Dewi Hajarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mendidik Kejujuran Penuh Kemandirian

Pembelajaran di sekolah dasar sudah berbasis Kurikulum 2013. Di mana dalam penilaiannya sangat banyak dan penuh ketelitian bagi seorang guru. Kreatifitas guru sangat diperlukan demi aktifnya kegiatan di kelas.

Tema lima buku pegangannya mengajarkan kita untuk berwirausaha. Dari tema ini kita sebagai pendidik memberikan pencerahan pada semua murid untuk belajar dan berwirausaha dengan menerapkan ekonomi kreatif dan kejujuran.

Semua murid baik mandiri ataupun kelompok harus berfikir untuk berwirausaha dengan berjualan di kelas ketika istirahat. Mereka melakukan bazar bersama saat istirahat. Untuk membuka kegiatannya. Selanjutnya seluruh dagangan ditaruh di atas meja dengan diberi bandrol harga. Siapa saja boleh membeli. Dengan menerapkan swalayan. Mereka membeli dan menaruh uang ditempat yang sudah ditentukan.

Intinya kejujuran dalam berwirausaha. Mereka dapat membeli makanan atau jajanan yang lain daripada yang lain. Di samping itu makanannya lebih lezat dan bergizi untuk dikonsumsi anak-anak sekolah.

Setiap hari para siswa membawa dagangan yang berbeda-beda dan lebih menarik. Mereka tidak pusing menjajakan dagangannya namun saat pulang akan terlihat pundi-pundi yang menarik sudah siap dibawa pulang.

Penerapan kejujuran dengan kantin kejujuran sangat membantu kita dalam memberikan penilaian pada ranah sikap kepada siswa. Dan siswapun merasa beruntung karena mendapat keuntungan dari barang dagangannya.

Bersambung....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wowwww luar biasa bentuk karakter dengan kantin kejujuran. Sukses selalu dan barakallah

31 Jan
Balas

Terima kasih bu Vivi. Sukses selalu buat bu Vivi...

31 Jan

Setuju Bu apalagi kaitan uang. Termasuk yang tak kaitan uang harus jujur dalam ulangan itu juga penting

31 Jan
Balas



search

New Post