Dian Intan Marsifa fauzia, S.Pd. SD

Guru di SDN 25 Membalong Belitung ...

Selengkapnya
Navigasi Web
SARIKAYA JAJANAN LEGENDA DI TANAH RENGASDENGKLOK
Sarikaya jajanan legenda di tanah rengasdengklok

SARIKAYA JAJANAN LEGENDA DI TANAH RENGASDENGKLOK

Sarikaya Jajanan Legenda di Tanah Rengasdengklok

#TantanganGurusiana

Tantangan Hari ke-26

Apakah yang pertama kali terlintas dalam benak para pembaca tentang nama “Sarikaya”?buah, kue, puding, sayuran ataukah nama orang? Yah, betul sekali jawaban anda benar!hehe,,,. Sepintas nama tersebut seperti salah satu nama buah yang bentuknya seperti granat atau sarikaya jajanan khas Palembang.

Namun sarikaya jajanan khas Rengasdengklok kabupaten Karawang berbeda dengan yang lain. Yang menjadikan alasan kudapan ini melegenda dan sangat istimewa adalah kemunculannya hanya pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Itulah mengapa makanan ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat rengasdengklok. Pada dasarnya sah-sah saja Sarikaya ini di buat pada hari-hari biasa tapi rasanya tak akan seistimewa ketika menyantapnya di hari lebaran bersamaan dengan berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Berbahan dasar dari mulai pisang muli,roti tawar, telur, gula pasir, santan, agar-agar, daun pandan. Cara membuatnya cukup mudah ko, pertama roti tawar sebanyak dua lembar atau sesuai selera disusun di dalam sebuah wadah atau rantang yang tahan panas lalu kemudian roti yang ada di dalam wadah rantang disiram dengan santan yang sebelumnya dicampur dengan gula pasir dan putih telur setelah itu disiram kembali dengan agar cair.

Perlu menunggu beberapa jam hingga agarnya mengeras baru deh jajanan khas Rengasdengklok dapat disantap. Jajanan ini akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin setelah disimpan dalam kulkas. Dijamin bakal ketagihan hehe,,,seperti saya yang akhirnya kecanduan saat mencicipi Sarikaya buatan Ibu mertua.

Rasa manis gula pasir bercampur santan bersatu menjadi unik dan enak. Rasa pisang dan roti tawarnya pun tak hilang karena tertutup agar yang mengeras di atasnya. Kudapan ini seperti merecharge kondisi tubuh setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Penasaran dengan kudapan ini? Silahkan berkunjung ke rengasdengklok di kota Karawang pada saat Hari Raya Idul Fitri. Catat !! Tempat dan waktunya jangan sampai salah karena hanya di sanalah Sarikaya ini akan dapat ditemui.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bunda...salam kenl ya sy dri belitung. Iya bun jajanannya manis bgt legit pisangnya lembut santan sma rotinya

10 Feb
Balas

Ibu... Saya suka peganan ini... Manis legit

10 Feb
Balas



search

New Post