Strategi Berdiferensiasi Konten
Catatan CGP-02
#Tantanganmenulisgurusianaharike-255#
Oleh: Deswati, M.Pd
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses pembelajaran di kelas yang memenuhi kebutuhan belajar secara individu. Pembelajaran ini bukan menuntut guru untuk membuat rancangan pembelajaran untuk setiap karakteristik siswa.
Dalam pembelajaran ini yang perlu diperhatikan ada tiga aspek yaitu (1) kesiapan siswa dalam belajar, (2) minat belajar siswa, (3) profil belajar siswa. Untuk memenuhi tiga aspek tersebut maka ada tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi yaitu, (1)berdiferensiasi konten, (2)berdiferensiasi proses, (3) berdiferensiasi produk. Tiga strategi ini akan di uraikan satu persatu.
Strategi diferensiasi konten, perlu di pahami konten itu segala sesuatu yang diajarkan kepada siswa, termasuk di dalamnya tiga aspek yaitu, kesiapan belajar, minat, dan profil belajar. Jika kita berbicara tentang kesiapan belajar siswa. Dapat dilihat kemampuan awal siswa.
Siswa diberikan pemahaman secara mendasar seperti informasi yang mendasar yang umum terkait dengan fakta, prinsip. Sedangkan ada siswa yang sudah siap transpormational pemberian materi , dengan memberikan tantangan, question reseach, atau dengan cara memperluas ide-ide siswa.
Jika kita melihat dari aspek kesiapan belajar siswa, pembelajaran dilakukan secara abstrak atau perlu berpikir secara kongkrit. Jika siswa berada pada tahap belajar kongkrit maka perlu diberikan benda-benda yang dapat memberikan pemahama terhadap keadaan yang nyata. Jika siswa sudah siap belajar secara abstrak bisa digunakan gambar dan juga bisa mengerjakan lembar kerja.
Berdasarakan minat murid, contoh siswa belajar teks narasi. Guru menyediakan tentang topik yang yang disukai oleh siswa. Jika di lihat dari aspek profil belajar siswa, guru memastikan siswa belajar sesuai dengan gaya belajar. Belajar gaya visual, diberikan dalam bentuk gambar. Siswa dengan gaya belajar auditori dapat diberikan materi dalam bentuk audio, dan gaya belajar kinestetik dapat mengunakan pekerjaan yang susuai dengan materi pembelajaran
Pekanbaru, Selasa 02 Februari 2021
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar