Desniatul Khotimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MODUL AJAR BIOLOGI KELAS XI FASE F SISTEM INDERA

MODUL AJAR BIOLOGI

FASE F (KELAS XI)

SISTEM INDERA

SMAN 28 KABUPATEN TANGERANG

I. IDENTITAS

a. Informasi Umum

Mata Pelajaran

Fase

Kelas

Semester

Tahun Pelajaran

Biologi

F

XI

2

2023/2024

Alokasi Waktu (JP)

Jumlah Pertemuan

Penulis Modul/Pengampu

4 JP

2

Desniatul Khotimah, S.Pd.

b. Informasi Khusus

Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dimensi

Bernalar kritis

Bergotong royong

Kreatif

Sarana dan Prasarana yang diperlukan

1. Powerpoint dengan aplikasi canva

2. Video pembelajaran materi sistem indera melalui link youtube atau QR Code

3. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui link atau QR code

4. Jaringan internet

5. Smartphone atau laptop

6. Buku paket pegangan peserta didik

Sumber belajar kelompok

§ Kelompok 1 : Indera Penglihatan https://www.youtube.com/watch?v=BDYrCbYqCgY

§ Kelompok 2 : Indera Pembau

https://www.youtube.com/watch?v=RkOCEMAe6sU

§ Kelompok 3 : Indera Pengecap

https://www.youtube.com/watch?v=ajJi-tjWMd0

§ Kelompok 4 : Indera Peraba

https://www.youtube.com/watch?v=7HzUBz5OjOU

§ Kelompok 5 : Indera Pendengaran

https://www.youtube.com/watch?v=IueHuJTC27w

Target peserta didik

Peserta didik reguler : Kelas XI MIPA 1

Model/Metode pembelajaran yang

Digunakan

Project Based Learning

Metode yang digunakan :

1. Pertemuan pertama : Diskusi kelompok, Tanya Jawab

2. Pertemuan kedua : Pemecahan Masalah berbasis Proyek, Presentasi

· Alasan menggunakan model pembelajaran ini karena pemecahan masalah berbasis proyek merupakan teknik yang cukup baik untuk memahami isi materi pelajaran dan memahami literasi sains serta meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik dalam hal bertukar fikiran, dan merangsang peserta didik untuk berpendapat, membina kemampuan berbicara serta memahami pendapat orang lain.

II. KOMPONEN INTI

1. Capaian Pembelajaran

Elemen

Capaian Pembelajaran (CP)

Pemahaman

Biologi

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan bioproses yang terjadi dalam sel, dan menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut. Melalui keterampilan proses juga dibangun sikap ilmiah dan profil pelajar pancasila.

2. Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Peserta didik mampu menganalisis perbedaan dari beberapa sistem indera (C4)

2. Peserta didik mampu membuktikan proses mekanisme sistem indera (C5)

3. Asesmen

Diagnostik

Formatif

Sumatif

Diagnostik kognitif

Asesmen formatif dilaksanakan pada proses pembelajaran

Asesmen Sumatif dilaksanakan pada akhir proses pembelajaran

Assesmen yang membangkitkan semangat peserta didik melalui google form

(Rubik terlampir)

Assesmen keterampilan uji kerja dengan diskusi dan tanya jawab serta presentasi

(Rubik terlampir)

Asesmen Performa dan Latihan soal kognitif (Pilihan Ganda) melalui quizizz

(Rubrik terlampir)

a. Instrumen Asesmen Jenisnya : Instrumennya : Asesmen Ketrampilan Lembar Pengamatan Rubrik tes tertulis Uraian

Profil Pelajar Pancasila

Rubrik Penilaian karakter

b. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Mampu menganalisis alat-alat indera

Mampu menganalisis mekanisme proses alat indera

Pertanyaan Pemantik

1. Apakah kalian tau apa sistem indera?

2. Ada berapakah alat indera pada manusia?

3. Apa saja alat indra pada manusia?

4. Apa fungsi bagian alat indra manusia?

5. Apa penyakit / kelainan pada alat indra manusia?

4. Pemahaman Bermakna

· Mempelajari materi sistem indera, peserta didik dapat memahami bahwa sistem indera merupakan bagian dari sistem syaraf yang berfungsi untuk proses informasi indera dan menganalisis mekanisme proses yang berbeda-beda dari masing-masing alat indera.

5. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke – 1 : Alokasi waktu 2 Jam Pelajaran (JP) @ 45 menit

Kegiatan

Langkah Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

§ Guru membuka pembelajaran dengan salam, menanyakan kabar peserta didik

§ Peserta didik berdoa bersama di pimpin oleh ketua kelas

§ Peserta didik merapikan tempat duduk dan memeriksa kerapihan seragam masing-masing

§ Guru memeriksa kehadiran peserta didik dengan mengabsensi peserta didik satu persatu dan yang disebut namanya maka mengangkat tangan dan menyebutkan “today quotes”

§ Guru bersama peserta didik melakukan ice breaking untuk menguji konsentrasi peserta didik sebelum memulai pembelajaran

§ Peserta didik bersama guru menyanyikan lagu Indonesia Raya.

§ Peserta didik siap memulai pembelajaran

Apersepsi

§ Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya.

§ Guru mengadakan tes diagostik kognitif awal melalui pertanyaan awal menggunakan quizizz dan pemantik dengan pertanyaan berikut ini :

a. Apakah kalian tau apa sistem indera?

b. Ada berapakah alat indera pada manusia?

c. Apa saja alt indera pada manusia

d. Apa fungsi bagian alat indera pada manusia?

e. Apa penyakit/kelainan pada sistem indera?

Motivasi

§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang

akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari

§ Jika kita menjaga panca indera kita dengan baik maka kesehatan

tubuh kita tetap terjaga

Tahukah kamu, radiasi handphone mengganggu penglihatan dan

otak kita?

Oleh karena itu sangat penting mempelajari mekanisme proses

alat indera agar kita lebih mensyukuri ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

karena begitu sempurna menciptakan sistem indera yang begitu

kompleks.

Pemberian Acuan

§ Menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas

(SISTEM INDERA)

§ Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model pembelajaran

10 menit

Kegiatan Inti

(Project Based Learning)

Sintak 1 Penentuan Pertanyaan Mendasar

§ Guru menayangkan video animasi tentang hubungan sistem indera melalui link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=2MsbUulBpzY atau Qr Code berikut ini :

§ Peserta didik diminta untuk memberikan tanggapan terhadap video yang ditayangkan

§ Menggunakan media PPT aplikasi canva, guru memberikan materi sistem indera melalui tayangan di LCD proyektor

https://drive.google.com/file/d/1Z0fyJzRPTdKQL8YGhlYSi6Fb0n4YuICW/view?usp=sharing

atau melalui QR Code berikut :

§ Peserta didik diminta untuk menganalisis mekanisme proses alat indera berdasarkan modul yang diberikan oleh guru

§ Memberikan kesempatan kepada peserta didik mengidentifikasi materi tersebut

Sintak 2. Perancangan Pelaksanaan Proyek

§ Guru mengelompokkan peserta didik secara heterogen dan membaginya menjadi 5 kelompok dimana setiap kelompok akan merancang proyek yang berbeda-beda terkait mekanisme proses alat indera, yaitu :

Kelompok 1 : Indera Penglihatan https://www.youtube.com/watch?v=BDYrCbYqCgY

Kelompok 2 : Indera Pembau https://www.youtube.com/watch?v=RkOCEMAe6sU

Kelompok 3 : Indera Pengecap https://www.youtube.com/watch?v=ajJi-tjWMd0

Kelompok 4 : Indera Peraba https://www.youtube.com/watch?v=7HzUBz5OjOU

Kelompok 5 : Indera Pendengaran https://www.youtube.com/watch?v=IueHuJTC27w

§ Melalui LKPD, peserta didik menyusun rancangan proyek pembuatan charta digital mekanisme proses alat indera sesuai dengan kesepakatan kelompok yang meliputi :

a. Judul Proyek

b. Tujuan Proyek

c. Alat yang Digunakan

d. Langkah Kerja

e. Jadwal Kegiatan

f. Pembahasan (Setelah pembuatan proyek)

§ Peserta didik diberikan informasi dalam proses pembelajaran yang akan dilakukan melalui LKPD yang sudah diberikan

§ Peserta didik melakukan literasi melalui internet dan sumber modul untuk merancang isi dari charta digital

§ Peserta didik melakukan diskusi bersama kelompoknya membuat charta digital berdasarkan pembagiannya

§ Peserta didik mengikuti intruksi pembuatan charta digital berdasarkan LKPD dengan menggunakan smartphonenya

§ Guru berkeliling secara bergiliran dari satu kelompok ke kelompok untuk melakukan penilaian kelompok dengan rubrik penilaian beserta pengecekkan pembuatan charta digital

Sintak 3. Penyusunan Jadwal Proyek

§ Peserta didik membuat jadwal proses pembuatan proyek

§ Peserta didik dan guru membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek (tahapan- tahapan pengumpulannya)

§ Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama.

70 Menit

Kegiatan Penutup

• Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dilaksanakan

• Guru memberikan penguatan dari kesimpulan yang telah disampaikan oleh peserta didik

• Guru menyampaikan informasi untuk pertemuan selanjutnya

• Guru memberikan instruksi agar peserta didik mengisi refleksi tentang perasaan peserta didik setelah pembelajaran hari ini melalui google form

• Guru mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam.

10 Menit

Pertemuan Ke – 2 : Alokasi waktu 2 Jam Pelajaran (JP) @ 45 menit

Kegiatan

Uraian Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

• Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik

• Peserta didik memulai pembelajaran dengan berdoa bersama-sama yang di pimpin oleh ketua kelas

• Peserta didik merapihkan tempat duduk dan membersihkan sampah yang berada disekitar tempat duduk

• Guru memeriksa kehadiran peserta didik

• Guru memulai kegiatan dengan melakukan ice breaking untuk menguji konsentrasi peserta didik sebelum memulai pembelajaran.

• Peserta didik siap melanjutkan pembelajaran

Apersepsi

• Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya

“ Ada yang masih ingat pada pertemuan sebelumnya kita membahas apa?”

• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini

• Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik

“Apakah hari ini kalian sudah mempersiapkan perlengkapan untuk membuat proyek?”

10 Menit

Kegiatan Inti

(Project Based Learning)

Sintak 4. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proyek peserta didik

• Peserta didik menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan proyek

• Masing – masing kelompok membuat charta digital berdasarkan desain yang sudah dirancang

• Peserta didik membuat dan menguji rancangan sesuai dengan LKPD yang telah dibagikan

• Guru memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek

• Masing- masing kelompok akan diberikan pertanyaan pada saat proses pembuatan produk berlangsung

Sintak 5. Menguji hasil proyek

• Guru mengingatkan peserta didik untuk mengisi laporan hasil pembuatan proyek melalui LKPD yang telah dibagikan

• Guru dan peserta didik membahas kelayakan proyek yang telah dibuat untuk dipresentasikan ke depan

• Guru memberikan penilaian terhadap proyek yang telah dibuat berdasarkan rubrik penilaian yang telah disiapkan

Sintak 6. Menyajikan hasil proyek

• Masing- masing kelompok mempresentasikan hasil proyek pembuatan charta digital

• Guru memonitor jalannya presentasi

• Peserta didik diberikan kesempatan untuk menanggapi atau bertanya kepada kelompok yang melakukan presentasi didepan.

• Guru membimbing kelompok lain agar memberikan apresiasi

70 Menit

Kegiatan Penutup

• Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini

• Guru memberikan penguatan dari kesimpulan yang telah disampaikan peserta didik

• Guru memberikan apresiasi dua charta digital terbaik

• Guru memberikan instruksi agar peserta didik mengisi refleksi tentang perasaan peserta didik setelah pembelajaran hari ini melalui google form

• Guru mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam.

10 Menit

D. Asesmen

v Asesmen di awal pembelajaran menggunakan

asesmen diagnostik kognitif

v Asesmen formatif keterampilan proses dengan observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung, kemampuan peserta didik dalam mempresentasikan hasil diskusi, dan kemampuan peserta didik dalam membuat produk

v Asesmen sumatif berupa soal uraian pada akhir pembelajaran

E. Pengayaan dan remedial

v Bagi peserta didik yang belum paham/ belum terampil

akan dilakukan pendampingan oleh guru

v Bagi peserta didik yang sudah paham seutuhnya diberikan pengayaan dan melanjutkan ke tujuan pembelajaran selanjutnya

F. Refleksi Peserta Didik dan Guru

Refleksi bagi peserta didik dan guru berupa emoticon melalui link google form yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran

Mengetahui, Tangerang, 15 Januari 2024

Kepala SMAN 28 Kabupaten Tangerang Guru Praktikan

Umi Indayati, S.Pd. Desniatul Khoimah, S.Pd.

NIP. 197206222008012004

LAMPIRAN

v Lampiran 1 - Observasi Pembelajaran

LEMBAR OBSERVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

MODEL PROJECT BASED LEARNING

Nama Observer : …………………………………………………….

Mata Pelajaran : …………………………………………………….

Kelas/Semester : …………………………………………………….

Pertemuan : …………………………………………………….

Petunjuk Pengisian :

1. Berilah tanda centang (✓) pada salah satu pilihan kolom skor sesuai dengan penilaian anda.

Keterangan skor :

1 : Belum dilakukan

2 : Sudah dilakukan tetapi tidak lengkap

3 : Sudah dilakukan dengan lengkap

4 : Sudah dilakukan dengan lengkap dan sangat baik

2. Tulislah hal-hal yang perlu dideskripsikan pada kolom keterangan

NO

Aspek yang diamati

Skala penilaian

Keterangan

1

2

3

4

Pengamatan KBM

I

A. Pendahuluan

1. Orientasi

· Guru mengucapkan salam

· Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa

· Guru memeriksa/mempersiapkan peserta didik dan kelas untuk pembelajaran (termasuk mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan)

· Guru memeriksa presensi

2. Apersepsi

· Guru menampilkan video dan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang

materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan

3. Motivasi

· Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi sistem indera

II

Kegiatan Inti (Sintak PjBL)

1. Penentuan pertanyaan mendasar

· Peserta didik mengamati video yang disajikan

· Guru memfasilitasi peserta didik menentukan pertanyaan dasar

· Peserta didik menemukan berbagai pertanyaan dari hasil pengamatan video

2. Menyusun desain perencanaan

· Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk 5 kelompok dengan anggota 5 orang yang heterogen.

3. Membuat jadwal aktifitas

· Peserta didik membuat jadwal proses pembuatan proyek

· Peserta didik sudah memilih penentuan media digital yang digunakan dalam pembuatan proyek

· Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik dalam pembuatan proyek

4. Melakukan monitor pada perkembangan kinerja peserta didik

· Masing-masing kelompok membuat media pembelajaran charta digital mekanisme proses alat indera yang sudah dirancang.

· Peserta didik membuat dan menguji coba rancangan proyek sesuai dengan LKPD yang telah dibagikan.

· Guru memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek

5. Menguji hasil kinerja peserta didik

· Guru dan peserta didik membahas kelayakan proyek yang telah dibuat.

· Guru memberikan penilaian terhadap proyek yang telah dibuat berdasarkan rubrik penilaian yang sudah disiapkan

6. Mengevaluasi pengalaman

· Peserta didik memaparkan hasil proyek melalui presentasi kelompok.

· Guru membimbing proses pemaparan proyek melalui presentasi kelompok.

· Peserta didik memberikan apresiasi dan tanggapan pemaparan hasil proyek

III

Kegiatan Penutup

1. Menarik Simpulan dan Refleksi

· Peserta didik menyimpulkan materi yang diajarkan dan guru memberikan penguatan

· Guru bersama peserta didik merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan

· Lembar refleksi dengan menggunakan google form

2. Closing Statement

· Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

· Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan doa dan salam

Keterangan Skor Penilaian

1 : Terlaksana tapi tidak sesuai

2 : Terlaksana tapi kurang tepat dan tidak sistematis

3 : Terlaksana dengan tepat tapi kurang sistematis

4 : Terlaksana dengan tepat dan sistematis

v Lampiran 2 - Asesmen Diagnostik

Ø Asesmen Diagnostik Kognitif

Teknik pelaksanaan

Tertulis

Tempat dan waktu pelaksanaan

Di dalam kelas dan sebelum satu topik dibahas

Daftar pertanyaan lisan

Pertanyaan Pemantik :

1. Apakah kalian tau apa sistem indera?

2. Ada berapakah alat indera pada manusia?

3. Apa saja alat indra pada manusia?

4. Apa fungsi bagian alat indra manusia?

5. Apa penyakit / kelainan pada alat indra manusia?

Daftar pertanyaan tertulis dengan menggunakan aplikasi quizizz yang dapat Akses QR Code berikut.

Pertemuan 1 Pertemuan 2

Atau dapat diakses juga dengan link berikut

Pertemuan 1 :

https://quizizz.com/embed/quiz/65a52f952b9131469fa6e6d3

Pertemuan 2 :

https://quizizz.com/embed/quiz/65a4e6b1ec7f17719074114d

v Lampiran 3 - Asesmen Formatif

Ø Lembar Penilaian Project

FORMAT PENILAIAN PROJECT

Mata Pelajaran : Biologi

Nama Produk : Charta Sistem Indera

Alokasi Waktu : 90 menit

Nama Peserta didik : ………………………………

Kelas/Semester : ………………………………

No

Aspek Penilaian

Rentang Skor

Skor

1

Waktu pengerjaan

0-25

1

2

Kerja sama team

0-25

2

3

Kreativitas media digital

0-20

3

4

Analisis

0-30

4

TOTAL SKOR

0-100

Ø Lembar Kinerja Presentasi

PENILAIAN KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran : Biologi

Materi : Sistem Indera Manusia

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Nama : ……………………………………………..

NIS : ……………………………………………..

Kelas : ……………………………………………..

No

Aspek yang dinilai

Penilaian

1

2

3

1

Penampilan (Performance)

2

Penguasaan Materi

3

Produk Media Pembelajaran Charta Digital

Rubrik:

Aspek yang dinilai

Penilaian

1

2

3

Penampilan (Performance)

Penampilan kurang

Penampilan sedang

Penampilan baik

Penguasaan Materi

Penguasaan terhadap materi kurang

Penguasaan terhadap materi sedang

Penguasaan terhadap materi baik

Produk Media Pembelajaran Charta Digital

Produk yang dihasilkan tidak sesuai petunjuk

Produk yang dihasilkan kurang sesuai petunjuk

Produk yang dihasilkan sesuai petunjuk

Teknik Penilaian

Skor = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑀𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 100%

v Lampiran 4 - Asesmen Sumatif

Ø Soal Evaluasi

Berupa soal pilihan ganda melalui aplikasi quizizz yang dapat diakses melalui link atau scan barcode.

Pertemuan 1

§ Melalui link akses :

https://quizizz.com/embed/quiz/65a4e6b1ec7f17719074114d

§ Melalui QR Code :

Pertemuan 2

§ Melalui link : https://quizizz.com/embed/quiz/65a53c61eccf5a4e027149f4

§ Melalui Qr Code :

Ø LKPD

Lembar kerja peserta didik dalam pembuatan proyek berupa media pembelajaran charta digital mekanisme proses alat indera dapat di akses melalui link dan barcode.

§ Melalui link : https://docs.google.com/presentation/d/1PoKXFu7OHtEuFk7dtdvPOUERYUIWfod-hJczOzMYlNU/edit?usp=sharing

§ Melalui QR Code :

v Lampiran 5 - Profil Pelajar Pancasila

LEMBAR PENILAIAN SIKAP PROFIL PELAJAR PANCASILA

Mata Pelajaran : ……………………………………..

Kelas /Semester : ……………………………………..

Materi : …………………………………….

Tahun Pelajaran : …………………………………….

No

Nama

Bernalar Kritis

Bergotong Royong

Kreatif

Mulai Berkembang

Sudah Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Mulai Berkembang

Sudah Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Mulai Berkembang

Sudah Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

Ø Rubrik penilaian penguatan Profil Pelajar Pancasila

§ Bernalar kritis

No.

Kriteria

Kriteria Nilai

Mulai Berkembang

Sudah Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

1

2

3

4

1

Mengajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya

Mengajukan pertanyaan untuk membandingkan berbagai informasi dan untuk menambah pengetahuannya

Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut

Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak

2

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan baru

Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber

Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan orang dewasa

Mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tersebut

Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber, memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis

§ Gotong royong

No.

Kriteria

Kriteria Nilai

Mulai Berkembang

Sudah Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

1

2

3

4

1

Kolabrorasi, bekerjasama, kepedulian, dan berbagi

Mengingat untuk bekerjasama antar teman dalam kegiatan pembelajaran berlangsung

Membentuk kerjasama, kepedulian, dan berbagi antar teman dalam kegiatan pembelajaran berlangsung

Bertindak dengan mengajak untuk bekerjasama, menumbuhkan rasa kepedulian, berbagi saat pembelajaran berlangsung

Mengorganisasikan secara kritis terkait permasalahan yang kompleks tentang pembelajaran yang sedang dilaksanakan antar teman

§ Kreatif

No.

Kriteria

Kriteria Nilai

Mulai Berkembang

Sudah Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

1

2

3

4

1

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil

Belum bisa menghasilkan karya dan mengapresiasi karya yang dihasilkan

Sudah bisa menghasilkan karya sesuai minat dan kesukaannya tetapi belum

bisa mengapresiasi karya yang dihasilkan

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapreasiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya yang bervariasi dan/atau tindakan serta mengapreasiasi karya dan

tindakan yang dihasilkan

v Lampiran 6 - Refleksi

LEMBAR REFLEKSI SISWA

Nama : ………………………………..

Mata Pelajaran : ………………………………..

Kelas : ………………………………..

Absen : ………………………………..

Petunjuk pengisian :

· Isilah lembar refleksi di bawah ini dengan cara memberikan tanda centang (√) pada icon emoticon yang sesuai dengan perasaan yang kalian alami.

· Hasil pengisian tidak akan mempengaruhi nilai

· Isilah dengan perasaan yang sejujurnya

No

Pernyataan

1

Apakah yang kalian rasakan setelah melaksanakan pembelajaran pada materi sistem indera?

2

Apakah suasana pembelajaran membuat kalian bersemangat untuk belajar?

3

Apakah model pembelajaran yang digunakan membuat kalian paham dengan materi istem indera?

4

Apakah lietrasi sains lebih dipahami dengan menggunakan media digital?

5

Apakah kalian ingin tabu lebih banyak lagi dengan pemanfaatn media digital dalam pembelajaran sains?

Keterangan :

1

2

3

4

v Lampiran-7 Kisi-Kisi Soal Asesmen Diagnostik dan Sumatif

§ Assesmen Diagnostik Kognitif

Kisi-kisi Asesmen Diagnostik (Pertemuan Pertama)

SMA N 28 Kab. Tangerang Tahun Pelajaran 2023/ 2024

Mata Pelajaran : Biologi Alokasi Waktu : 10 menit

Kelas/ Fase : XI / Fase F Jumlah Soal : 10 pilihan ganda

Nama Guru : Desniatul Khotimah, S.Pd. Kurikulum Acuan : Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan bioproses yang terjadi dalam sel, dan menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut.

No

Tujuan Pembelajaran

Indiaktor Soal

Ranah

Kognitif

Tingkat

Kesukaran

Nomor

Soal

1.

2.

3.

Peserta didik mampu mengidentifikasi macam- macam indera pada manusia (C1)

Peserta didik dapat menganalisis anatomi dan fisiologi sistem indera (C4)

Peserta didik mampu memecahkan masalah yang muncul berkaitan mekanisme proses alat indera (C4)

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi definisi sistem indera

C1

Sedang

1

Disajikan gambar indera peraba, peserta didik dapat menentukan peranan kelenjar keringat

C4

Sedang

3

Disajikan gambar indera penglihatan, peserta didik dapat menganalisis fungsi dari bagian-bagian mata

C4

Sedang

4

Disajikan gambar indera pendengaran, peserta didik dapat menganalisis fungsi dari bagian-bagian telinga

C4

Sukar

5

Disajikan gambar indera pengecap, peserta didik dapat menemukan letak bagian-bagian lidah yang dapat merasakan pahit, asin, manis, asam

C4

Sedang

2

Disajikan gambar indera penciuman, peserta didik dapat bagian-bagian hidung

C4

Sukar

6

Disajikan permasalahan mengenai indera penglihatan, peserta didik dapat menganalisis mekanisme prosesnya

C4

Sukar

7

Disajikan permasalahan mengenai indera pendengaran, peserta didik dapat menganalisis mekanisme prosesnya

C4

Sedang

8

Disajikan permasalahan mengenai indera penciuman, peserta didik dapat menganalisis mekanisme prosesnya

C4

Sukar

9

Disajikan permasalahan mengenai indera penglihatan, peserta didik dapat mengkorelasikan mekanisme proses dengan gangguannya

C4

Sukar

10

Soal Asesmen Diagnostik

(Pertemuan Pertama)

Nama : ……………………………………

Kelas : ……………………………………

Nomor Absen : ……………………………………

1. Manusia memiliki 5 jenis organ yang termasuk dalam sistem indra yaitu mata sebagai indra penglihatan, hidung sebagai indra penciuman, kulit sebagai indra peraba, lidah sebagai indra perasa, dan telinga sebagai indra pendengaran. Dari pernyataan diatas bisa disimpulkan bahwa sistem indra adalah ….

a. sistem yang mengatur pernapasan

b. sistem yang mengatur fungsi organ-organ dalam tubuh manusia

c. kumpulan organ yang memiliku fungsi spesifik dalam tubuh manusia

d. sistem yang mengatur gerakan tubuh pada manusia

e. sistem yang memungkinkan kita merasakan rangsangan dari lingkungan sekitar kita.

2. Perhatikan gambar di bawah ini!

Bagian yang berlabel 1,2 dan 3 dapat merasakan ….

a. pahit,asam dan asin

b. manis, pahit dan asam

c. asam, asin dan manis

d. asin, asam dan manis

e. pahit, manis dan asam

3. Perhatikan gambar di bawah ini!

Pada nomor 5 menunjukan bagian kulit yaitu kelenjar keringat yang berfungsi sebagai ….

a. mendeteksi panas dari lingkungan sekitar

b. merasakan nyeri

c. merasakan tekanan dari luar

d. mengatur suhu tubuh

e. mengeluarkan cairan berupa keringat dan minyak

4. Fungsi bagian mata yang ditunjukkan oleh nomor 1 adalah . . . .

a. memberi nutrisi pada lensa mata

b. membantu mata menjaga bentuknya

c. mengatur jumlah cahaya yang diperlukan oleh mata

d. memfokuskan jatuhnya bayangan benda

e. menerima rangsang cahaya dan meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam

5. Fungsi dari tanda X pada gambar bagian Telinga di atas yang benar yaitu…

a. meneruskan getaran ke jendela oval

b. reseptor gravitasi

c. reseptor suara

d. meneruskan getaran ke osikula

e. reseptor suara

6.

Bagian yang bertanda x pada gambar diatas merupakan ….

a. sel batang

b. sel kerucut

c. sel korti

d. sel olfaktori

e. sel saraf

7. Setelah sampai di kornea, Cahaya agar sampai di retina harus melewati bagian-bagian mata diantaranya ….

a. vitreous humor lensa pupil aqueous humorb)

b. vitreous humor- pupil- lensa - aqueous humorc)

c. aqueous humor - pupil- lensa - vitreous humord)

d. lensa- pupil aqueous humor- vitreous humore)

e. aqueous humor- lensa- pupil- vitreous humor

8. Telinga merupakan salah satu sistem indra pada manusia yang berfungsi untuk menganalisis suara lewat transduksi agar dapat dipahami oleh otak manusia. berikut ini urutan yang benar dari tahapan perambatan impuls pada sistem indra pendengaran adalah ….

a. koklea - Saluran telinga luar - tulang-tulang telinga tengah

b. tulang-tulang telinga tengah - koklea - Saluran telinga luar

c. tulang-tulang telinga tengah- koklea- otak

d. saluran telinga luar- koklea - tulang-tulang telinga tengah

e. saluran telinga luar - tulang-tulang telinga tengah - koklea

9. Ani Mengeluhkan bahwa ia tidak bisa mencium bau apapun. sebelumnya, Dina mampu mencium aroma bunga dan makanan yang sedang dimasak di dapur titik namun, dalam beberapa hari terakhir, ia tidak bisa mencium apa-apa Dina merasa cemas dan khawatir dengan kondisi yang dialaminya. Apa kelainan yang dialami Dina saat ini?

a. Astigmatisme

b. Ageusia

c. Miopi

d. Anosmia

e. Hipermetropi

10. Dina sering merasa sulit untuk membaca buku atau melihat benda yang berada dekat dengannya. namun, Iya bisa melihat dengan jelas ketika melihat benda yang berada jauh dari dirinya. Rani mengeluhkan bahwa ia merasa kesulitan untuk membaca catatan atau buku pelajaran di kelas. dari pernyataan di atas apa kelainan yang dialami pada Rani ?

a. Hipermetropi d. Astigmatisme

b. Miopi e. Ageusia

c. Anosmia

Kisi-kisi Asesmen Sumatif (Pertemuan Pertama)

SMA N 28 Kab. Tangerang Tahun Pelajaran 2023/ 2024

Mata Pelajaran : Biologi Alokasi Waktu : 10 menit

Kelas/ Fase : XI / Fase Jumlah Soal : 10 pilihan ganda

Nama Guru : Desniatul Khotimah, S.Pd. Kurikulum Acuan : Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan bioproses yang terjadi dalam sel, dan menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut.

No

Tujuan Pembelajaran

Indiaktor Soal

Ranah

Kognitif

Tingkat

Kesukaran

Nomor

Soal

1.

2.

3.

Peserta didik mampu mengidentifikasi kelainan pada sistem indera manusia (C1)

Peserta didik dapat menganalisis anatomi dan fisiologi sistem indera (C4)

Peserta didik mampu memecahkan masalah yang muncul berkaitan mekanisme proses alat indera (C4)

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi penyebab kelainan sistem indera penglihatan

C1

Sedang

5

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi definisi salah satu kelainan pada sistem indera penglihatan

C4

Sedang

8

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi perbedaan kelainan sistem indera pendengaran

C4

Sedang

10

Disajikan gambar indera pendengaran, peserta didik dapat menganalisis fungsi dari bagian-bagian telinga

C4

Sukar

3

Disajikan permasalahan mengenai indera penglihatan, peserta didik dapat menganalisis mekanisme prosesnya

C4

Sedang

4

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis fungsi dari tiga jenis tulang pendengaran

C4

Sukar

6

Disajikan permasalahan mengenai indera penglihatan, peserta didik dapat menganalisis mekanisme prosesnya

C4

Sukar

7

Disajikan pernyataan, peserta didk mampu menganalisis fungsi bagian-bagian indera penglihatan

C4

Sedang

9

Disajikan permasalahan mengenai sistem indera, peserta didik dapat menganalisis reseptor panca indera

C4

Sukar

2

Disajikan permasalahan mengenai indera pendengaran, peserta didik dapat mengkorelasikan mekanisme proses dengan bagian-bagian alat indera

C4

Sukar

1

Soal Asesmen Sumatif

(Pertemuan Pertama)

Nama : ……………………………………

Kelas : ……………………………………

Nomor Absen : ……………………………………

1. Di bawah ini adalah bagian-bagian dari telinga:

1. Daun telinga

2. Landasan (Incus)

3. Koklea (rumah siput)

4. Membran timpani (gendang telinga)

5. Sanggurdi (Stapes)

6. Nervus octavus

7. Martil (Maleus)

8. Tingkap bulat

9. Canalis semi sirkularis

Impuls getaran suara sampai menjadi persepsi melewati bagian-bagian dari telinga yaitu…

a. 1 – 4 – 7 – 2 – 5 – 8 – 3 – 6

b. 1 – 4 – 7 – 5 – 8 – 2 – 3 – 6

c. 1 – 3 – 4 – 5 – 6 – 9 – 8 – 7

d. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8

e. 6 – 9 – 8 – 7 – 2 – 5 – 8 – 9

2. Panca indera yang memiliki reseptor yang peka terhadap zat kimia (kemoreseptor) adalah indera....

a. Penghidu dan Pendengaran

b. Penglihatan dan Pendengaran

c. Penglihatan dan Peraba

d. Peraba dan Pengecapan

e. Penghidu dan Pengecapan

3.

Bagian pada telinga yang berfungsi sebagai fonoreseptor ditunjukkan oleh nomor....

a. 4

b. 5

c. 2

d. 6

e. 3

4. Rina berada di halaman yang terang dan panas, kemudian ia masuk ke ruang tamu yang redup dansejuk. Terjadi perubahan sesaat pada penglihatan Rina, yaitu menghitam dan sulit mengamatibenda yang ada didalam ruang tamu. Hal tersebut terjadi karena adanya adaptasi pada matanya.Pada waktu itu terjadi perubahan zat yang disebut....

a. Rodopsin

b. Retinin

c. Iodopsin

d. Vitamin E

e. Vitamin A

5. Kelainan rabun dekat dapat dibantu dengan lensa positif. Kelainan ini disebabkan karena....

a. Lensa mata tidak rata

b. Lensa mata terlalu pipih

c. Lensa mata terlalu cembung

d. Lensa mata terlalu cekung

e. Usia sudah lanjut

6. Tiga tulang pendengaran (maleus, incus, dan stapes) berada pada telinga bagian tengah yangberfungsi sebagai....

a. Meneruskan getaran ke jendela oval

b. Keseimbangan tekanan udara antara telingadalam dengan lingkungan

c. Reseptor untuk gerakan kepala

d. Reseptor suara

e. Meneruskan getaran ke osikula

7. Axel dan teman-temannya nonton film “Fast and Furious 8” di XXI Mall SMS. Begitu pintu teater 3 di buka, mereka masuk dan berjalan pelan karena kondisi cahaya yang minim. Setelah kurang lebih 30 detik, mereka bisa melihat lebih jelas lagi sehingga bisa mencari nomor tempat duduknya. Pada saat di dalam teater 3, sel fotoreseptor yang bertanggung jawab adalah.....

a. Sel kerucut

b. Sel bipolar

c. Sel batang

d. Sel ganglion

e. Sel koroid

8. Buta warna adalah kelainan mata berupa....

a. Tidak dapat melihat benda dekat

b. Tidak dapat melihat benda jauh

c. Tidak dapat melihat warna-warna tertentu

d. Tidak dapat melihat garis lurus

e. Tidak dapat melihat benda pada senja hari

9. Bagian mata yang berfungsi untuk mengatur bayangan benda agar jatuh tepat di retina adalah . . . .

a. Pupil

b. Retina

c. Iris

d. Lensa

e. Kornea

10. Pernyataan berikut termasuk gangguan pendengaran karena gagal konduksi atau tuli konduksi, KECUALI…

a. rusaknya saluran eustachius

b. pengapuran tulang pendengaran

c. kerusakan saraf auditorius

d. penyumbatan saluran telinga oleh minyak serumen

e. penebalan atau pecahnya membran timfani

Kisi-kisi Asesmen Diagnostik (Pertemuan Kedua)

SMA N 28 Kab. Tangerang Tahun Pelajaran 2023/ 2024

Mata Pelajaran : Biologi Alokasi Waktu : 10 menit

Kelas/ Fase : XI / Fase F Jumlah Soal : 10 pilihan ganda

Nama Guru : Desniatul Khotimah, S.Pd. Kurikulum Acuan : Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan bioproses yang terjadi dalam sel, dan menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut.

No

Tujuan Pembelajaran

Indiaktor Soal

Ranah

Kognitif

Tingkat

Kesukaran

Nomor

Soal

1.

2.

3.

Peserta didik mampu mengidentifikasi kelainan pada sistem indera manusia (C1)

Peserta didik dapat menganalisis anatomi dan fisiologi sistem indera (C4)

Peserta didik mampu memecahkan masalah yang muncul berkaitan mekanisme proses alat indera (C4)

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi penyebab kelainan sistem indera penglihatan

C1

Sedang

5

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi definisi salah satu kelainan pada sistem indera penglihatan

C4

Sedang

8

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi perbedaan kelainan sistem indera pendengaran

C4

Sedang

10

Disajikan gambar indera pendengaran, peserta didik dapat menganalisis fungsi dari bagian-bagian telinga

C4

Sukar

3

Disajikan permasalahan mengenai indera penglihatan, peserta didik dapat menganalisis mekanisme prosesnya

C4

Sedang

4

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis fungsi dari tiga jenis tulang pendengaran

C4

Sukar

6

Disajikan permasalahan mengenai indera penglihatan, peserta didik dapat menganalisis mekanisme prosesnya

C4

Sukar

7

Disajikan pernyataan, peserta didk mampu menganalisis fungsi bagian-bagian indera penglihatan

C4

Sedang

9

Disajikan permasalahan mengenai sistem indera, peserta didik dapat menganalisis reseptor panca indera

C4

Sukar

2

Disajikan permasalahan mengenai indera pendengaran, peserta didik dapat mengkorelasikan mekanisme proses dengan bagian-bagian alat indera

C4

Sukar

1

Soal Asesmen Diagnostik

(Pertemuan Kedua)

Nama : ……………………………………

Kelas : ……………………………………

Nomor Absen : ……………………………………

1. Fungsi pupil pada mata adalah ...

a. Melindungi retina

b. Memfokuskan bayangan benda

c. Tempat jatuhnya bayangan

d. Memberi warna mata

e. Mengatur cahaya yang masuk

2. Apabila kita mencium merasakan yang sedap, air liur terangsang mau keluar. Hal ini memperlihatkan adanya hubungan antara indra ....

a. Perasa dan pengecap

b. Perasa dan peraba

c. Pembanu dan perasa

d. Penglihat dan pembau

e. Pembau dan pengecap

3. Pada bagian belakang lidah, memiliki papila yang paling banyak adalah ...

a. Sirkumvalata

b. Fungiformis dan sirkumvalata

c. Filiformis

d. Fungiformis

e. Filiformis dan sirkumvalata

4. Alat penyeimbang tubuh yang terdapat di dalam bagian telinga adalah ....

a. Saluran telinga

b. Membran timpani

c. Organ kortil

d. Tiga saluran setengah lingkaran

e. Rumah siput

5. Kulit manusia memiliki kepekaan terhadap rangsang-rangsang yang spesifik. Reseptor sebagai penerima rangsang sentuhan adalah ...

a. Paccini

b. Neurotendo

c. Ruffini

d. Meissner

e. Krause

6. Korpuskula ruffini ialah saraf perasa pada ….

a. Nyeri

b. Sentuhan

c. Panas

d. Tekanan

e. Dingin

7. Mata berfungsi sebagai alat indra karena memiliki reseptor cahaya. Bagian mata yeng berperansebagai reseptor cahaya adalah ...

a. Kornea

b. Fovea

c. Retina

d. Vitreous humor

e. Sklera

8. Konektif tebal lapisan jaringan. Mengandung reseptor kutaneus, yang membuat kulit sensitifterhadap sentuhan, tekanan, rasa sakit dan suhu (hangat dan dingin). Bagian dari gambar disebut....

a. Vein

b. Arteric

c. Hipodermis

d. Epidermis

e. Dermis

9. Reseptor pengecap pada lidah terdapat di dalam ....

a. Epiglotis

b. Papila

c. Badan lidah

d. Epitelium

e. Tonsil

10. Pembuluh Eustachius menghubungkan ....

a. Rongga hidung dan telinga dalam

b. Faring dengan Telinga luar

c. Faring dengan rongga terlinga

d. Rongga faring dengan rongga telinga

e. Rongga mulut dan telinga luar

Kisi-kisi Asesmen Sumatif (Pertemuan Kedua)

SMA N 28 Kab. Tangerang Tahun Pelajaran 2023/ 2024

Mata Pelajaran : Biologi Alokasi Waktu : 10 menit

Kelas/ Fase : XI / Fase Jumlah Soal : 10 pilihan ganda

Nama Guru : Desniatul Khotimah, S.Pd. Kurikulum Acuan : Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan bioproses yang terjadi dalam sel, dan menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut.

No

Tujuan Pembelajaran

Indiaktor Soal

Ranah

Kognitif

Tingkat

Kesukaran

Nomor

Soal

1.

2.

3.

Peserta didik mampu mengidentifikasi kelainan pada sistem indera manusia (C1)

Peserta didik dapat menganalisis anatomi dan fisiologi sistem indera (C4)

Peserta didik mampu memecahkan masalah yang muncul berkaitan mekanisme proses alat indera (C4)

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi penyebab kelainan sistem indera penglihatan

C1

Sedang

5

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi definisi salah satu kelainan pada sistem indera penglihatan

C4

Sedang

8

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi perbedaan kelainan sistem indera pendengaran

C4

Sedang

10

Disajikan gambar indera pendengaran, peserta didik dapat menganalisis fungsi dari bagian-bagian telinga

C4

Sukar

3

Disajikan gambar mengenai indera penciuman,, peserta didik dapat menganalisis kelainan pada alat inderanya.

C4

Sedang

4

Disajikan gambar,, peserta didik mampu menganalisis mekanisme proses indera pendengaran

C4

Sukar

6

Disajikan permasalahan mengenai indera penglihatan, peserta didik dapat menganalisis mekanisme prosesnya

C4

Sukar

7

Disajikan pernyataan, peserta didk mampu menganalisis fungsi bagian-bagian indera penglihatan

C4

Sedang

9

Disajikan permasalahan mengenai sistem indera, peserta didik dapat menganalisis reseptor panca indera

C4

Sukar

2

Disajikan permasalahan mengenai indera pendengaran, peserta didik dapat mengkorelasikan mekanisme proses dengan bagian-bagian alat indera

C4

Sukar

1

Soal Asesmen Sumatif

(Pertemuan Kedua)

Nama : ……………………………………

Kelas : ……………………………………

Nomor Absen : ……………………………………

1. Buta sesaat akibat adanya perubahan yang tiba-tiba dari kondisi sangat terang ke redup yang dialami oleh manusia, berkaitan erat dengan peristiwa...

a. sel kerucut mata

b. iris mata

c. saraf mata

d. pupil mata

e. sel batang mata

2. Jalannya sinar yang masuk ke dalam organ mata manusia dari luar ke dalam adalah ....

a. Kornea - aqueous humor - lensa - pupil – retina

b. Kornea - vitreus humor - iris - lensa- retina

c. Kornea - aqueous humor - pupil -lensa – retina

d. Kornea - Vitreus humor - pupil - lensa – retina

e. korena -vitreus humor - lensa - pupil - retina

3. Bagian retina mata yang tidak memberikan respon terhadap rangsang sinar adalah...

a. bintik buta

b. bagian lensa

c. bagian pupil

d. bintik kuning

e. kornea mata

4.

Penyakit pada indera pembau (hidung) yang menyebabkan kehilangan sensitivitas terhadap rasa bau adalah …..

a. Mimisan

b. Asma

c. Anosmia

d. Pilek

e. Sinus

5. Apabila kita mencium masakan yang sedap, maka air liur akan terangsang keluar. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara indera ....

a. perasa dan pengecap

b. penglihat dan pembau

c. pembau dan peraba

d. perasa dan peraba

e. pembau dan pengecap

6.

Saluran Eustachius yang berada di bawah ossikula telinga tengah yang bertugas menghubungkan telinga tengah dengan …..

a. Mata

b. Paru-Paru

c. Tenggorokan

d. Mulut

e. Jantung

7. Berikut ini adalah bagian dari telinga dalam:

1. utrikel

2. sakul

3. saluran semisirkuler

4. koklea

Yang termasuk organ keseimbangan adalah nomor .....

a. 1, 2 dan 3

b. 1 dan 2

c. 1, 4 saja

d. 3 dan 4

e. 2 dan 3

8. Rangsang gerak reflek dari reseptor di kulit akan diteruskan secara berurutan menuju ke efektorsebagai berikut....

a. sinapsis - neuron motorik – neuron sensorik – efektor

b. neuron sensorik - sinapsis - neuron motorik –efektor

c. neuron motorik - sinapsis – neuron sensorik – efektor

d. sinapsis-neuron sensorik - neuron motorik –efektor

e. neuron sensorik - neuron motorik - sinapsis –efektor

9. Sari tidak bisa melihat benda dengan jelas benda yang berjarak 30 cm dari pandangannya. Dapat diartikan sari menderita cacat mata ...... dan dapat ditolong dengan ......

a. Hipermetropi, kacamata lensa cembung

b. Miopi, kacamata rangkap

c. Presbiobi, kacamata lensa rangkap

d. Miopi, kacamata lensa cembung

e. Miopi, kacamata lensa cekung

10. Manakah yang bukan karakteristik indera penciuman pada manusia.....

a. pesan yang diterima kemudian dikirimkan ke bulbus olfaktori

b. posisi epitel di rongga hidung bagian atas

c. sangat peka sehingga bisa mencium feromon yang dikeluarkan wanita

d. mudah lelah terhadap rangsang bau

e. rangsangan berupa senyawa kimia di udara

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post