Dianna Ummijathie, S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kado Awal Tahun 2023

Kado Awal Tahun 2023

 

                                                Oleh: Dianna Ummijathie

 

Hari ini Selasa, 3 Januari 2023 bertempat di halaman MAN Bondowoso, untuk kali ketiga saya menerima penghargaan penulis buku dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso. Rasa syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat campur tanganNya saya bisa sampai di titik ini. Penyerahan piagam penghargaan tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-77 tahun 2023.

Piagam ini bukan hanya sebagai kado di awal tahun, tetapi juga menjadi pemicu untuk terus belajar dan berkarya. Di sela-sela kesibukan sebagai pengajar, saya berupaya menyempatkan diri menulis di komunitas, mengikuti lomba, nulis bareng (nubar), dan menulis di majalah. Tujuannya untuk mengasah kemampuan menulis dan memperbaiki kualitas tulisan.

Sepanjang tahun 2022, saya menulis 20 buku antologi, yaitu antologi GLB, lomba MediaGuru, Nobaper, nubar Gol A Gong, nubar salah satu penerbit di Bali, dan yang terakhir nubar Wabup Sumenep. Total buku yang saya tulis sejak 2020 hingga sekarang sebanyak 60 judul buku berupa buku antologi dan solo. Selain itu, saya juga menulis reportase yang dimuat di majalah MPA Kanwil Kemenag Jawa Timur, menulis cerpen untuk majalah Elipsis, serta 2 esai dan resensi buku dimuat di Majalah Literasi Indonesia. Semua yang saya peroleh itu tidak lantas membuat saya berhenti berkarya. Saya akan terus belajar kepada senior maupun yunior. Bagi saya, usia bukan halangan untuk belajar.

Di komunitas Griya Literasi Bondowoso (GLB) saya berusaha aktif menulis serta ikut setiap ada momen nulis bareng, sehingga 4 judul buku dari GLB sudah saya miliki. Buku terakhir yang terbit di Desember 2022 berjudul Meronce Kisah Terserak, ditulis oleh 26 anggota. Berkat keaktifan menulis, sebanyak 19 anggota GLB menerima piagam penghargaan dari Kepala Kemenag Bondowoso.

Di madrasah, saya menularkan virus menulis kepada siswa. Mereka sangat antusias ingin belajar, sehingga secara bertahap di tengah jam istirahat saya memberi bimbingan kepada mereka. Saat ini sebanyak 25 tulisan telah terkumpul dari 20 siswa kelas 5 dan 6 yang ditulis saat liburan sekolah. Beberapa siswa kelas 4 juga punya keinginan untuk menulis. Ke depan tulisan-tulisan tersebut akan saya bukukan agar siswa tetap semangat menulis, serta dapat menginspirasi siswa lainnya. Semoga dimudahkanNya.

Impian saya di 2023 ini, saya ingin menulis buku solo dan antologi. Mengajak lebih banyak lagi siswa untuk gemar membaca dan menulis, serta mewujudkan madrasah yang literat. Bersama-sama anggota komunitas untuk menulis buku lebih banyak lagi.

Terima kasih saya sampaikan kepada para motivator GLB, teman-teman sesama anggota komunitas yang telah menginspirasi saya, MediaGuru yang membuat saya tersesat di jalan yang benar yaitu dunia literasi, serta Kantor Kemenag Bondowoso atas apresiasi yang telah diberikan.

 

Bondowos, 3 Januari 2023.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap dan keren

03 Jan
Balas

Terima kasih, Bu

03 Jan

Selamat bu

03 Jan
Balas

Terima kasih, Pak.

03 Jan

Selamat bu

03 Jan
Balas

Selamat bu

03 Jan
Balas



search

New Post