Dianawati

Berkah Dalem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Meneroka Dapur Pentigraf
Pak Teng Maestro Pentigraf

Meneroka Dapur Pentigraf

Media Guru melaksanakan kegiatan Webinar “Meneroka Dapur Pentigraf” dengan narasumber sastrawan Tengsoe Tjahjono, penemu dan penyair sekaligus Ketua Prodi Pascasarjana Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Surabaya. Beliau menjadi narasumber bersama Pemred Media Guru (MG) Eko Prasetyo. Sebagai host CEO MG M. Ihsan. Sebenarnya ketertarikan mengikuti acara Webinar ini, dikarenakan Pak Teng, begitu panggilannya dulu jaman kuliah di IKIP Surabaya pernah jadi dosen penulis. Dan hampir 25 tahun tidak pernah bertemu, terakhir saat jadi pembina di unit kegiatan mahasiswa dekat SMA di Ketintang. (Pak Teng jelas lupa lah🤗)

Anggota webinar V grup 2 dapat langsung mengikuti melalui fasilitas zoom dan peserta lain di live streaming youtube MG pada hari Sabtu, 20 Juni 2020 pukul 08.00-10.00 WIB.

Sebagai host, M Ikhsan meminta peserta mengundang lebih banyak teman melalui selfie cantik peserta agar dapat belajar bersama melalui chanel youtube Media Guru TV. Kemudian penjelasan random acara yaitu:

Meneroka Dapur Pentigraf bersama Tengsoe Tjahjono,

Kuis interaktif berhadiah buku Meneroka Dapur Pentigraf karya Tengsoe Tjahjono

Informasi majalah Literasi MG dan kelas menulis buku cerita anak I, acara hari Anak Nasional 23 Juli 2020 launching buku bersama peserta pelatihan Sasisabu MG

Pada pukul 08.00 tepat, Tengsoe Tjahjono mulai memaparkan materi Pentigraf ( Cerpen Tiga Paragraf) sampai jam 09.00. Hal pokok yang dibahas antara lain: latarbelakang Pentigraf mulai disukai masyarakat umum dan aturan menulis Pentigraf. Bagaimana Pentigraf bisa membawa tokoh sebagai penggerak alur cerita yang mengejutkan, dijelaskan dengan apik melalui contoh yang diberikan pak Teng.

Dari pukul 09.00- 09.30, Eko Prasetyo melanjutkan materi perbedaan Karmina (Pantun Kilat), Haiku, Puisi Tiga Bait serta Pentigraf Dua Sisi. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar Pentigraf sampai selesai pukul 10.00 pagi.

Dengan kegiatan ini harapan menambah pengetahuan gurusianer tentang Pentigraf semoga segera terwujud. Setiap penulis dapat menemukan letak kekurangan Pentigraf yang ditulisnya dan bisa memperbaiki dengan sering berlatih menulis.

Luar biasa!!!

Sukses dan salam literasi.

Rumah Ungu, 22 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post