Dewi Rochmana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengajar Dengan Hati Prestasi Jadi Tinggi
Tantangan Gurusiana

Mengajar Dengan Hati Prestasi Jadi Tinggi

Mengajar Dengan Hati Prestasi jadi Tinngi

Oleh: Dewi Rochmana

Prestasi adalah dambaan semua orang. Para siswa, termasuk juga orangtua akan mengharap prestasi gemilang anak. Orangtua berupaya mendorong putra-putrinya mencari bimbingan belajar, atau ketrampilan yang lain misalnya; olah raga, seni, literasi, dll. Demikian juga guru, berupaya keras untuk meningkatkan kemampuannya dengan cara membaca atau mengikuti pelatihan, dengan harapan akan memiliki kemampuan agar dapat menyampaikan ilmunya kepada siswa yang berujung dengan kemajuan prestasi siswa.

Bantuan pemerintah berupa tunjangan kinerja sangat membantu guru dalam meningkatkan kemampuannya. Perlu disadari bahwa untuk mencapai kemajuan dibutuhkan dukungan finansial. Upaya guru dilakukan dengan berbagai cara, misalnya sambil jalan-jalan belanja buku dan atau mengikuti workshop, yang berbagai macam workshop ditawarkan saat ini. Dengan adanya banyak workshop yang ditawarkan, memungkinkan para guru belajar banyak dengan nyaman. Saat ini workshop dilaksanakan dengan waktu yang lebih fleksibel karena dapat diikuti dari rumah, sehingga dapat sambil mengerjakan tugas lain yang memungkinkan.

Dengan kemampuan guru yang semakin meningkat, akan membuat guru semakin percaya diri pula dalam mengajar. Berbagai workshop termasuk dari media guru, missal tenntang literasi sangat membantu. Banyak ilmu yang di dapat dari pelatihan, dengan banyak narasumber dari berbagai pelatihan, menambah pula ilmu dari pengalaman beliau. Dari ilmu yang lumayan akan membantu kami para guru menjelaskan lebih banyak lagi. Dan hasil dari pelatihan dapat mengajak guru dan siswa menghasilkan karya. Diantara karya tersebut adalah terbitnya buku antologi bersama guru dan siswa.

Prestasi siswa dari berbagai bidang, yang tentunya berasal pula dari bimbingan guru yang ilmunya juga di dapat dari berbagai belajar tambahan. Untuk menghasilkan prestasi di tingkatan yang lebih tinggi, diperlukan ilmu yang lebih tinggi pula. Belajar dari prestasi siswa dari sekolah lainnya akan mendorong guru dan siswa untuk belajar lebih.

Belajar membutuhkan keluangan waktu dan biaya, namun hasilnya akan menggembirakan semuanya, baik orangtua, guru, teman, dan yang bersangkutan. Untuk menyampaikan materi kepada siswa, perlu perlakuan yang tidak sama diantara.mereka. Ada siswa yang perlu menyampaikan dengan tegas, namun ada pula siswa yang menginginkan perhatian dengan penyampaian yang agak pelan. Dengan perhatian dan bimbingan, siswa akan merasa nyaman dalam belajar. Selanjutnya mereka akan belajar dengan penuh semangat. Tidak sedikit siswa yang perlu sanjungan untuk lebih bersemangat. Tidaklah jadi masalah bagi guru untuk menyanjung atas keberhasilan siswa sebagai bentuk apresiasi, namun juga jangan sampai apresiasi untuk siswa tertentu melukai hati siswa lainnya, semua diapresiasi atas kerjanya.

Prestasi sebagai rasa bangga dan memotivasi lebih baik lagi perlu di tingkatkan. Untuk mencapai prestasi siswa, guru perlu meningkatkan kemapuannya. Kemampuan dapat diperoleh dengan berbagai macam cara diantaranya, membaca buku dan sejenisnya, mengikuti pelatihan, mengikuti lomba dengan kemampuan tertentu, dll. Pembimbingan kepada siswa juga perlu memperhatian perbedaannya untuk dapat membimbing mereka dengan lebih baik, yang hasilnya dapat dirasakan oleh semuanya. Besar harapan kita agar negara ini penuh dengan prestasi yang akan membuat semua pihak berfikir lebih positif untuk kemajuan bangsa dan negara, serta kehidupan yang lebih mulia, Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

08 Nov
Balas

Terima kasih admin

08 Nov
Balas

Terima kasih gurusianer

08 Nov
Balas



search

New Post