Dian Isyarini Pemiluwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengepul Sertifikat (Part 5  Diklat Daring P4TK Pertanian)

Pengepul Sertifikat (Part 5 Diklat Daring P4TK Pertanian)

Pengepul Sertifikat (Part 5 Diklat Daring P4TK Pertanian)

Tantangan Hari ke- 17

# TantanganGurusiana

Diantara padatnya jadwal diklatku, tiba-tiba muncul link satu diklat baru dari rekan kerja satu kantor ibu Jamilah,S.P, yang menyatakan akan di buka diklat dari P4TK Pertanian Cianjur. Apa sih kepanjangan dari P4TK Pertanian Cianjur itu?, P4TK Pertanian Cianjur adalah Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan pendidik dan Tenaga Kependidikan khusus di Bidang Pertanian yang berada di kota Cianjur Jawa Barat. Diklatnya elit karena hanya di ikuti oleh kalangan tertentu saja. Siapa saja yang boleh ikut diklat itu di masa sebelum COVID-19 menyerang?, yang boleh ikut adalah semua guru-guru pertanian utamanya yang mengajar di bidang produktif. Saat itu aku sempat di tolak dua kali diklat di P4TK Pertanian Cianjur hanya karena SIM PKB ku adalah bidang kewirausahaan.Ternyata saat wabah COVID-19 melanda, banyak diklat online menjamur termasuk salah satunya yang mengumumkan diklat online saat COVID-19 melanda adalah P4TK Pertanian Cianjur. Diklat yang diadakan sifatnya ada yang umum dan ada yang khusus bidang pertanian. Akhirnya kupilih diklat Pengujian Mutu Benih yang merupakan diklat bidang pertanian. Apa saja yang harus dilakukan pada diklat ini. Pertama kita harus mendownlot aplikasi SIMFAL atau disebut juga Sistem Informasi Managemen Fasilitasi, diaplikasi itu kita bisa mendaftar pelatihan apa yang kita inginkan dan ada berbagai macam bidang. Aplikasi ini digunakan untuk diskusi,presensi dan belajar mandiri dengan cara literasi modul yang di share oleh pihak penyelenggara yaitu P4TK Pertanian Cianjur dan pengumpulan tugas dengan cara upload kegiatan praktik mandiri di tempat masing-masing. Bagaimana dengan Diklat Pengujian Mutu Benih? Ternyata cukup rumit, kita harus melakukan uji daya kecambah, uji kemurnian benih dan uji kadar air benih. Benih yang digunakan adalah benih jagung dan benih kacang hijau. Dibutuhkan berbagai macam alat untuk ketiga pengujian tersebut diantaranya adalah germinator untuk alat penguji daya kecambah dan moisture meter untuk alat penguji kadar air benih, sedangkan untuk uji kemurnian benih kita tidak membutuhkan alat khusus.

Kita bahas satu persatu mulai dari yang pertama yaitu analisis kemurnian benih.Pada analisis ini kita harus tau jenis tanaman dan nama latinnya serta varietasnya, selain itu kita harus timbang berapa berat contoh kirim, contoh kerja, kemudian setelah itu kita harus tau berapa berat benih murni(BM) berat benih tanaman lain (BTL) dan Berat Kotoran Benih(KB). Pada analisis ini kita juga dituntut tau mengenai perhitungan hasil analisis kemurnian benih berapa faktor kehilangan, persentase benih murni(BM), persentase Benih tanaman lain(BTL), dan persentase kotoran benih (KB).

Kedua kita bahas mengenai analisi daya kecambah, pada analisis ini kita mulai dengan penyiapan alat dan bahan, kemudian kita siapkan media substrat perkecambahan benih, selanjutnya kita lakukan penataan benih pada media subtract perkecambahan selanjutnya kita lakukan pelipatan gulungan media subtract perkecambahan.Masing-masing gulungan kita beri label sampai empat kali ulangan sesuai petunjuk praktikum kemudian kita masukkan dan kita tata gulungan media subtract perkecambahan pada germinator, terakhir kita lakukan identifikasi evaluasi kecambah normal,abnormal, benih keras,benih segar dan benih mati. Ketiga untuk uji kadar air benih kita menggunakan alat moisture meter dengan tahapan contoh kirim yang ada kita homogenkan kemudian diambil contoh kerja sesuai dengan tipe moisture meter lalu lakukan pengukuran kadar air dengan moisture meter, kemudian catat nilai kadar air dan hitung presentase KA dengan rumus yang sudah ditentukan kemudian lakukan pelaporan hasil analisis kadar air benih. Demikian rangkaian Diklat online Pengujian Mutu Benih yang diadakan P4TK Pertanian Cianjur dan khusus dklat ini diikuti oleh empat orang guru produktif SMK PP Negeri 1 Tegalampel yaitu ibu Dewi Yulita,S.P.,M.Sc, ibu Mariyari Tri Astutik,S.P, Bapak Sony Firdaus,S.P dan saya sendiri ibu Dian Isyarini Pemiluwati,S.P.,M.P. Trima kasih team hebat mutu benih hari ini, sangat luar biasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren.. Semoga niatnya mendapatkan ridho Allah SWT.. Salam

10 May
Balas



search

New Post