Desnaini .S.Pd.I

Terlahir dii sebuah perkampungan nelayan di pesisir pantai di Sumatra Barat lahirlah seorang bayi yang di beri...

Selengkapnya
Navigasi Web

KITA MESTI TAHU ANTARA ADAP DAN AKHLAK

Mendidik Adap (T99)

Sejogyanya kita mengetahui pekerjaan mendidik itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, kita menjalani beberapa proses dan tahapan untuk menjadikan diri lebih baik. Sementara ada dua hal yang serupa namun berbeda yaitu antara adap dan akhlak .Nah ini kita harus memahami devinisi dari masing masningnya. Adap adalah sebuah sikap mulia atau kemulian atau kebiasaaan baik yang di peroleh melalui pendidikan dan pelatihan , seperti jujur dan disiplin yang di praktekan dalam aktifitas dari hasil pendidikan. Akhlak adalah sifat -sifat mulia , peringai - perangai baik yang dihasilkan melalui proses ibadah yang benar.

Adap itu bisa dimiliki oleh siapa saja melalaui proses pendidikan baik dan benar . Nah Akhlak yang merupakan sifat yang tumbuh dan menyatu dalam diri kita melalui proses ibadah yang baik dan benar. Kalau kita sudah mempunyai adab baik sejalan dengan hasil akhlak baik dan benar. Sementara adap itu dapat kita lihat secara kasat mata dan dapat dinilai oleh banyak orang , sementara Akhlak berkaitan dengan hati nurani yang dapat di lihat oleh orang tertentu saja dan peka akan akhlak sesorang. Disisi lain adap dan akhlak adala satu sama lain yang saling melengkapi. Belum tentu orang berilmu tentu dapat menjamin memiliki dan akhlak yang baik.

Akhlak yang baik dan mulia dapat mengantarkan sesorang pada posisi yang tinggi dan terhomat. Apalagi dalam Akhlak islami merupakan perangkat tata nilai yang bersifat samawi dan azali yang mewarnai cara berfikir , bersikap dan bertindak dari seorang muslim dan muslimah terhadap dirinya, terhadap Allah Swt, terhadap Rasulullah serta terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya.

Alkhak samawi bersumber pada Alqur'an dan as sunnah, sedangkan Azali dalam islam bersifat tetap, walaupun tatanan, norma dan nilai -nilai dalam hidup bermasyarakat berubah dengan masa dan keadaan. Akhlah bukan saja perilaku manusia yang merupakan bawaan lahir, namu merupakan dimensi kehidupan seorang muslim yang mencakup nilai agidah, ibadah, akhlak serta syariat dan bersifat sangat luas.

Akhlak seseorang di tentukan oleh hidayah (petunjuk) Allah Swt, disampaikan melalui ayat -ayat alqur'an dan pelaksanaan serta penerapannya melalui Rasulullah Saw dengan sikap uswatun khasanah (Contoh baik) bagi manusia. Jadi Hidayahlah yang menjadi pembentuk perbedaan akhlak individu dalam kehidupan bermasyarakat dan pembeda antara muslim dan non muslim.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post