DEVIARNI

Devi, begitu nama simpel yang diberikan orang tuanya. kekuatan akan kemampuannya memwyelesaikan sesuatu memgabaikan kemampuan yang ada. keberaniannya melakukan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ibuku malaikat anakku

ibuku malaikat anakku

Setiap saya baca tulisan orang di facebook tentang seorang anak yang menyuruh atau menitipkan anaknnya kepada ibunya adalah dosa. Saya seketika menjadikan diri saya begitu bersalah. kenapa tidak tulisan itu sudah menyindir saya..

Hampir seumur perkawinan saya ibu saya tinggal dirumah kami hampir 14 tahun semenjak kematian bapak saya. ketika melahirkan anak pertama ibu saya meminta untuk tidak perlu mencari orang mengasuh cucunya. biarlah saya begitu ibu mengatakan. walau dihati paling dalam jujur saya akui saya lebih suka anak saya diasuh neneknya dibanding orang lain. tapi sisi lain hati saya menjerit kenapa kok ibu saya yang susah dengan tanggung jawab yang harusnya saya pikul dengan suami saya.

bertahun kami lalui, pernah suatu ketika saya pengen mengambil orang untuk bantu ibu saya dirumah. ibu saya mengatakan" kalau kamu cari orang mengasuh anakmu maka ibu pulang kampung" . Ini yang jadi dilema bagi saya. Tidak akan mungkin saya membiarkan ibu saya pulang kampung sementara dikampung tidak ada yang bisa merawat beliau.

Saat itu keputusannya ibulah penyelamat anak saya. sampai anak saya berumur 11 ahun ibu saya sangat telaten. semua hal yang berhubungan dengan anak saya beliau kerjakan dengan baik. saya sebagai ibunya tak akan semampu itu. yach begitulah beliau malaikat bagi buah hati saya.

setelah anak saya tamat sekolah dasar dia minta untuk ke pondok. ibu orang yang paling sedih. sampai ditanya berulang ulang ke saya. " kamu yakin anak sekecil itu yang belum tau apa apa akan dimasukkan ke pondok.

kekawatiran ibu saya beralasan karna setiap hari anak laki laki saya kalau makan selalu disuapkan ibu saya. semua keperluannya disiapkan dengan bantuan saya dan ibu saya. Tapi bagaimanapun saya harus memasukkan ke pondok karna dia juga mau.

hampir 7 bulan anak laki laki saya dipondok. Pernah suatu hari saya tanya " kamu rindu mama atau rindu Amak " itu panggilan anak saya kepada ibu saya. dia tidak biasa memanggil nenek. anak saya jawab" rindu mama dan amak". saya tanya "kalau yang paling kamu rindu ? sama keduanya mama. ternyata posisi ibu saya dan saya sama di mata anak saya.

ternyata ibu mengasuh cucunya. sama juga mengasuh anaknya. mungkin kasus beda yang ditulis di facebook dengan yang saya alami.

pku.feb2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif. Bunda. Jangan lupa kunjungi tulisan saya.

11 Feb
Balas



search

New Post