Dian Fauziah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

BUDAYA POSITIF

Oleh : Dian Fauziah, S.Pd

CGP angkatan 7

SDN Pulogading 02

 

FACTS (PERISTIWA)

Pembelajaran pada modul 1.4 masih sama, kami belajar di LMS secara mandiri dimulai dengan kegiatan mulai dari diri/eksplorasi konsep dengan menjawab beberapa pertanyaan yang ada di LMS. Selanjutnya berdiskusi secara daring di LMS di ruang kolaborasi dengan membahas kasus-kasus yang telah disediakan dan memberikan jawaban pertanyaan pemantik tentang penyelesaian kasus tersebut.

Diruang kolaborasi kami diminta untk memaparkan hasil diskusi dan saling memberikan masukan dan tanya jawab dari hasil diskusi setiap kelompok dengan dipandu oleh bapak fasilitator. Setelah kolaborasi selesai dilanjutkan dengan demonstrasi kontekstual dengan membuat skenario kasus yang tidak sesuai dengan keyakinan kelas yang dialami murid dengan beserta cara penyelesaiannya kemudian dipraktikkan dan didokumentasikan berupa video dan diunggah di youtube.

selanjutkan elaborasi pemahaman yang dipandu oleh instruktur dan dilanjutkan dengan mengerjakan tugas koneksi antar materi modul 1.4 beserta refleksi dan rancangan pelaksanaan aksi nyata. Kegiatan selanjutnya adalah pelaksanaan aksi nyata dan dilanjutkan dengan Post tes.

FEELINGS (PERASAAN)

Setelah mempelajari modul 1.4 saya merasa senag sekali karena mendapat ilmu baru, dan saya merasa tertantang untuk menyelesaikan permasalahan di kelas dengan posisi kontrol sebagai manager.

saya senang dapat mempelajari teori kontrol, tiga motivasi perilaku manusia, hukuman, penghargaan, posisi kontrok, kebutuhan dasar manusia, bertahan hidup. kasih sayang dan diterima, kebebasan, kesenangan dan penguasaan, keyakinan kelas dan segitiga restitusi. semua ilmu tersebut sangat berharga bagi saya. Dari modul ini saya belajar tentang menyelesaikan/menghadapi sebuah kasus.

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Pembelajaran yang saya dapat dari modul 1.4 adalah

1. Setiap orang mempunyai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. mereka akan memenuhi kebutuhan dasar tersebut dengan berbagai cara, mereka bisa saja melakukan hal-hal tidak sesuai dengan kebajikan untuk memenuhinya.

2. Saya mendapat ilmu baru yaitu keyakinankelas. sebelumnya yang saya tahu adalah peraturan kelas. keyakinan kelas berupa keyakinan universal yang disepakati bersama. keyakinan bersifat lebih luas dari peraturan.

3. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan segitiga restitusi.

4. Dengan melakukan segitiga restitusi, kita dapat menggiring siswa untuk mempertanggungjawabkan kesalahannya.

FUTURE ( PENERAPAN )

Sebagai tindak lanjut setelah memahami modul 1.4 saya akan:

1. Saya akan membiasakan diri saya melakukan kebiasaan positif yang nantinya saya tularkan kepada anak didik saya.

2. Dalam menghadapi kasus/masalah saya akan berfikir lebih jernih dan akan berusaha tidak mengedepankan emosi.

3. Setiap orang itu berbeda dan mempunyai tujuan hidup yang berbeda, untuk itu saya akan menghormati dan menghargai orang lain.

4. Saya akan berusaha pada posisi kontrol manajer dalam menyelesaikan masalah.

5. saya akan mempraktikkan segitiga restitusi.

6. saya melakukan diseminasi kepada seluruh warga sekolah terkait budaya positif.

 demikianlah jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.4 tentang budaya positif

sekian dan terimakasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tetap semangat meski berjejal jadwal ya Bun

09 Jun
Balas



search

New Post