Dewi Liyana Katili

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Seri Jakarta Punya Cerita

Seri Jakarta Punya Cerita

Kue Buaya

Rame, jedar jedor, pantun, ciat-ciat, setor sepasang buaya dan anaknya. Itulah upacara pernikahan khas daerah Betawi.

Upacara pernikahan adat betawi menurut saya ringkas, padat, sederhana, lucu dan pastinya menyenangkan. Bahasa yang digunakan segar dan nyantai. Betah deh ngikutin acaranya!

Satu pertanyaan yang menggelayut dipikiran saya. Mengapa buaya jadi perlambang ikatan pernikahan? Buaya kan identik dengan playboy akut. Dan disetiap upacara akad nikah, hal tersebut selalu dijelaskan oleh Bapak Penghulu.

Ternyata, buaya menjadi lambang kesetiaan. Ketika buaya jantan kawin dengan buaya betina, maka buaya jantan itu tidak akan kawin lagi dengan buaya betina yang lain. Sampai maut memisahkan mereka. Oooohhhhh... So sweet bangeeettt...

Adanya sepasang kue buaya lengkap dengan anaknya mengandung arti harapan / doa agar pernikahan hanya berakhir dengan adanya kematian dan lahir anak-anak yang mengikuti tauladan dari orangtuanya.

Pelajaran dari kisah ini tentu saja kesederhanaan mengandung makna yang lebih dalam dan berisi harapan/doa yang lebih sakral dari kesakralan itu sendiri.

Anda mungkin akan menemukan pelajaran hidup yang berbeda dari kisah ini. Jika anda menemukannya, maka beritahulah saya lewat tulisan. 😄

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Playboy akut, hahaha .... Keren istilahnya

29 Mar
Balas

Hehehhehe... Palyboy yang sebanyak sembuh sebanyak kambuh bu...

01 Apr



search

New Post