Dra. Deswita, M.M.Pd

Guru PPKn di MAN 1 KOTA PADANG, SUMATERA BARAT...

Selengkapnya
Navigasi Web
Setiap Pertemuan, Pasti Ada Perpisahan

Setiap Pertemuan, Pasti Ada Perpisahan

Kamis, Mar@Kolom

Oleh: Dra. Deswita, M.M.Pd

 

#

Dalam hidup ini, tak selamanya kita menyatu dengan siapapun. Baik di dalam keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara. Setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan. Baik pisah hidup maupun berpisah karena mati atau meninggal.

Begitu juga yang dialami siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Sijunjung Sumatera Barat, tempat aku sekarang mengabdikan diri sebagai guru. Baru satu hari selesai ujian akhir madrasah, mereka sudah menggelar acara perpisahan.

Acara yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa sebelum ujian, oleh siswa kelas XII bersama walikelasnya , wakil kesiswaan, pembina OSIM atas persetujuan kepala madrasah. Ujian akhir madrasah selesai tanggal 14 Maret 2023, Kamis 16 Maret 2023 langsung kegiatan diangkat. 

Aku cukup terkesan pada  sesi akhir acara. Pada waktu berfoto dan maaf-maafan antara mereka bersama wali kelas dan seluruh majelis guru, ternyata tidak hanya siswa perempuan yang menangis dan meratapi perpisahan ini. Malahan beberapa siswa laki-laki ada yang lebih parah lagi ratapan dan tangisannya. Bahkan ada yang hampir pingsan saat bersalam-salaman.

Disaat itu terlihat, jiwa-jiwa penyesalan yang tulus. Hati-hati yang merintih membayangkan perbuatan selama ini yang mereka lakukan. Kegembiraan dan kebersamaan yang tak mungkin akan terulang lagi. Semua itu akan tinggal kenangan, kenangan dan kenangan yang terindah.

 Pinta maaf yang tulus, diiringi deraian air mata yang membasahi pipi-pipi yang bersih dan ceriah, serta pelukan kasih sayang yang secara spontan terjadi begitu saja. Seperti orang-orang yang tidak akan bertemu lagi. Itulah perpisahan. Setiap pertemuan, akan diakhiri dengan perpisahan. 

 Pribahasaku mengatakan, " Bukan Perpisahan yang Kutangisi, Tapi Pertemuanlah yang Kusesali". Sebagai guru mereka, pokoknya aku  sangat terharu mengikuti dan menyaksikan acara di sesi  terakhir tersebut.

Sebelum pulang, akupun menyumbangkan suara parauku dengan serak terputus-putus tak kesampaian. Karena, aku bukan biduan atau bukan penyanyi. Di belakang layar punggung siswa kelas XII yang sibuk selfi-selfi bersama guru dan sesamanya, aku melantunkan lagu yang berjudul, " Kemesraan ".

#

 

Sijunjung, 16 Maret 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya; Bunda. Salam literasi

17 Mar
Balas

Alhamdulillah sudah tayang hari ini

16 Mar
Balas



search

New Post