dina hervita

Saya guru di Jakarta Selatan. Ingin berpartisipasi di gerakan literasi. Jargon gemar membaca hanya akan menjadi tulisan tanpa makna jika guru tidak berperan akt...

Selengkapnya
Navigasi Web
Autis Sindrom Asperger

Autis Sindrom Asperger

Siapa yang menyangka bahwa Bill Gates, Steve Jobs, Adam Young dan Tim Burton adalah satu dari sekian orang terkenal di dunia yang penderita sindrom asperger?

----------------------------------------------------------------------------

Brak! Gedebuk!

Pintu yang membatasi ruang dapur dan ruang tengah terbuka keras. Kulihat anakku datang dengan muka dan badan penuh lumpur.

“Astagfirullah ada apa mas denganmu?! Kenapa muka dan badanmu penuh dengan lumpur? Jatuh ke sawah?” Tanya kU membabi buta dan sedikit cemas.

“Iya mah, tadi aku belajar naik motor, terus pas belokan aku gak ngurangi kecepatan, padahal aku jalannya lumayan kencang, jadi deh aku dan motorku melayang bebas masuk ke sawah.”jawab mas bagas dengan santainya.

Dek, jantungku berdebar lebih kencang. Hart rate nya kalau diukur pasti melebihi biasanya.

Teringat 3 tahun yang lalu tangannya pernah patah karena jatuh diboncengkan motor. Kini dia jatuh lagi.

“Mandi yang bersih mas, nanti kalau sudah selesai mama periksa.”teriakku.

Sepuluh menit kemudian.

“Koq bisa mas, jatuh. Memangnya kamu gak tahu kalau belok, kecepatan motor harus kamu kurangi, ganti gigi dulu pakai kaki kiri, sambil direm pakai kaki kanan pelan-pelan.” Kataku sambil memeriksa keadaan luka nya.

“Aku gak tahu mah, mana kanan dan dikiri. Jadi aku bingung.” Jawabmu.

“Hadeuh mas, sudah sebesar ini, 14 tahun kamu masih saja bingung mana kanan mana kiri. Apa kalau orang kidal itu selalu bingung? Mana kanan mana kiri?” Tanyaku sambil terus memeriksa seluruh tubuhnya.

“Iya mah, aku masih suka bingung kanan dan kiri.” Jawab anakku sambil tersenyum.

Done.

Semua sudah kU periksa dan baik-baik saja. Tidak ada luka lecet apalagi patah.

Alhamdulillah.

“Gak apa-apa mah, gak ada yang luka kok, paling malu mah, karena terbang bebas ke sawah.” Lanjutnya sambil tertawa nyengir. Dan aku pun hanya geleng-geleng kepala sambil mengelus kepalanya. Anakku, anakku ucapku dalam hati.

Dua bulan kemudian.

“Mah, ayah ada yang tahu sindrom asperger gak?” Tanyamu ketika kami sedang asyik bercengkrama di sebuah rumah makan.

“Gak tuh mas.” Jawab kami berdua.

“Yah koq gak ada yang tahu sih.” Katanya sambil sedikit kecewa. Dan pertanyaan itu pun berlalu.

Siang tadi, tiba-tiba suamiku menanyakan kepadaku “mah inget sindrom asperger yang ditanyakan Bagas Kemaren gak?”

“Ingat.”Sambil berusaha menyelesaikan buku the Power kU jawab pendek pertanyaan ayah.

“Bagas kena sindrom itu mah.” Kata ayah.” “Tapi kenapa dia bisa tahu tentang sindrom itu ya? “ tanya ayah sambil geleng-geleng kepala tidak percaya.

Ayuk, mari kita bahas sedikit mengenai sindrom asperger ini yuk. Mungkin sudah ada yang tahu boleh ikut menambah informasi ya..

***Sindrom atau gangguan asperger adalah gangguan perkembangan genetik atau dari sistem neuron yang mempengaruhi kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara efektif.

Merupakan golongan gangguan spektrum autistik (GSA). Rata-rata 4 dari 1000 orang di dunia mengidap sindrom ini. Dan biasanya diidap oleh laki-laki.

Berbeda dengan autism, walau ciri-ciri sangat mirip. Tetapi sindrom asperger merupakan bentuk autism yang ringan.

Meski mirip autis tetapi bisa beraktifitas dengan cara yang lebih baik dibanding anak autis pada umumnya.

Sindrom asperger tidak memiliki kesulitan dalam belajar, berbahasa atau memproses informasi. Justru memiliki kecerdasan diatas rata-rata, cepat menguasai kosakata baru serta mampu menghapal berbagai hal dengan detail.

Ciri-ciri orang yang menderita sindrom asperger ini adalah:

~memiliki perasaan mendalam pada satu aktivitas

~berbicara seperti”profesor”Biasanya bicara lebih formal dibanding anak seusianya, dan lebih suka mengobrol dengan orang dewasa.

~gangguan interaksi sosialKesulitan memahami norma sosial atau “common sense” yang biasanya tidak bisa dijelaskan dengan nalar. Membuat orang lain tidak sabar/tersinggung dengan kejujuran dan cara pikirnya yang terlalu ilmiah dan logis.

~menyukai rutinitas yang repetitif

~cenderung berbicara secara tegas dan jujur

~perkembangan motorik terlambat.Penderita sindrom ini suku menulis dengan rapi, tidak bisa naik sepeda, tidak suka kegiatan olahraga.

~pemilik sindrom ini juga memiliki Indra yang sangat peka dan sensitif.

Walau begitu penderita sindrom ini sangat berbakat dibidang tertentu seperti matematika dan musik.

****

Setelah mempelajari nya, baru terpikir olehku. Teringat semua tingkah lakunya yang kadang membuatku jengah.

Ternyata anakku menderita sindrom ini.

Alhamdulillah walau belum pernah aku bawa ke dokter yang lebih berkompeten, tapi secara tidak sengaja penanganan yang harus dilakukan untuk menanganinya sudah aku lakukan lebih dulu.

Mungkin setelah ini, ada beberapa hal yang lebih dapat kulakukan untuk lebih menonjolkan kelebihannya.

Siapa yang menyangka bahwa Bill Gates, Steve Jobs, Adam Young dan Tim Burton adalah satu dari sekian orang terkenal di dunia yang penderita sindrom asperger?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Informatif sekali Bu Dina...Semoga ananda bisa sukses menemukan kelebihannya...Barakallah...

23 Jan
Balas

Insha allah, makasih bu rini

23 Jan

subhanalloh,makasih info'y bu Dina sangat berharga sekali....

23 Jan
Balas



search

New Post