dina hervita

Saya guru di Jakarta Selatan. Ingin berpartisipasi di gerakan literasi. Jargon gemar membaca hanya akan menjadi tulisan tanpa makna jika guru tidak berperan akt...

Selengkapnya
Navigasi Web
Keep Telling Stories Teacher
Cikgu dina saat membacakan dongeng

Keep Telling Stories Teacher

I'm an actor...

Hahhaha.. mereka tertawa dengan mata mengikuti kemanapun pergerakan sang aktor. Melihat ekspresi mahal anak-anak saat cerita dongeng dibacakan adalah pengalaman yang membuat ketagihan. Rindu mendongeng setelah sekian lama terbayar sudah.

Tertawa cekikikan riuh rendah. Sesekali melemparkan pertanyaan dan candaan lucu. Saat cerita sedih, ekspresi diwajah mereka ikut sedih. Berinteraksi lebih dekat dengan menciptakan seting seakan-akan berada pada alam dan situasi yang kita ciptakan. Perdengarkan intonasi yang pas dan sesuai dengan bahasa anak-anak. Membaur...menyatu...tercebur... dan larut dalam cerita.

Totalitas dalam menyampaikan cerita dongeng akan lebih permanen pesannya menempel di otak besar mereka. Usahakan mereka fokus terhadap pergerakan kita. Buatlah berwarna. membuat anak-anak tetap fokus dan mengikuti cerita kita tidaklah mudah. Mereka biasanya fokus hanya pada 5 menit pertama. Jika kita berhasil membuat mereka stay lebih lama artinya kita berhasil memberi pembelajaran konsentrasi selevel ice breaking dalam seminar-seminar terkenal...wuiih

Muka ndlongop dengan mulut sedikit menganga artinya simpul-simpul syaraf belajar mereka sedang bekerja. Merekam semua memori yang diceritakan. Hipnotis bekerja baik. Sebagai story teller harus mampu membawa suasana sesuai sikon yang terjadi.

Jika kita sudah mampu menguasai audience, ide-ide unik berselancar tak terbendung. Lupa segalanya. Lupa beban pribadi... merasa bebas seperti merpati... Merasa menjadi diri sendiri. Storry teller sejati adalah pembelajar sesungguhnya. Sang aktor 10 menit dalam tugas gerilyanya. ya...bergerilya dengan pesan-pesan moral yang disampaikan tersirat namun dahsyat untuk hasil 20 tahun mendatang.

Guru adalah sutradara, aktor dan maestro dalam pembelajarannya.

Totalitas dalam mengajar akan memberi orgasme pada jiwa

Keep telling story cikgu....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wuih, luar biasa Ibu ini. Kece badai

15 Jan
Balas

Apalah daku..pak eko..

15 Jan



search

New Post