Dianna Ummijathie, S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SELAYANG PANDANG GRIYA LITERASI BONDOWOSO

SELAYANG PANDANG GRIYA LITERASI BONDOWOSO

Oleh: Dianna Ummijathie, S.Pd.

.

Sejak dibentuk pada 4 September 2020, untuk pertama kalinya komunitas Griya Literasi Bondowoso (GLB) mengadakan halalbihalal yang dilaksanakan Kamis, 26 Mei 2022, pukul 09.00 – 12.00 WIB. Acara berlangsung di lantai 2 Café Brojo Pancoran Bondowoso dan dihadiri kurang lebih 35 orang yang terdiri dari anggota, pengurus, serta tamu undangan. Para tamu undangan tersebut di antaranya yaitu Juni Damayanti, S.Pd., Guru SMKN 3 Bondowoso, Juli Astuti, S.Pd., Guru SDN Dabasah 1 Bondowoso, Ruhaniyah, S.Pd., Pengawas SD Kec. Grujugan, serta Afifah, salah satu pengasuh PP. Al-Islah Bondowoso. Selain itu hadir pula motivator GLB Ali Harsojo, M.Pd. dari Sumenep.

Momen halabihalal ini dijadikan sebagai ajang temu muka dan untuk menjalin persaudaraan antarsesama anggota GLB, yang sebagian besar belum saling mengenal. Acara dikemas secara sederhana namun sangat berkesan. Tempat yang dipilih juga nyaman, apalagi panitia menyediakan buku gratis dan souvenir berupa dompet serta snack yang diletakkan dalam satu tas. Disediakan pula kopi dan teh panas untuk peserta.

Tepat pukul 09.30 acara dimulai dengan pembukaan sekaligus sambutan pertama oleh Ketua GLB, Dianna Ummijathie, S.Pd. Pada kesempatan itu, Dianna menyampaikan bahwa anggota GLB tidak hanya dari kalangan guru, tapi juga siswa, kepala madrasah, pengawas baik di lingkungan Kemenag. maupun Diknas, karyawan BUMN, pengusaha, bahkan ibu rumah tangga. Mereka bergabung GLB untuk belajar menulis, dari tidak bisa menjadi bisa menulis. Namun, banyak pula sebelum gabung GLB sudah menjadi penulis andal, bahkan telah menerbitkan beberapa buku seperti Khatijah, S.Pd., Antriyani, S.Pd., Maimuna, S.Pd. Dianna juga mengenalkan nama-nama pengurus GLB yaitu:

1. Pembina: Husnul Hafifah, S.Pd. (Pengawas Madrasah jenjang MTs.)

2. Ketua: Dianna Ummijathie, S.Pd. (Guru MI)

3. Sekretaris 1: Ahmad Prasetyo Aji, S.Pd. (Guru MTs.)

4. Sekretaris 2: Azizah Nuraini, S.Pd. (Guru MAN)

5. Bendahara: Endang Suharmiyati, S.Pd. (Pengawas Madrasah jenjang MA)

6. Ketua Bidang Pengembangan SDM: Sutikno, S.Ag. (Guru MTs)

7. Ketua Bidang Komunikasi dan Media: Anang Indariyanto, S.Pd. (Kepala MA)

8. Kurator: Sri Ariefiarti Wijaya, S.Pd. (Guru MTs.)

9. Motivator: 1. Ali Harsojo, M.Pd. (Penggiat Literasi Sumenep)

2. Febry Suprapto, M.Pd.I. (Instruktur Nasional MediaGuru)

Sambutan kedua disampaikan oleh Husnul Hafifah, S.Pd. selaku Pembina GLB. Husnul menceritakan awal terbentuknya GLB bermula dari kekhawatiran akan kurang gregetnya budaya berliterasi di kalangan masyarakat Bondowoso. Untuk itu, Husnul, Dianna, dan Aji berinisiatif membentuk grup komunitas menulis di WhatsApp yang semula hanya diperuntukkan bagi siswa, guru, kepala, dan pengawas di bawah naungan Kemenag. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka yang di luar Kemenag. ingin bergabung GLB, maka sejak saat itu diputuskan anggota GLB untuk umum.

Husnul juga menyampaikan bahwa tujuan dibentuknya GLB, untuk menumbuhkembangkan budaya literasi masyarakat Bondowoso. Visinya, menjadikan GLB sebagai pelopor dan penggerak dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berliterasi, serta memberikan sumbangsih dalam membangun SDM yang lebih gemilang.

Program kerja GLB yang telah dilaksanakan antara lain mengadakan pelatihan menulis sebanyak dua kali dengan narasumber Ali Harsojo, M.Pd. Tindak lanjut dari pelatihan-pelatihan tersebut, telah diterbitkannya buku antologi puisi berjudul Secangkir Kopi Rindu dan buku nonfiksi berjudul Budaya Bondowoso Lestari (Antologi Kearifan Lokal dan Budaya Bondowoso). Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rachmat, S.E, M.Si. sangat mengapresiasi sehingga berkenan mengisi kata sambutan pada kedua buku tersebut.

Selain itu, terbit pula buku ke-3 berjudul Kisah di atas Kertas (Antologi Puisi Kisah dalam Lukisan). Buku tersebut merupakan hasil tantangan menulis puisi di WAG. Peserta ditantang untuk menulis puisi berdasarkan lukisan yang dibuat oleh Dianna. Dari ketiga buku itu, puluhan anggota GLB telah mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kepala Kemenag. Kabupaten Bondowoso. Sejak saat itu, banyak anggota yang menjadi kontributor buku antologi di luar GLB, sehingga pada Januari 2022 lalu anggota di bawah naungan Kemenag. kembali mendapat piagam penghargaan serupa. Selanjutnya, pengusulan piagam penghargaan bagi anggota dan bukan anggota, akan menjadi agenda tahunan GLB. Saat ini GLB sedang memproses buku ke-4 berupa antologi pentigraf.

Husnul juga menjelaskan bahwa dana acara halabihalal selain dari iuran anggota sebesar RP.10.000,-/bulan, juga diambil dari separuh keuntungan penjualan buku. Husnul berharap, untuk selanjutnya iuran anggota dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh Sutikno, S.Ag. dengan judul I Will karya Enee Fatimah yang juga anggota GLB, dan sharing kepenulisan oleh Ali Harsojo, M.Pd. Pada kesempatan tersebut Ali berbagi ilmu tentang Blog Writer. Menurut Ali Harsojo, kelebihan menulis blog antara lain:

1. Membangun self brand atau personal branding. Semakin banyak tulisan makin banyak dikenal dan dibutuhkan orang, maka rating akan naik.

2. Menjadi blog pembelajaran.

3. Membangun komunitas blogger dan saling menguatkan.

4. Sarana tabungan tulisan berbagai genre.

5. Dapat menjadi blog professional yang menghasilkan uang (google ads)

6. Berbagi tulisan yang bermanfaat kepada siapa saja.

Selain berbagi ilmu, Ali juga berbagi buku gratis dengan syarat dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dan membacakan puisi dari buku tersebut. Antusiasme anggota yang hadir sangat tinggi dengan melontarkan berbagai macam pertanyaan, sangat interaktif. Mereka tidak akan menyia-nyiakan kehadiran motivator tersebut untuk menimba ilmu.

Acara halalbihalal diakhiri dengan foto-foto dan makan bersama. Di ruangan khusus, para pengurus mengadakan pertemuan dengan Ali Harsojo untuk membahas rencana pelatihan Blog Writer dalam waktu dekat. Selain itu, akan dilaksanakan pula pelatihan bagi pengurus untuk menjadi trainer kepenulisan yang akan dilatih langsung oleh Ali Harsojo.

.

Bondowoso, 27 Mei 2022.

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hebat GLB

28 May
Balas

Terima kasih Pak Alee. Motivatornya hebat juga.

28 May

Hebat GLB

28 May
Balas

Kereeen reportasenya, Bunda. Salam literasi

28 May
Balas

Terima kasih Pak Dedi.Salam literasi

28 May

Mantap ulasannya keren

28 May
Balas

Terima kasih, Bu.

29 May

Mantap ulasannya keren

28 May
Balas

Dahsyat, semoga ke depanya GLB makin sukses... Aamiin

28 May
Balas

Amin. Terima kasih Bu.

28 May

Mantap

28 May
Balas

Terima kasih Bu

28 May



search

New Post