Desri Lova

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Panen Jeruk di Kebun Nakek
PanenJeruk

Panen Jeruk di Kebun Nakek

Tantangan Menulis Hari ke-22

#TantanganGurusiana

Saat ini, jeruk merupakan salah satu bentuk komoditas yang banyak di tanam di daerah Kabupaten Kerinci khususnya Lolo Kecil, Lolo Gedang dan wilayah sekitarnya. Makanya sekarang, daerah ini terkenal dengan daerah penghasil jeruk. Salah satu jenis jeruk yang terkenal dari daerah ini adalah jeruk Gerga. Dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, ukuran jeruk Gerga sedikit lebih besar. Rasanya sangat manis dan buahnya segar, apalagi kalau baru dipetik dari kebun. Nah, saat itu kami diajak nakek untuk pergi ke kebun, memetik jeruk. Kalau ada waktu, sekali dalam seminggu, nakek selalu menyambangi kebunnya ini untuk memetik jeruk atau mengambil hasil kebun yang lainnya. Kebetulan hanya untuk dikonsumsi sendiri. Hitung-hitung mencari keringat, kata nakek. Sejak nakek pensiun dari pekerjaannya, nakek terkadang mencari kesibukan dengan pergi ke kebun.

Ini merupakan pengalaman yang begitu berarti dan berkesan bagi anak sulungku, karena ini merupakan kali pertamanya ia main ke kebun. Lebih tepatnya, main ke kebun Nakek (kakek) untuk memanen jeruk. Anakku senang sekali diajak ke kebun kakeknya. Ia begitu antusias ketika memetik jeruk. Banyak pertanyaan yang keluar dari mulut mungilnya. Rasa ingin tahu yang begitu tinggi. Pendidikan di alam bebas, membuatnya kangen untuk kembali ke kebun nakek.

Letak kebun nakek tidak jauh dari rumah. Kalau kita menggunakan sepeda motor, jarak yang ditempuh hanya sekitar 10 menit. Terkadang, karena sekalian ingin menikmati udara yang segar di pagi hari, kami sengaja berjalan kaki menuju kebun. Walaupun jalanan agak menanjak, itu tidak menjadi suatu masalah bagi kami, rasa lelah tergantikan dengan pemandangan alam yang begitu indah. Pegunungan yang menghijau, dan hamparan sawah yang luas bak permadani. Ah...begitu sempurna ciptaan Allah. Mudah-mudahan, suatu masa nanti, kita bisa kembali ke kebun nakek untuk panen jeruk lagi ya ma, kata anakku. Insyaallah mba...jawabku dalam hati.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, asyiknya memetik buah hasil sendiri. Sukses selalu dan barakallahu fiik

03 Mar
Balas

Amin...makasih bu.salam kenal

03 Mar

Ajak yeh, panen jeruknya?

04 Mar
Balas

Ayolah Bu kita main ke Kerinci..lagi musim panen sekarang

04 Mar



search

New Post