Devi Sulastri

MAN I KOTA PAYAKUMBUH...

Selengkapnya
Navigasi Web
KHASIAT MENTIMUN BAGI TUBUH (Tantangan Gurusiana Hari ke 137)

KHASIAT MENTIMUN BAGI TUBUH (Tantangan Gurusiana Hari ke 137)

Mentimun(Cucumis sativus), sayuran sehat dan menyegarkan. Memberikan banyak manfaat jika kita konsumsi setiap hari, karena mentimun mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Bahkan, biji mentimun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Berikut ini beberapa manfaat mentimun bagi tubuh :

1. Menurunkan tekanan darah, hipertensi

Mentimun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, karena kandungan kalium dalam mentimun dapat mengatur kadar garam dalam ginjal.

2. Mengurangi Stress

Mentimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B komplek yang dapat merelaksasi sistim syaraf dan meredakan ketegangan, panik dan kecemasan yang ditimbulkan oleh stress.

3. Menyembuhkan tukak lambung dan menurunkan asam lambung

Mentimun memiliki sifat mendinginkan, alkalinitas mentimun dapat mengatasi gejala tukak lambung dan asam lambung.

4. Menjaga kesehatan ginjal

Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga mentimun mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

5. Mengeluarkan racun dari tubuh

Mentimun memiliki sifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Dengan begitu, hal ini akan semakin sering mendorong bakteri, racun-racun dan zat hasil metabolism untuk keluar dari tubuh melalui urine

6. Merawat kulit dan menghilangkan bengkak pada mata

Masker mentimun dapat merawat kulit dan menjaga kelembaban kulit. Irisan mentimun juga bermanfaat untuk menghilangkan bengkak mata karna mata lelah bekerja di depan komputer terlalu lama.

Demikianlah beberafa manfaat mentimun bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

# Referensi : https://doktersehat.com/khasiat-mentimun-obat-alami-kaya-manfaat/ dan https://www.antaranews.com/berita/881188/hadang-stres-sehatkan-lambung-dengan-konsumsi-mentimun-tiap-hari

#Payakumbuh,27062020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimksh informasinya uni

27 Jun
Balas

Terima kasih ilmunya Bun

27 Jun
Balas



search

New Post