Dian Fauziah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mulai dari diri modul 2.3

Mulai dari diri modul 2.3

Pertanyaan - pertanyaan refleksi sesi mulai dari diri sendiri modul 2.3

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Perasaan saya ketika diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah,Saya merasa menjadi tidak percaya diri terbesit difikiran adanya rasa khawatir, gugup, panik dan takut. Walaupun saya sudah siap dengan administrasi pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP, media pembelajaran, instrument penilaian, daftar hadir siswa ).

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut?

perasaan pada awal obeservasi atau supervisi

Pada awal pelaksaan obervasi saya merasa khawatir, gugup, panik dan takut salah. walaupun saya sudah menyiapkan semua perlengkapan dan administrasi untuk pelaksanaan observasi atau supervisi.

perasaan setelah observasi atau supervisi

Setelah pelaksanaan obeservasi atau supervisi, saya mendapatkan masukan dan saran dari kepala sekolah. Masukan dan saran yang saya terima saya jadikan bahan evaluasi diri sehingga dapat memperbaiki kekurangan untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Menurut saya seorang supervisor hendaknya menjadi among dan teladan bagi supervisee. Supervisi akademik itu bisa menjadi tolak ukur bagi seorang guru dalam memperbaiki kekurangannya dan kekuatannya yang nantinya akan kita gunakan untuk memfasilitasi murid untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna serta memberikan pembelajaran dengan rasa aman, nyaman dan menyenangkan. Dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah harus bersifat objektif, profesional dan menghargai pendapay guru. Sebagai guru yang di supervisi hendaknya menerima dengan senang hati masukan dari supervisor sehingga dapat digunakan sebagai bahan perbaikan.

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika saya menjadi kepala sekolah dan harus melakukan supervisi, maka posisi saya ada pada skala 6. karena menyupervisi merupakan hal baru bagi saya, oleh karena itu saya masih perlu belajar dan praktik.

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Aspek yang saya butuhkan untuk mencapai situasi ideal adalah menambah pengetahuan tentang coaching untuk supervisi akademik, meningkatkan keterampilan berelasi dengan menjalin komunikasi yang baik.

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini : Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul 2.3 tentang coaching supervisi akademik, saya berharap mampu memahami seluruh materi dan mampu untuk mengimplementasikan praktik baik di lingkungan sekolah. saya juga berharap mampu berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk memperbaiki mutu pendidikan di lingkungan sekolah.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang saya harapkan : adanya kolaborasi praktik baik bersama fasilitator, pengajar praktik, instruktur serta rekan-rekan CGP yang lainnya.

Materi yang saya harapkan : menjelaskan tentang prinsip coaching dan teknik coaching supervisi akademik.

Manfaat saya harapkan : mampu meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang pendidik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terus berkarya.... Semangat....!!!

09 Mar
Balas



search

New Post