DJONY PRIHATIN, S.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
NANDHING
NANDHING

NANDHING

Nandhing bukanlah kata dalam bahasa inggris, meski ada akhiran ing dibelakangnya.

Ini hanya sebuah kata dalam bahasa jawa. Asal kata dari tandhing, yaitu salah satu bagian dari sebuah alat pertanian yang disebut cangkul. Jadi Nandhing adalah sebuah kata kerja yang berarti kegiatan memasang Tandhing.

Fungsi dari tandhing adalah sebagai pengganjal untuk mengunci ketika akan menyatukan bagian doran dan bawak. Doran adalah bagian kayu pegangan yang panjang. Sedangkan Bawak adalah bagian logam yang akan mengikat doran. Bawak sendiri menjadi satu bagian dengan logam lancip dan tajam yang disebut langkir atau landhepan.

Ada makna atau filosofi dari masing-masing bagian dari cangkul itu sendiri. Doran dimaknai sebagai “donga marang pangeran” yang artinya selalu memohon do:a kepata Tuhan, agar manusia senantiasa mengingat kepada Sang Pencipta. Bawak dimaknai “obahing awak” yang artinya harus ada gerak dari seluruh anggota badan manusia sebagai bentuk praktek nyata dalam setiap aktifitas kehidupan. Langkir bermakna “landhep ing pikir”, artinya bahwa manusia yang dianugerahi pikiran harus mampu mengolah pikirnya dengan tajam dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Sedangkan tandhing bermakna “nata ing sandhing”, artinya sebagai pengikat antara doa dan usaha tetap selalu berdampingan agar kehidupan manusia senantiasa berjalan selaras dan seimbang. (*)

*) dirangkum dari berbagai sumber.

Bojonegoro, 10042023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya. Hal sederhana ternyata dalam maknanya. Keren, Pak

10 Apr
Balas

Makasih hadirnya

11 Apr



search

New Post