Didi Suradi

Didi Suradi. Lahir di Majalengka, 06 April 1974. Anak pertama pasangan Sukri dan Julaeha ini menamatkan pendidikan SD Sampai SMA pada tahun 1993. Kemudian melan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kelas Yang Gagal Menginspirasi

Setiap kelas hendaknya menjadi ruang penuh inspirasi bagi seluruh siswa yang berada di dalamnya. Untuk itu ruang kelas perlu di desain dengan baik agar memenuhi keperluan tersebut. Guru adalah yang paling berperan dalam menciptakan suasana ini. Permasalahannya apakah setiap guru sudah berhasil melakukannya?

Untuk mengetahui apakah kelas sudah menjadi ruang inspirasi bagi siswa atau belum, lihat saja perubahan perilaku siswa setelah keluar kelas. sebagai ilustrasi dari penjelasan ini misalnya, guru yang menginginkan siswanya rajin membaca buku. Dia berusaha meyakinkan bahwa membaca itu memberikan banyak manfaat bagi siswa. Tidak hanya itu, guru juga berusaha memberikan beberapa contoh orang-orang yang berhasil dalam hidupnya karena rajin membaca buku. Dan terakhir, guru mengajarkan juga bagaimana caranya membaca buku yang efektif. Sampai akhirnya guru merasa yakin, bahwa siswa-siswanya akan tertarik membaca buku. Apakah upaya ini berhasil? jika iya, maka kelas sudah mampu menjadi ruang inspirasi bagi siswa, tapi jika tidak berhasil, maka ada sesuatu yang kurang dalam menghadirkan inspirasi pada diri siswa. hal itu mungkin saja waktu yang tidak tepat, kelas yang tidak kondusif, tidak adanya momentum, bahasa dan cara penyampaian yang salah, contoh yang tidak relevan, dan masih banyak kemungkinan lainnya.

Akhir dari tulisan ini, saya mengajak agar guru selalu melakukan refleksi pasca "berdiri di depan kelas" karena lambatnya siswa memahami suatu permasalahan bukan karena mereka malas atau tidak tertarik pada topik pembahasan, tapi mungkin saja karena guru tidak mampu menginspirasi mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar sekali, Pak. Kadang guru ga ngeh dirinya tak pernah menginspirasi

29 Sep
Balas

Mantaps Pak paparannya. Inspirasi yang harus dihadirkan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

29 Sep
Balas

Terima Kasih Bu Siti Ropiah

29 Sep

Keren Pak, tulisan yang menginspirasi.

29 Sep
Balas

Makasih, Ayo Bu Munirotul Badriah ditunggu tulisannya.

29 Sep



search

New Post