Dian Islamiati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Apasih perbedaan karya tulis ilmiah dan non ilmiah itu?

Apasih perbedaan karya tulis ilmiah dan non ilmiah itu?

Sebagai seorang mahasiswa yang berkecimpung didunia pendidikan, kita harus mampu membedakan antara penulisan karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah.

karya tulis ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi, atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori dan bukti-bukti empirik.Sedangkan karya tulis non ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subjektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

Sifat-sifat karya tulis ilmiah : 

1. Mengacu kepada teori

     Artinya karangan ilmiah wajib memiliki teori yang dijadikan sebagai landasan kerangka pemikiran atau acuan dalam pembahasan masalah.

2. Berdasarkan fakta

     Artinya setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya dan konkret.

3. Logis.

     Setiap keterangan selalu dapat ditelusuri, diselidiki, rasional dan dapat diterima akal.

4. Objektif

     Senantiasa faktual dan apa adanya, serta tidak diintervensi oleh kepentingan pribadi maupun golongan

5. Sistematis

     Baik penulisan maupun pembahasan dalam karangan ilmiah disajikan secara rutin, teratur, kronologis, terurut dan tertib.

6. Valid

     Artinya baik bentuk maupun isi karangan sudah sah dan benar menurut aturan ilmiah yang berlaku.

7. Jelas

     Artinya karangan harus jelas sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dan keragu-raguan dalam benak pembaca.

8. Tutas

      Pembahasan dalam karangan harus sampai ke akar-akarnya, supaya karangan tuntas, pokok masalah harus dibatasi tidak boleh terlalu luas.

9. Bahasanya harus baku

10. Penulisan sesuai dengan aturan standar ( nasional / internasional)

Sifat-sifat karya tulis non ilmiah:

1. Emotif

merupakan kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi.

2. Persuasif

merupakan penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca, mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative.

3. Deskriptif 

merupakan pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif.

4  Jika kritik adakalanya tanpa dukungan bukti.

Secara definisi saja penulisan karya tulis limiah dan non ilmiah itu berbeda, kemudian diperkuat oleh sifat-sifatnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post