DEWI ISTIQAMAH

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
4 Kompetensi Guru

4 Kompetensi Guru

Tagur Hari ke 99#

4 Kompetensi Guru

Didalam Undang-undang no. 14 tahun 2005, ditegaskan bahwa guru yang profesional hendaklah mempunyai 4 kompetensi. Yaitu, kompetensi Paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Berkaitan dengan Assesmen Kompetensi Guru (AKG) yang tidak lama lagi akan diselenggarakan, ada baiknya kita mengenal sedikit banyaknya tentang kompetensi yang disebutkan dalam Undang-undang tersebut.

Didalam kompetensi paedagogik, menuntut guru untuk memahami kepribadian dan kemampuan peserta didiknya, kelebihan serta kekurangannya. Kemudian juha mencakup kemampuan guru dalam merancang program pengajaran kepada peserta didiknya yang meliputi mulai dari merancang program, melaksanakan dan mengevaluasi program yang sudah dibuat. Apakah program yang dibuat tersebut sudah mengakomodir kebutuhan peserta didiknya.

Selanjutnya kompetensi kepribadian. Kompetensi ini menuntut guru agar menjadi tenaga kependidikan yang mempunyai sikap dan prilaku yang berwibawa, mental yang stabil, mengayomi peserta didiknya, dan mampu bertindak secara arif dan bijaksana dalam tindakannya sehari-hari. Baik di sekolah maupun dirumah. Sikap tersebut hendaknya mempribadi pada diri guru tersebut.

Kompetensi sosial. Kompetensi ini berkaitan dengan kemampuan guru dalam hubungannya dengan siswa, sesama guru, unsur pimpinan, dan orangtua siswa. Guru hendaknya mempunyai komunikasi yang baik dengan semua unsur yang ada disekolah tersebut. Sebab komunikasi yang baik akan membantu guru dalam mengatasi kendala yang timbul dalam proses belajar mengajar.

Terakhir, kompetensi profesional. Didalam kompetensi ini guru dituntut untuk menguasai materi pelajaran atau layanan yang akan diberikan kepada peserta didik. Tidak hanya penguasaan materi, tapi penerapan metode dan media dalam pembelajaran juga menjadi indikator kompetensi profesional.

Padang, 07 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap...guru hebat harus memiliki ke empat kompetensi itu. Salam sehat selalu dan salam Literasi!

08 Oct
Balas

Makasih Bu. Salam literasi

08 Oct

Siip Bunda mantap salam kenal dan sukses selalu

08 Oct
Balas

Salam kenal juga. Salam literasi

08 Oct



search

New Post