Dewi Fitrianti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Koneksi Antar Materi Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Koneksi Antar Materi Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Dewi Fitrianti, S. Pd. Si - CGP Angkatan 3 – SMPN 4 Klari Karawang

Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil?

Patrap Triloka adalah sebuah konsep pendidikan yang digagas oleh Suwardi Suryaningrat (alias Ki Hadjar Dewantara) selaku pendiri organisasi pergerakan nasional Indonesia yaitu Taman Siswa.

Konsep pendidikan ini digagas Suwardi Suryaningrat atas dasar kajiannya terhadap ilmu pendidikan (pedagogi) yang diperoleh dari tokoh pendidikan ternama mancanegara, yaitu Maria Montessori dari Italia dan Rabindranath Tagore dari India. Konsep ini menjadi prinsip dasar para guru dalam melakukan pendidikan di Taman Siswa. Terdapat tiga unsur penting dan terkenal dalam Patrap Triloka, yaitu: (1) Ing ngarso sung tuladha ("yang di depan memberi teladan"), (2) Ing madya mangun karsa ("yang di tengah membangun kemauan"), (3) Tut wuri handayani (dari belakang mendukung"). Pengaruhnya dalam Pendidikan sangat besar sekali. Integrasi Pratap Triloka itu sangat penting terutama dalam pengambilan keputusan.

Ing ngarso sung tulodo, berarti bahwa seorang pemimpin (guru) haruslah memberikan teladan yang baik bagi orang yang dipimpinnya. Guru harus selesai dengan dirinya sendiri yang kemudian ini terefleksikan dalam keteladanan setiap mengambil keputusan terhadap murid-murid dan orang-orang disekitarnya. Inilah prinsip pertama yang harus dimiliki oleh seorang guru. Keteladanan menjadi sebuah hal yang penting karena akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan orang-orang yang dipimpinnya terhadap dirinya.

Ing madya mangun karsa artinya guru (pemimpin) harus bisa bekerja sama dengan orang yang menjadi muridnya. Sehingga pembelajaran yang dilakukan akan terasa mudah atau ringan dan akan semakin mempererat hubungan antara guru dengan murid, namun tidak melanggar etika jalur pendidikan. Dengan menerapkan ing madya mangun karsa, guru diharapkan mampu menjadi rekan sekaligus sebagai pengganti orang tua murid, sehingga guru mampu mengetahui kebutuhan belajar murid. Salah satu kebutuhan belajar murid adalah keterampilan mengambil keputusan. Karena itu dengan ing madya mangun karsa guru dapat melakukan coaching terhadap para muridnya dalam mengambil keputusan termasuk keputusan yang mengandung unsur dilema etika yang dihadapi para murid. Dengan demikian potensi murid menjadi lebih berkembang sehingga mampu mengambil keputusan-keputusan yang tepat bagi dirinya.

Tut wuri handayani yaitu memberi kesempatan kepada siswa untuk maju dan berkembang. Memberikan ilmu-ilmu dan bekal-bekal yang akan menambah wawasan dan kepintaran murid, guru tidak akan rugi. Inilah fungsi seorang guru sebagai coach dan motivator, ia mampu mendorong kinerja murid untuk terus berkembang dan maju serta mampu mengambil keputusan-keputusan yang tepat untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?

Kita harus memahami bahwa nilai-nilai diperoleh di masa kanak-kanak dan terwujud di kampus kita sebagai persepsi permanen yang membentuk dan mempengaruhi sifat perilaku kita (ibaratnya seperti menulis di atas batu). Nilai melibatkan emosi, pengetahuan, pemikiran, dan akhirnya pilihan respons. Nilai bervariasi antar individu dan, karena nilai mengatur perilaku, nilai mewarnai cara individu memandang dan merespons dunia mereka. Penting untuk memahami nilai dampak terhadap pilihan. Sementara nilai-nilai dapat, dan memang, berubah dari waktu ke waktu, nilai-nilai itu mewakili komponen kepribadian yang signifikan. Melalui nilai-nilai individu lah budaya didefinisikan, dan memberikan pedoman sosial yang luas untuk standar yang diinginkan. Umumnya digambarkan sebagai standar sosial yang normal, atau norma, nilai mempengaruhi bagaimana orang membuat pilihan.

Saat bekerja dengan orang, sangat penting bagi kita untuk menghargai bahwa nilai intrinsik setiap orang berbeda. Karena nilai-nilai begitu mendarah daging, kita tidak sering menyadari bahwa tanggapan kita dalam hidup, sebagian besar, disebabkan oleh nilai-nilai yang kita pegang dan unik bagi budaya dan perspektif kita sendiri. Lebih jauh lagi, kita jarang merenungkan fakta bahwa orang-orang yang bergaul dengan kita memiliki nilai-nilai unik mereka sendiri yang mungkin berbeda dari nilai kita sendiri. Sebagai seorang guru ataupun pemimpin pembelajaran perlu menyadari bahwa, seperti siswa mereka, mereka membawa seperangkat nilai mereka sendiri ke dalam sesi coaching. Oleh karena itu, para pemimpin pembelajaran harus menyadari, dan terbuka terhadap, perbedaan nilai ini saat mereka bekerja dalam peraturan dan standar lembaga mereka. Kadang-kadang ini, atau tampaknya, bertentangan.

Siswa sering mengembangkan proses pengambilan keputusan mereka dan mungkin mempertanyakan nilai-nilai yang dipegang oleh keluarga dan masyarakat mereka. Dalam lingkungan multi-budaya misalnya, standar etika perlu ditangani dalam situasi menasihati dan di kelas kita sehingga perilaku dapat dipahami dan tantangan etika dihindari.

Bagaimana kegiatan terbimbing yang kita lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan 'coaching' (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil. Apakah pengambilan keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas pengambilan keputusan tersebut. Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi 'coaching' yang telah dibahas pada modul 2 sebelumnya.

Kegiatan terbimbing secara luas dianggap sebagai yang paling penting dalam proses pengambilan keputusan, dan hal ini menunjukkan bahwa penataan masalah secara efektif dan menghasilkan alternatif- seperti yang dicontohkan oleh konsep pengambilan keputusan proaktif-meningkatkan kepuasan dengan keputusan serta kepuasan hidup lebih umumnya yang dialami. Dan coaching itu justru membelajarkan pada diri bagaimana proses pengujian pengambilan keputusan itu dilakukan. Pengambilan keputusan dianggap sebagai proses kognitif yang menghasilkan pemilihan keyakinan atau tindakan di antara beberapa opsi alternatif yang mungkin. Bisa jadi rasional atau irasional. Proses pengambilan keputusan adalah proses penalaran berdasarkan asumsi nilai, preferensi dan keyakinan pembuat keputusan. Setiap proses pengambilan keputusan menghasilkan pilihan akhir, yang mungkin atau mungkin tidak mendorong tindakan. Oleh karena itu perlu pengujian terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu. Pengambilan keputusan itu tentu saja akan efektif.

Contoh: orang sering mengatakan bahwa mereka merasa sulit untuk membuat keputusan.

Sayangnya kita semua harus membuat keputusan setiap saat, mulai dari masalah sepele seperti makan siang apa, hingga keputusan yang mengubah hidup seperti di mana dan apa yang akan dipelajari, dan siapa yang akan menikah atau menikah dengan siapa. Beberapa orang menunda membuat keputusan dengan mencari lebih banyak informasi tanpa henti atau meminta orang lain untuk menawarkan rekomendasi mereka. Yang lain menggunakan pengambilan keputusan dengan mengambil suara, memasukkan pin dalam daftar atau melempar koin. Dalam pengertian yang paling sederhana, pengambilan keputusan adalah tindakan memilih antara dua atau lebih tindakan.

Dalam proses pemecahan masalah yang lebih luas, pengambilan keputusan melibatkan pemilihan di antara kemungkinan solusi untuk suatu masalah. Keputusan dapat dibuat menurut 9 langkah pengambilan keputusan dapat dilakukan melalui proses pengujian secara intuitif atau beralasan, atau kombinasi keduanya.

Banyak teknik pengambilan keputusan yang berbeda telah dikembangkan, mulai dari aturan praktis sederhana, hingga prosedur yang sangat kompleks. Seperti pada modul ini berdasarkan pada 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 Langkah pengambilan keputusan. Metode yang digunakan tergantung pada sifat keputusan yang akan dibuat dan seberapa kompleksnya keputusan tersebut.

Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola dan menyadari aspek sosial emosionalnya akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan?

Menetapkan tujuan, meminta bantuan, menunjukkan empati. Ini semua adalah contoh keterampilan sosial-emosional yang membantu siswa berkembang—baik di dalam maupun di luar kelas. Ada banyak manfaat untuk pembelajaran sosial-emosional (SEL). Faktanya, bahwa keterampilan ini merupakan dasar untuk belajar dan bahkan bisa lebih penting daripada keterampilan akademik.

Keterampilan sosial-emosional tidak hanya meningkatkan hasil akademik dan perilaku kelas bagi siswa. Mereka juga dapat memiliki dampak positif pada kesuksesan pribadi dan profesional kita sebagai pendidik. Untuk mengajar SEL, kita perlu menyadari dan terus mengembangkan keterampilan sosial-emosional kita sendiri. Hanya dengan begitu kita dapat mencontoh dan mengajarkan keterampilan itu kepada siswa kita.

Sebagai titik awal, baik pendidik maupun siswa perlu merasa dihargai dan aman. Kolaborasi untuk Pembelajaran Akademik, Sosial, dan Emosional (CASEL) mengembangkan kerangka kerja yang mendefinisikan lima kompetensi inti SEL. Ini adalah kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, dan keterampilan hubungan.

Satu dari lima keterampilan sosial emosional adalah membuat keputusan yang bertanggung jawab. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab Penting dalam proses pembelajaran.

Sebagai pendidik, membuat keputusan setiap hari tentang beban kerja, manajemen waktu, dan perawatan diri, antara lain. Kita semua memiliki nilai, prioritas, dan pengalaman berbeda yang mempengaruhi pengambilan keputusan kita.

Pengambilan keputusan berperan dalam cara kita berkolaborasi dengan rekan kerja. Karena berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan kita, akan sangat membantu untuk memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman rekan kerja untuk membuat pilihan, seperti cara terbaik untuk mendukung siswa yang belajar dan berpikir secara berbeda.

Pengambilan keputusan juga merupakan bagian besar dari cara kita berinteraksi dengan siswa. Itu termasuk banyak pilihan yang kita buat setiap hari tentang pengajaran dan manajemen kelas. Tetapi keterampilan sosial-emosional ini juga berperan ketika kita berpikir tentang bagaimana kita mempersiapkan siswa untuk menjadi pengambil keputusan sendiri.

Misalnya, pertimbangkan ruang kelas yang menggunakan Desain untuk Pembelajaran . Dalam lingkungan ini, guru merancang pembelajaran sehingga siswa memiliki pilihan tentang pembelajaran mereka. Ini memberi siswa kesempatan untuk membuat keputusan tentang bagaimana mengatur waktu mereka, bagaimana menunjukkan apa yang telah mereka pelajari, dan bagaimana mengarahkan hubungan sosial ketika bekerja dengan rekan-rekan mereka.

Penting juga untuk diingat bahwa komunitas sekolah memiliki seperangkat nilai mereka sendiri yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Misalnya, banyak sekolah menghargai pendidikan dan mungkin berfokus pada pengiriman lulusan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pikirkan tentang proses pengambilan keputusan besar yang diperlukan bagi siswa untuk memilih apa yang harus dilakukan setelah sekolah dasar, sekolah menengah, terutama mereka yang akan menjadi yang pertama di keluarga mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Peran Anda sebagai guru dalam mendukung pengambilan keputusan siswa mungkin untuk mengakui bahwa proses mereka mungkin sangat berbeda dari proses Anda sendiri—dan untuk mengidentifikasi orang-orang dengan pengalaman serupa yang dapat menjadi model.

Cara Mempraktikkan Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab di Kelas antara lain:

Ketahuilah bahwa siswa membutuhkan bantuan Anda untuk belajar menjadi pembuat keputusan yang bertanggung jawab dengan cara yang sesuai dengan perkembangannya.

Bagikan kepada siswa proses Anda sendiri saat Anda membuat keputusan dan jelaskan “mengapa” di balik mereka. Cari dan berikan akses ke beragam panutan yang memiliki pengalaman serupa dengan siswa di kelas Anda.

Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut seorang pendidik.

Guru mungkin mengalami ketegangan antara keyakinan pribadi, kode etik profesional, dan nilai moral ketika menghadapi masalah/ dilema etika. guru dituntut dapat memahami dan menanggapi dilema etika secara berbeda dan menunjukkan tingkat sensitivitas etika yang berbeda. Beberapa membuat keputusan tentang apa yang benar untuk dilakukan berdasarkan etika pribadi dan pengalaman hidup mereka sendiri, orang lain mengutamakan norma sosial dan kelembagaan, namun yang lain lagi memiliki pandangan yang lebih lunak dan bijaksana dengan memperhatikan berbagai hak prerogatif moral.

Jelas, guru membutuhkan alat untuk mendukung pertimbangan berbagai perspektif seputar masalah, alat untuk memfasilitasi pemikiran mereka.

Secara etimologis, “etika” berasal dari kata Yunani “ethos” yang berarti “karakter” atau “perilaku”. Etika tidak terbatas pada tindakan atau perilaku individu tetapi mencakup praktik profesi, organisasi, lembaga pemerintah atau lainnya.

Ketika membahas definisi istilah “etika”, masing-masing guru, orang tua, memiliki: pandangan yang unik sesuai dengan pengalaman dan posisi hidup mereka sendiri.

Beberapa mengandalkan kata-kata seperti "benar", "moral", "nilai-nilai"; yang lain lebih condong ke arah “kebijakan”, “kode etik”, dan “profesionalisme”. Tetapi semua tampaknya setuju bahwa pendidik harus beretika dan bahwa pendidik harus memiliki akses ke pelatihan dalam memahami masalah etika yang terlibat dalam pengambilan keputusan.

Dengan keunikan setiap individu, hendaknya nilai-nilai yang dimilikinya itu menjadi pondasi dalam pengambilan keputusan. Dan proses pengambilan keputusan itu perlu dilatih sehingga dalam struktur kognitif nya selalu berkembang sesuai kemampuan proses berpikirnya

Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat, tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.

Manusia cenderung membuat keputusan menggunakan suasana hati, asosiasi, dan jalan pintas perilaku lainnya. Hendaknya pengambilan keputusan berdampak pada terciptanya lingkungan positif, kondusif, aman dan nyaman dibangun atau dirancang oleh guru dengan memperhatikan aspek-aspek. Aspek yang paling penting dalam lingkungan belajar yang aman dan positif adalah hubungan antara seorang guru dan murid-muridnya. Ketika siswa memahami bahwa guru mereka peduli dan ingin mereka melakukannya dengan baik, siswa merasa nyaman mengajukan pertanyaan, membuat kesalahan, dan mengambil risiko untuk mempelajari sesuatu yang baru. Untuk membangun hubungan semacam ini, guru harus memperhatikan kekuatan dan minat setiap siswa, serta perjuangan dan frustasi mereka. Dia perlu bertindak sebagai model positif untuk belajar dan merayakan pencapaian. Ketika siswa melihat bahwa guru mereka dapat belajar dari kesalahannya, dan tertawa bahkan di saat ia merasa frustasi, siswa akan merasa jauh lebih nyaman untuk melakukan hal yang sama.

Setiap aspek masyarakat dan manajemen memainkan peran sentral dalam menciptakan ruang belajar yang positif dan aman. Meskipun tugas guru untuk memfasilitasi dan mencontohkan harapan proaktif dan positif, tetap menjadi tanggung jawab setiap pelajar di kelas untuk merawat dan mendorong satu sama lain. Hanya dengan kerja sama dan kolaborasi semua orang, lingkungan belajar dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Selanjutnya, apakah kesulitan-kesulitan di lingkungan Anda yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Apakah ini kembali ke masalah perubahan paradigma di lingkungan Anda?

Ada kesulitan untuk Mencegah Pengambilan Keputusan. Ada sejumlah masalah yang dapat mencegah pengambilan keputusan, antara lain:

1. Tidak Cukup Informasi

Jika Anda tidak memiliki informasi yang cukup, Anda dapat merasa seperti membuat keputusan tanpa dasar apapun. Luangkan waktu untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk menginformasikan keputusan Anda, bahkan jika skala waktunya sangat ketat. Jika perlu, prioritaskan pengumpulan informasi Anda dengan mengidentifikasi informasi mana yang paling penting bagi Anda.

2. Terlalu Banyak Informasi

Masalah sebaliknya, tetapi yang sering terlihat mengejutkan: memiliki begitu banyak informasi yang saling bertentangan sehingga tidak mungkin untuk melihat sesuatu yang lebih besar atau untuk tidak memahami atau menghargai situasi, masalah, dll yang lebih besar, karena seseorang hanya mempertimbangkan beberapa bagian saja. Ini kadang-kadang disebut kelumpuhan analisis, dan juga digunakan sebagai taktik untuk menunda pengambilan keputusan, dengan mereka yang terlibat menuntut lebih banyak informasi sebelum mereka dapat memutuskan. Masalah ini seringkali dapat diselesaikan dengan mengumpulkan semua orang untuk memutuskan informasi apa yang benar-benar penting dan mengapa, dan dengan menetapkan skala waktu yang jelas untuk pengambilan keputusan, termasuk tahap pengumpulan informasi.

3. Terlalu Banyak Orang

Membuat keputusan organisasi atau Lembaga itu sulit. Setiap orang memiliki pandangan mereka sendiri, dan nilai-nilai mereka sendiri. Dan meskipun penting untuk mengetahui apa pandangan ini, dan mengapa serta bagaimana pandangan itu penting, mungkin penting bagi satu orang untuk mengambil tanggung jawab untuk membuat keputusan. Terkadang, keputusan apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

4. Kepentingan Pribadi

Proses pengambilan keputusan sering kali gagal karena kepentingan pribadi. Kepentingan-kepentingan pribadi ini sering kali tidak diungkapkan secara terang-terangan, tetapi mungkin menjadi penghalang yang krusial. Karena mereka tidak diekspresikan secara terbuka, sulit untuk mengidentifikasinya dengan jelas, dan karena itu mengatasinya, tetapi kadang-kadang dimungkinkan untuk melakukannya dengan menjelajahinya dengan seseorang di luar proses, tetapi dalam posisi yang sama. Ini juga dapat membantu untuk mengeksplorasi aspek rasional/intuitif dengan semua pemangku kepentingan, biasanya dengan fasilitator eksternal untuk mendukung proses tersebut.

5. Keterikatan Emosional

Orang sering sangat terikat pada status quo. Keputusan cenderung melibatkan prospek perubahan, yang sulit bagi banyak orang. Untuk lebih lanjut tentang mengatasi ini, lihat halaman kami di Manajemen Perubahan, tetapi juga ingat bahwa 'memutuskan untuk tidak memutuskan' juga merupakan keputusan.

6. Tidak Ada Keterikatan Emosional

Terkadang sulit untuk membuat keputusan karena Anda tidak peduli dengan satu atau lain cara. Dalam hal ini, proses pengambilan keputusan terstruktur seringkali dapat membantu dengan mengidentifikasi beberapa pro dan kontra yang sangat nyata dari tindakan tertentu, yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Dan ini bukan masalah dalam perubahan paradigma. Keenam penghambat pengambilan keputusan itu adalah masalah teknis dalam mengkomunikasikan ide untuk menyelesaikan masalah dalam suatu masyarakat. Untuk perubahan paradigma memang perlu resiliensi Ketika mendapat dorongan untuk mundur. Dorongan itu berasal dari faktor motivasi intrinsik yang kuat, nilai-nilai dan prinsip yang telah dimiliki. Bila telah memiliki pondasi nilai kuat dan pemahaman prinsip yang memadai, perubahan yang terjadi sedemikian dahsyatnya tidak akan meruntuhkan nilai yang dimiliki, namun justru akan menguatkan dirinya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dan pada akhirnya, apakah pengaruh pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita?

Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara adalah Pendidikan yang memerdekakan. Tujuan dari Pendidikan adalah kemerdekaan. Merdeka berarti setiap orang boleh memilih apa saja, dengan catatan adanya penghargaan terhadap kemerdekaan yang dimiliki orang lain. Keputusan yg digunakan dan ditindaklanjuti guru dalam pembelajaran hendaknya membelajarkan siswa pengalaman bagaimana dia hidup sebagai makhluk individu dan sebagai makhluk sosial. Intinya dia harus berada dalam keseimbangan antara mahluk sosial dan individu. Dan ini dirangsang oleh guru, dengan cara berinovasi dalam proses pembelajarannya untuk mengaktifkan potensi yang ada dalam diri siswa secara individu dan sosialnya. Cara guru mengambil keputusan itu berpengaruh terhadap pengajaran yang memerdekakan murid. Pengaruhnya adalah pada metode sistem among yang memperhatikan siswanya unutk berkembagm sesuai dengan minatnya, gaya belajar nya dan kesiapan belajarnya. Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Memerdekakan siswa dapat mendorong mereka agar tumbuh menjadi manusia kritis, kreatif, mandiri, serta bertanggung jawab pada lingkungannya.

Hakikat Pendidikan adalah menuntun setiap pembelajar menemukan dirinya sebagai manusia utuh yang tumbuh berkembang untuk memuliakan kehidupan. Formal dan non-formal hanyalah cara dan metode mencapai tujuan itu. Demikian pula cara guru dalam membuat keputusan yang tepat bagaimana menciptakan pengajaran yang memerdekakan siswa itu. Guru harus jeli dalam merancang pengajaran yang mampu memenuhi kebutuhan belajar setiap siswanya. Oleh karena itu, pengambilan keputusan yang dilakukan oleh guru sangat berpengaruh dalam memerdekakan siswa.

Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?

Dengan dukungan dan dorongan, setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dalam beberapa bidang kehidupan mereka. Kualitas, nilai, dan keterampilan yang diinvestasikan di dalamnya selama tahun-tahun pembentukan mereka dapat menentukan kesuksesan hidup mereka dan kesuksesan masa depan masyarakat kita. Pendidikan membahas pentingnya pemberdayaan siswa dan kontribusi keterampilan kepemimpinan terhadap peningkatan hasil, kesehatan, dan kesejahteraan siswa.

Kepemimpinan adalah proses pengaruh sosial, yang memaksimalkan upaya orang lain, menuju pencapaian suatu tujuan. Tidak ada hubungannya dengan senioritas atau posisi seseorang dalam hierarki suatu komunitas atau kelompok; inilah sebabnya mengapa setiap orang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan keterampilan kepemimpinan mereka.

Setiap orang memiliki pengaruh. Setiap orang dapat memimpin dengan caranya sendiri. Namun, banyak anak muda membutuhkan bimbingan dan ruang untuk melatih dan mengasah keterampilan kepemimpinan mereka. Mempelajari berbagai keterampilan dan teknik kepemimpinan sejak usia muda dapat memberi siswa awal yang sangat baik dalam hidup dan memungkinkan mereka untuk mengembangkan kepercayaan diri dan meningkatkan kesejahteraan mental mereka secara keseluruhan.

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa seorang guru yang hebat dapat mengubah hidup seorang siswa. Ada banyak sekali kisah guru hebat yang membuktikan manfaat dari hubungan yang kuat antara pendidik dan murid.

Sebagai beberapa panutan yang paling berpengaruh untuk mengembangkan siswa, guru bertanggung jawab untuk lebih dari sekedar pengayaan akademik. Jika Anda ingin menjadi pendidik yang hebat, Anda harus terhubung dengan murid Anda dan menjangkau mereka di berbagai tingkatan, karena guru terbaik berkomitmen untuk kesejahteraan siswa mereka baik di dalam maupun di luar kelas. Dengan menjalin hubungan yang kuat, pendidik dapat mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan siswa mereka, mengajari mereka pelajaran hidup penting yang akan membantu mereka berhasil melampaui harapannya.

Tidak selalu mudah untuk mengubah kehidupan seorang siswa, itulah sebabnya dibutuhkan seorang guru yang hebat untuk melakukannya. Beberapa hanya membutuhkan dorongan ekstra seperti siswa yang nilai matematikanya hanya beberapa poin dari A; orang lain mungkin mengalami sesuatu yang mengganggu dalam kehidupan pribadi mereka dan membutuhkan seseorang untuk diajak bicara. Apa pun yang dibutuhkan siswa untuk membantu mereka unggul, seorang guru yang mengubah hidup akan ada untuk mereka.

Meskipun Anda akan menghabiskan seluruh karir Anda mempelajari berbagai cara Anda dapat mengubah kehidupan siswa Anda, berikut adalah tiga aspek yang secara langsung dipengaruhi oleh guru-guru hebat:

1. Pendidikan

Seorang guru yang hebat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, karena pelajaran yang merangsang dan menarik sangat penting untuk keberhasilan akademik siswa. Beberapa siswa yang lebih rentan terhadap perilaku buruk, pembolosan atau pelepasan lebih bergantung pada guru yang menarik. Menjadikan ruang kelas Anda sebagai lingkungan belajar yang menyenangkan akan membuat siswa terpesona, dan siswa belajar paling baik saat mereka tertantang dan tertarik. Ini adalah bagian dari memotivasi siswa, yang mungkin tidak mudah, tetapi dapat bermanfaat bagi siswa dalam jangka panjang.

2. Inspirasi

Pernahkah Anda memiliki guru yang menginspirasi Anda untuk bekerja lebih keras atau mengejar tujuan tertentu? Apakah Anda terinspirasi untuk menjadi seorang pendidik oleh salah satu guru hebat Anda sendiri?

Menginspirasi siswa merupakan bagian integral untuk memastikan kesuksesan mereka dan mendorong mereka untuk memenuhi potensi mereka. Siswa yang terinspirasi oleh guru mereka dapat mencapai hal-hal luar biasa, dan motivasi itu hampir selalu melekat pada mereka. Inspirasi juga dapat mengambil banyak bentuk, mulai dari membantu siswa melalui tahun akademik dan tujuan jangka pendek mereka, hingga membimbing mereka menuju karir masa depan mereka. Bertahun-tahun setelah lulus, banyak profesional yang bekerja masih akan menyebut guru tertentu sebagai orang yang memupuk kecintaan mereka pada apa yang mereka lakukan saat ini dan mengaitkan pencapaian mereka dengan pendidik itu.

3. Coaching

Guru juga dapat menjadi sumber coaching terpercaya bagi siswa yang mempertimbangkan keputusan hidup yang penting. Pendidik dapat membantu murid-murid mereka mengejar pendidikan tinggi, mengeksplorasi peluang karir dan bersaing dalam acara-acara yang mungkin mereka pikir tidak mampu mereka lakukan. Siswa sering melihat guru mereka sebagai mentor dengan pengalaman dan pengetahuan, dan, sebagai seorang pendidik, Anda hampir pasti akan dimintai nasihat di beberapa titik selama karir Anda.

Tahukah Anda bahwa satu dari empat siswa putus sekolah atau bahwa setiap sembilan detik, siswa lain putus sekolah? Putus sekolah adalah keputusan yang kemungkinan besar siswa tidak akan datang kepada Anda, tetapi seorang guru yang mahir dapat melihat indikasi bahwa seorang siswa sedang berjuang dan campur tangan sebelum terlambat. Selain mendidik mereka tentang fakta-fakta sulit tentang putus sekolah, guru juga dapat membantu menilai masalah dan mencari alternatif. Dalam situasi seperti itu, guru tidak diragukan lagi memiliki kemampuan untuk mengubah kehidupan siswa.

Apakah kesimpulan akhir yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya?Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil?

Keterkaitan model ini dengan materi pada modul sebelumnya antara lain: Keterampilan coaching akan membantu dengan mengajukan pertanyaan pertanyaan untuk memprediksi hasil dan melihat berbagai opsi sehingga dapat mengambil keputusan dengan baik. Diperlukan kompetensi kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial dan keterampilan berhubungan sosial untuk mengambil keputusan. Diharapkan proses pengambilan keputusan dapat dilakukan secara sadar penuh (mindfull) sadar dengan berbagai pilihan dan konsekuensi yang ada.

Pandangan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil. Yaitu dengan integrasi Pratap Triloka itu sangat penting terutama dalam pengambilan keputusan.

Guru sebagai pemimpin pembelajaran dalam pengambilan keputusan akan berpihak kepada murid melalui pemahaman dan penerapan empat paradigma, tiga prinsip dan sembilan langkah pengambilan keputusan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap gruru penggerak keren

21 Feb
Balas



search

New Post