Dra. Deswita, M.M.Pd

Guru PPKn di MAN 1 KOTA PADANG, SUMATERA BARAT...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sepeda Motor

Sepeda Motor

 

 

 

Selasa, Mar@Kolom

Oleh: Dra. Deswita, M.M.Pd

 

#

Sepeda motor merupakan sebuah kebutuhan dalam hidup untuk  sebagian manusia. Sepeda motor itu boleh dikatakan tidak ada di negara maju. Kalaupun ada, hanya kecil sekali kemungkinannya, yaitu sekitar satu persen saja. Karena memang demikian kenyataannya.

Di Arab atau di Saudi, sepeda motor hanya milik polisi. Kalau ada yang lain, itupun hanya beberapa buah saja milik orang tertentu. Kalau ada yang lain, juga hanya sebagian kecil saja. Begitupun di Turky. Selama perjalanan satu minggu ini, aku hanya melihat sekitar tiga buah sepeda motor di kota-kota Turky. Jadi, mereka semua pakai mobil, dan mobil mereka juga buatan negara mereka sendiri. Kalau ada yang lain buatan Jepang dan negara maju lainnya. Sedang mobil buatan Cina tidak tampak sama sekali.

Bercerita negara kita Indonesia, rata-rata pemilik sepeda motor di satu keluarga minimal dua buah sepeda motor. Bahkan ada tiga dan empat. Selain buatan Jepang, kebanyakan  buatan negara Cina. 

Sepeda motor di Indonesia, mendominasi dalam pemakaian jalan raya, dibandingkan dengan mobil. Pengendara mobil lebih takut kepada sepeda motor jika bergandengan di jalan raya. Ya itulah negara Indonesia.

Indonesia sebuah negara berkembang yang menjadi sasaran empuk bagi negara maju, untuk memasarkan produk mereka.  Sepeda motor di Indonesia merupakan sebuah kebutuhan untuk memudahkan transfortasi. Tanpa disengaja, aku pernah naik sepeda motor, lalu disrempet mobil hingga pingsan.

#

 

Istanbul, 7 Maret 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah sudah tayang hari ini

07 Mar
Balas

Harus extra hati-hati bunda, biar lambat asal selamat. Sehat selalu

07 Mar
Balas

Aamiin, terima kasih bu Effi

07 Mar



search

New Post