaan pandangan dalam menyikapi suatu peristiwa atau fenomena yang ada di dalam masyarakat.

Supaya pandangan atau pendapat yang dimiliki oleh seseorang dapat tersampaikan secara runtut dan mudah dipahami orang lain.

Maka, teks argumentasi inilah yang sering digunakan untuk menyampaikan pendapat tersebut.

2. Mempengaruhi Perilaku Seseorang

Tujuan lain yang hendak ingin dicapai seorang penulis pada saat menuliskan teks argumentasi adalah ingin mempengaruhi perilaku seseorang melalui suatu tulisan yang dibuat dengan berdasarkan data dan menggunakan cara yang logis.

Hal ini dilakukan agar pembaca menyetujui pendapat yang diungkapkan penulis lewat tulisan yang dibuatnya.

Dan bentuk dari persetujuan ini adalah perubahan perilaku pembaca setelah membaca tulisan tersebut.

3. Memantik Rasa Ingin Tahu

Selain mengubah perilaku seseorang, tujuan lain yang hendak dicapai penulis lewat karya yang dihasilkan adalah memantik rasa ingin tahu pembaca terhadap fakta apa saja yang dipapar penulis lewat karya yang dihasilkannya.

Supaya hal ini dapat tercapai seorang penulis harus mampu menyajikan banyak data yang tentunya logis dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti pembaca/

4. Pembuktian Kebenaran

Tujuan akhir yang ingin dicapai seorang penulis lewat karya yang dihasilkan adalah hendak membuktikan kebenaran dari apa yang dipikirkannya.

Melalui karya yang ditulisnya seorang penulis akan bisa dianggap sukses apabila apa yang dipikirkannya sudah menjadi kenyataan dan kebenarannya tidak lagi dipertanyakan masyarakat luas.

Ciri-ciri Teks Argumentasi

Seperti teks-teks lainnya, ada ciri khusus yang dimiliki teks argumentasi yang membedakannya dengan teks lain pada umumnya.

Isi teks argumentasi memberikan penjelasan mengenai gagasan, pendapat, atau keyakinan yang ditulis penulis. Teks argumentasi memerlukan fakta yang dilengkapi dengan data-data yang valid. Teks argumentasi berisi mengenai teks yang memberikan pendapat, tetapi juga disertai data yang jelas. Dalam membuat teks argumentasi, penulis harus menyertakan data-data pendukung untuk memperkuat ide atau pendapatnya. Teks argumentasi harus disampaikan secara logis dan objektif. Teks argumentasi memiliki struktur yang terdiri dari pendahuluan, badan argumen, dan kesimpulan. Pendahuluan bertujuan untuk menarik perhatian pembaca dan memperkenalkan topik yang akan dibahas. Badan argumen berisi argumen-argumen yang mendukung pendapat atau ide yang disampaikan. Kesimpulan merupakan rangkuman dari argumen-argumen yang telah disampaikan dan harus dapat memperkuat atau menolak pendapat atau ide yang disampaikan. Struktur Teks Argumentasi

Sederhananya teks argumentasi disusun dengan menggunakan 3 unsur yakni pendahuluan, badan argumen, dan kesimpulan.

Di bawah ini adalah penjelasannya.

Pendahuluan Bertujuan untuk menarik perhatian pembaca dan memperkenalkan topik yang akan dibahas. Menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan. Menyajikan argumen awal yang akan dikembangkan pada bagian badan argumen. Badan argumen Berisi argumen-argumen yang mendukung pendapat atau ide yang disampaikan. Argumen-argumen tersebut harus didukung oleh data atau fakta yang dapat dipertanggung jawabkan. Sampaikan argumen-argumen secara logis dan objektif. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas. Sertakan contoh atau ilustrasi yang dapat memperkuat argumen yang disampaikan. Kesimpulan Merupakan rangkuman dari argumen-argumen yang telah disampaikan. Kesimpulan harus dapat memperkuat atau menolak pendapat atau ide yang disampaikan. Jangan lupa untuk menyertakan opini penulis terhadap topik yang dibahas. Jenis-jenis Teks Argumentasi

Dalam praktek dan tujuan penulisannya suatu teks argumentasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Berikut ini adalah beberapa jenis teks argumentasi lengkap dengan penjelasannya secara singkat.

Teks Sebab Akibat

Jenis teks argumentasi yang pertama adalah teks argumentasi sebab-akibat. Teks argumentasi ini berisi argumen-argumen yang menjelaskan tentang data-data yang melahirkan isu yang sedang menjadi pokok pembahasan.

Singkatnya, teks ini dimulai dengan asal mula dari kemunculan suatu isu di dalam lingkungan masyarakat.

Di samping itu teks argumentasi jenis ini akan memandu seorang pembaca menemukan akibat yang sudah disebabkan di bagian awalnya.

Supaya dapat mengetahui hal tersebut biasanya penulis akan memakai kata hubung demikian, karena itu, atau oleh sebab itu.

Teks Akibat Sebab

Teks argumentasi jenis ini dimulai dengan menyampaikan akibat yang ditimbulkan oleh suatu kejadian atau fenomena di bagian awal.

Selanjutnya penulis akan memberikan penjelasan mengenai sebab yang menjadikan peristiwa itu dapat terjadi.

Di dalam penulisannya seorang penulis harus senantiasa mengutamakan data dan fakta.

Teks Argumentasi Persamaan

Teks argumentasi jenis ini merupakan teks yang dituliskan dengan mengedepankan prinsip persamaan sebelum diambil suatu kesimpulan.

Supaya kesimpulan dapat mempengaruhi pembaca. Seorang penulis harus mempunyai data yang kuat dan sulit untuk disangkal.

Teks Argumentasi Perbandingan

Teks argumentasi jenis ini dituliskan dengan melakukan pembandingan data dan fakta secara komparatif.

Dapat pula diartikan sebagai upaya untuk membandingkan argumentatif dengan dasar anggapan yang meliputi kekuatan atau kelogisan suatu data yang dimiliki.

Teks Argumentasi Autoritas

Teks argumentasi jenis ini dituliskan berdasarkan pandangan seseorang yang memiliki keahlian tertentu dalam menyikapi suatu peristiwa.

Hanya saja orang yang memberikan pendapat ini memiliki keahlian dalam masalah atau fenomena yang disoroti.

Sebagai contoh masalah ketahanan pangan hanya bisa disoroti oleh orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang pangan saja.

Teks Argumentasi Kesaksian

Teks argumentasi jenis ini dituliskan dengan berdasarkan pengalaman seseorang yang memiliki keterkaitan dengan suatu isu yang sedang disoroti.

Hal ini dikarenakan pengalaman atau keterkaitan seseorang terhadap suatu isu merupakan suatu data yag objektif.

Sebab, saksi adalah orang yang melihat dan merasakan secara langsung suatu peristiwa dan kenyataan inilah yang tidak bisa lagi disangkal

Langkah Menyusun Teks Argumentasi Tentukan topik atau tema yang akan dibahas dalam teks argumentasi. Tentukan tujuan dari penulisan teks argumentasi. Lakukan riset dan kumpulkan data atau fakta yang dapat mendukung argumen yang akan disampaikan. Buat kerangka atau outline dari teks argumentasi yang akan ditulis. Susun argumen-argumen yang kuat dan didukung oleh data atau fakta yang dapat dipertanggung jawabkan. Sampaikan argumen-argumen secara logis dan objektif. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas. Jangan lupa untuk menyertakan kesimpulan yang dapat memperkuat atau menolak pendapat atau ide yang disampaikan.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post