dina hervita

Saya guru di Jakarta Selatan. Ingin berpartisipasi di gerakan literasi. Jargon gemar membaca hanya akan menjadi tulisan tanpa makna jika guru tidak berperan akt...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penulis Siluman

Penulis Siluman

Pak Singgih Agung seorang editor sebuah penerbit buku ternama menyebutkan sebuah profesi dirinya yang membuatku sedikit terkejut.

"The Ghostwriter"

Sekilas terlihat seram atau mungkin sesuatu yang berhubungan dengan makhluk astral .

WOW...hebatnya beliau. Seorang ghostwriter pasti seorang yang pandai dengan kreatifitas tinggi. Sebenarnya familier istilah tersebut di kalangan penulis, namun entah mengapa menjadi satu kata bombastis dalam pikiranku.

Apa sih Ghostwiter itu?

Penulis hantu? Penulis bayangan? Penulis siluman? Penulis cerita-cerita horor atau sebangsanya? Mungkinkah hantunya sebagai penulis?

Ghostwriter ternyata sama sekali bukan penulis kisah-kisah hantu atau horor, dan ghostwriter bukan karya tulis cerita serem. Wikipedia menyebutkan ghostwriter adalah penulis buku, artikel, cerita, laporan atau teks untuk diakui oleh orang lain.

Siapa yang perlu ghostwriter?

Selebriti, kaum eksekutif, tokoh politik, musisi, perusahaan film, yang tidak punya waktu atau tidak mampu menghasilkan sendiri karya tulis sesuai tuntutan.

Ghostwriter tak hanya menulis. Ia juga bisa menyunting, membenahi dan merapikan karya tulis orang lain.

Apakah legal?

Sejumlah pendapat juga menyatakan ghostwriter legal dan tidak dianggap sebagai produk plagiarism asalkan penulis dan klien sudah sama-sama mencapai kesepakatan hak cipta dan imbalan. Ghostwriter dianggap illegal bila diterapkan pada dunia akademis. Sampai saat ini, thesis atau disertasi harus ditulis dan haruslah buah karya akademisi itu sendiri

Seorang ghostwriter tidak pernah bisa pamer hasil karya kepada orang lain atau kepada calon klien potensial yang sedang memerlukan jasa penulis.

Karir ghostwriting dapat menjadi ladang penghidupan yang sehat dan bermartabat, asalkan sebagai ghostwriter telah merasa nyaman dengan imbalan tunai dan tidak mulai kepingin popular melalui pencantuman nama.

Profesi ghostwriter (GW) atau istilahnya “Penulis siluman” sudah lama di kenal di Indonesia. Penyebutan GW tersebab posisi penulis di sini sering tidak disebutkan meskipun beberapanya disebutkan. Pemilik gagasan tetap adalah pengarang, sedangkan GW hanya membantu menuliskan. GW membuat perjanjian khusus dengan si empunya gagasan alias pengarang dan menulis berdasarkan pemikiran, bahkan gaya tuturan pengarang.

Ada beberapa orang mempersepsikan GW ini pekerjaan terlarang. Mengapa?

Karena mereka menganggap orang yang menerima pesanan membuatkan skripsi, tesis, disertasi, atau artikel opini di sebuah media massa sebagai GW. Itu bukan GW, melainkan penulis calo. GW tidak pernah menulis dengan pikirannya atau memproduksi tulisan seperti produk setengah jadi atau siap jadi yang dijual layaknya barang di minimarket--yang memerlukan tinggal memilih.

GW bekerja dengan dasar profesionalitas membantu siapa pun yang punya gagasan, tetapi tidak mampu menuliskannya karena alasan waktu atau alasan memang tidak dapat menulis.

Ya, kalau mau bertanya dan ngobrol-ngobrol tentang GW ataupun writerpreneurship, boleh mampir ke Institut Penulis Indonesia di daerah Kramat Raya. Silakan masuk ke InstitutPenulis.id. Tempat ini memang rumah untuk penulis Indonesia dan "markas" sementara Asosiasi Penulis Profesional Indonesia. Di sini banyak "hantu penulisan" yang bergentayangan. Hii ....

Sumber:https://www.kompasiana.com/eddyroesdiono/552027ce81331189709de539/saya-ghostwriter, https://www.kompasiana.com/bambangtrim/58e6e5ac169773b652453457/mengenal-lebih-jauh-tentang-ghost-writer?page=all

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

bisa nyusup. Penulis dibalik jasad orang lain. Pinjam ragamya. Ampuh berarti,Bun. Salam

10 Dec
Balas

salam pak...tertarik jadi ghostwriter?

10 Dec

Sereeeem juga yah, hantu bergentangan, tapi yang bergentayangan adalah kata katanya atau kalimatnya. Maaf tadi ada kata "nya", kok dipisah seharusnya digabung. Sukses selalu dan barakallah

10 Dec
Balas

siap bu..terima kasih

10 Dec



search

New Post