Dian Khoirirom

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
 Berinovasi Dalam Dunia Pendidikan ( Tantangan menulis Gurusiana hari ke 99  )
Berinovasi Dalam Dunia Pendidikan

Berinovasi Dalam Dunia Pendidikan ( Tantangan menulis Gurusiana hari ke 99 )

WEBINAR INTERNET PENDIDIKAN " BERINOVASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN "

JAKARTA –Webinar Internet Pendidikan Jabodetabek 2020 yang bekerjasama dengan Indosat menyelenggarakan Seminar dengan Tema “Webinar Internet Pendidikan” yang dilaksanakan Live Streaming, Selasa 2 Juni 2020 Pukul. 09.00 – 12.00 WIB.

Seminar ini dihadiri oleh Ketua LPMP DKI Jakarta, Moch Salim Somad S.Kom dan Perwakilan dari Indosat Ibu Eva.

Nara sumber dalam seminar tersebut yaitu Haryanto, S.Kom, M.Si ( LPMP DKI Jakarta }, Valeria Sonata S.Si, MM, M.Th ( Guru SMA Jakarta }, Tuti Agiawati , S.Pd. MM. ( Kepala Sekolah SDN Rambutan 03 Jakarta ), Dr. Asep Sutisna Sanjaya ( Guru SDN Klender Jakarta ), M Ihsan sebagai moderator.

Dalam pemateri yang disampaikan oleh Ketua LPMP DKI Jakarta, Moch Salim Somad S.Kom. menyatakan bahwa beliau memberikan apresiasinya kepada Media Guru Indonesia terutama kepada M Ihsan yang telah berhasil menciptakan guru- guru yang ada di Indonesia untuk bisa melakukan hasil karyanya berupa tulisan di Media Guru. Menurut beliau keterkaitannya dengan Internet Pendidikan sangat mendukung, namun adanya keterbatasan dalam dalam pemanfaatan jaringan internet dan masalah biaya ini yang menjadi tantangan di era sekarang. Dan beliau mengingatkan kembali kepada semua guru bahwa Peran seorang guru tidak dapat digantikan oleh tekhnogi apapun, karena tekhnogi hanya sebagai sarana dalam melalsanakan kegiatan sedangkan keberadaan seorang tetap menjadi prioritas utama dalam kegiatan pembelajaran.

Sementara dari pihak Indosat yang saat itu diwakili oleh Ibu Eva sangat mendukung acara ini dan beliau mengapresiasi dan mensuport kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini oleh moderator mempersilahkan untuk nara sumber yang pertama Haryanto , S.Kom. M.Si. ( LPMP DKI Jakarta ), yang memaparkan tentang penggunaan Aplikasi dalam pembelajaran, hal ini berkaitan dengan keadaan bangsa Indonesia dalam menghadapi Pandemi Covid 19, kita dituntut untuk bisa berkreativitas dan mampu mengaplikasikan internet dengan menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh ( Learning Managemen System ) salah satunya dengan menggunakan aplikasi Geogle Class Room.

Untuk nara sumber yang kedua Valeria Sonata S.Si, MM, M.Th ( Guru SMA Jakarta ), beliau memaparkan tentang Aplikasi Virtual Reality ( VR ), dimana VR ini menurutnya tidak memerlukan peralatan yang khusus yang hanya di buat dengan menggunakan laptop dan jaringan internet yang baik. Cara kerja VR sangat disukai oleh siswa hal ini sudah beliau lakukan dengan menggunakan aplikasi simulasi prakterk dalam PJJ.

Nara sumber yang ketiga Tuti Agiawati S.Pd, MM ( Kepala Sekolah SDN 03 Rambutan Jakarta ), yang memaparkan tentang GSE, beliau menjelaskan dengan penggunakan GSE ini ada beberapa cara agar dapat mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran PJJ agar menghilangkan rasa kejenuhan. Ada 4 cara dalam penggunakan GSE ini, yang akhirnya beliau kemas dalam bentuk kalimat “ASIK “. ( Aktif, Sharing, Inovatif, Kreatif ). Aktif adalah menggunakan GSE dalam mengkomunikan dan menganalisis, Sharing adalah bisa dilakukan dengan tutor sebaya sehingga bisa mengetahui hasil pembelajaran, Inovatif adalah bisa berkreasi misalnya saat Pandemi seperti ini bisa membuat poster, video cara hidup sehat dan lain-lain, Kreatif adalah dapat memadukan dan memodivikasi materi ajar yang kita miliki dengan keadaan yang terjadi saat ini.

Selanjutnya nara sumber yang keempat Dr. Asep Sutisna Sanjaya ( Guru SDN 03 Klender Jakarta ), beliau memaparkan tentang Hyponoteaching Daring yang bisa memicu kreatif siswa dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari Hyponoteaching ini adalah untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa tidak jenuh dan bisa menghasilkan produk yang kreatif.

Di akhir acara kegiatan ini oleh moderator diberikan sesi tanya jawab yang berkaitan dengan seminar ini. Dalam pelaksanaan seminar diharapkan kepada guru-guru yang ada di Indonesia dapat meningkatkan kreativitas dalam dunia pendidikan dan salah satu contohnya dengan mengikuti kegiatan seminar ini yang diadakan oleh Webinar. Terakhir dari acara ini dengan Testimoni yang diharapkan kepada peserta bisa mengubah Karya Tulis Ilmiah menjadi sebuah buku, hal ini dilakukan agar para peserta giat untuk menuliskan buku. Diharapkan semua peserta yang mengikuti acara ini mendapatkan pembelajaran yang berharga, bisa menjadi mediator, fasilisator dan motivator bagi peserta didik.

- Tantangan menulis Gurusiana hari ke 99

- Webinar Media Gru Indonesia Jabodetabek

- Indosat im3ooredoo

- Facebook Mediaguru Indonesia

- Youtube https://youtu.be /eknw C7E07KO

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportasenya keren Bu, sukses selalu

05 Jun
Balas

Terimakasih bunda mohon di follow yah

05 Jun



search

New Post