Dewi Fitrianti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Segar Legendaris Es Puter Ubi Ungu

Segar Legendaris Es Puter Ubi Ungu

Indonesia kaya keanekaragaman budidaya pangan dan pengolahannya. Beberapa komoditi bahan pangan tersedia melimpah ruah. Komoditi tersebut sarat dengan keunikan etnobiologi dan kemanfaatannya. Belum terekspos baik secara fisika, kimia dan biologinya. Sebelum ketersediaan komoditi pangan tersebut tersingkir oleh pembukaan lahan pertanian dan perkebunan karena pesatnya pembangunan infrastruktur, masih sangat perlu bagi para peserta didik milenial untuk dibelajarkan, didekatkan dengan  upaya mempertahankan ketersediaan dan pengolahan pangan tersebut. Sehingga menjadi komoditi pangan primadona kekinian yang mendunia. Membawa harum identitas Indonesia di kancah internasional.

Es Puter adalah santapan olahan segar legendaris yang sangat diminati anak-anak di masa tahun 70-an. Bahkan proses pengolahannya pun sangat hemat energi dengan menggunakan konsep pemanfaatan pelepasan kalor pada benda, hingga menghasilkan zat berupa es. Satu konsep fisika yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Es Puter beraneka warna alami dan rasa otentik Indonesia termasuk rasa otentik ubi ungu atau bahan pangan lainnya dapat dikembangkan dengan sangat luas. Akankah keotentikan itu abadi? Perkembangan teknologi industri yang dikelola pihak-pihak terkait dapat menggeser kekayaan potensi pemanfaantan sumber alam Indonesia.  Adalah tanggung jawab pendidik mengestafetkan keotetikan itu kepada generasi Indonesia selanjutnya.

Sebuah upaya praktis mengestafetkan keotentikan rasa Indonesia kepada generasi milenial mendatang adalah dengan membelajarkan peserta didik melalui pagelaran literasi budaya di sekolah. Tidak perlu ke luar negeri  untuk merasai aneka rasa buah tropik, atau komoditi pangan eksotis itu, tidak perlu kuota untuk melihatnya di youtube juga, dan tidak perlu juga mengimpor bahan pangan itu dari luar negeri. Bagaimana bila kita menguliti keotentikan rasa pangan itu hingga mendunia dengan mengadakan pagelaran literasi budaya di sekolah lengkap dengan proses panen, pengolahan, dan inovasi es puter itu di sekolah? Mari kita pahami  trik membelajarkan keotentikan rasa Indonesia melalui pagelaran literasi budaya dengan mempresentasikan Segar Legendaris Es Puter Ubi Ungu.

Sumber foto : https://www.resepkuerenyah.com/cara-membuat-es-krim-ubi-ungu/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post