Dian Garini Lituhayu

Lahir dan tumbuh di Kota Samarinda, aku rapat dengan budaya Melayu yang kental mewarnai kehidupan pinggiran Sungai Mahakam. Berkeseharian sebagai ibu dan ibu gu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Angsa Gono Gini

Angsa Gono Gini

Angsa Gono Gini

Angsa itu burik bulunya. Coklat kelabu dengan bintik hijau gelap. Paruhnya bukan coklat pastel tapi warna kopi keruh dengan totol putih yang nampak seperti jamur kulit. Setiap hari Marni menyiapkan pakan terbaik untuk angsa kesayangannya itu. Angsa itu suka ikan cincang dengan sedikit dedak dan kelor tua. Setiap tiga hari sekali, angsa burik itu memberi Marni hadiah. Sayangnya, angsa itu jadi seperti harta gono gini kini.

Marni yang berkaki satu itu bekerja sedemikian keras untuk menghidupi dirinya dan angsa buriknya. Kakinya yang satu, harus diamputasi saat mantan suaminya yang pemburu menembak kakinya karena Marni menolak dipukuli setiap hari. Mantan suaminya masuk bui, Marni hidup dengan dua tangan dan satu kaki. Menjelang umurnya empat puluh lima, Marni mendadak kaya raya. Rumah ulin megah dengan pekarangan luas dan pesawat pribadi yang bisa membawanya kemana-mana.

"Aku ingin angsa burik itu menjadi milikku, dan kamu akan bebas dariku.." Suara itu pernah membuat Marni gentar sampai ia sempat benci hidupnya sendiri. Tanpa beradu tenaga dan emosi Marni memberikan keranjang berisi angsa burik itu ke tangan lelaki yang membuat buntung kakinya. Marni berlalu, terbang dan tersenyum. Angsa burik itu telah memberinya 500 telur emas. Telur yang ke 501 adalah kejutan. Tentunya bukan untuk Marni. Seperti bisiknya pada si angsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post