Dian Fauziah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan modul 3.2

Oleh : Dian Fauziah

CGP angkatan 7

SDN Pulogading 02 Kab. brebes

Assalamualaikum wr wb

Model Refleksi 4 C

Connection

Pada modul 3.2 ini, saya mempelajari tentang pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya dimana sebagai seorang pemimpin, kita hendaknya selalu menerapkan Asset Bassed Approach atau pendekatan berbasis aset (kekuatan) bukan sebaliknya.

Disini saya juga mempelajari berbagai macam modal aset yang dimiliki oleh sekolah, sehingga saya dapat memetakannya sesuai dengan jenisnya dan ketika dibutuhkan dapat digunakan secara lebih akurat.

Dengan mengetahui dan memahami asset based approach dan macam - macam aset, saya lebih yakin dalam mengelola dan memanfaatkan aset yang ada dalam pengembangan sebuah program yang mendukung student agency.

Chalenge

Sebelum mempelajari modul ini, saya selalu berfikir bahwa aset yang ada di sekolah saya sangat minim dan tidak mendukung untuk mewujudkan program yang berdampak pada murid, namun ternyata pemikiran yang saya miliki ini salah. Saya seharusnya memanfaatkan apa yang ada untuk mewujudkan pelaksanaan program -program yang berdampak pada murid.

Concept

Konsep utama dan penting yang saya pelajari dalam modul ini, bahwa dalam mengelola sumber daya yang ada di sekolah hendaknya kita selalu menerapkan asset based approach atau pendekatan berbasis aset. kita harus memandang apa yang kita miliki sebagai suatu kekuatan sehingga kita dapat memanfaatkannya secara maksimal guna mendukung program -program yang berdampak pada murid.

Change

setelah mempelajari modul ini, saya merefleksikan diri saya yang ternyata selama ini belum menerapkan asset based approach. untuk itu saya akan memulai menerapkan perubahan - perubahan yakni

Berdiskusi dengan rekan sejawat, kepala sekolah, komite, wali murid,dan murid guna memetakan aset yang ada di sekolah Hasil dari diskusi tersebut akan saya gunakan untuk menganalisis dan membuat program yang berdampak pada murid sesuai dengan aset yang ada.

Demikian jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat

wassalamualaikum wr wb

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post