Deni Kurnia

Seorang guru sekaligus blogger, yang berniat berkhidmat untuk umat dengan apapun yang bisa dilakukan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengantar Pak Kasdi Ke Tempat Baru untuk Mengabdi

Mengantar Pak Kasdi Ke Tempat Baru untuk Mengabdi

Alllah SWT menegaskan, "Kullu man 'alaihaa faan", segalanya tak ada yang abadi, semuanya akan berganti, kecuali Zat Ilahi yang akan kekal abadi.

Sebagaimana siang akan berganti malam, dan malam pun akan berganti siang, pada waktu yang telah ditentukan. Begitupun pepohonan, akan senantiasa menggugurkan dedaunan untuk berganti dengan dedaun baru, untuk melanjutkan kehidupan sang pohon.

Begitulah sunatullah....

Hari ini keluarga besar SMPN 1 Mande mengantar Pak Kasdi Ipit, kepala sekolah yang lama, untuk menunaikan tugasnya yang baru di SMPN 6 Cikalongkulon Cianjur. Sekaligus perpisahan secara kedinasan dengan beliau yang telah mengabdi di sekolah yang terkenal dengan nama "Satman" ini sekitar 2 tahun 8 bulan.

Perjalanan yang cukup melelahkan, dengan medan jalan yang naik turun dan berkelok-kelok, ditempuh sekitar 2 jam. Memang waktu yang relatif lama untuk sebuah perjalanan ke sekolah. Namun di tengah kelelahan yang mendera, kami mendapatkan sedikit hiburan, yakni berupa pemandangan pesawahan dan bebukitan yang indah menawan.

Adakah hikmah dari perjalanan mengantar Pak Kasdi ini?

Ada beberapa hal yang menarik ( setidaknya menurut saya hehe) dalam perjalanan dan selama berinteraksi dengan guru-guru di SMPN 6 Cikalongkulon, antara lain :

1. Makin menambah keyakinan, bahwa Allah-lah satu-satunya penentu hasil, sedangkan manusia tugasnya hanya berusaha. Sekeras apapun ikhtiar manusia untuk mendapatkan sesuatu, atau mempertahankannya, tetap dalam genggaman Allah segala hasilnya.

2. Terkadang sesuatu dianggap baik dalam pandangan kita, padahal bisa jadi di sisi Allah sesuatu itu buruk. Begitu juga sebaliknya, terkadang dalam pandangan kita sesuatu itu buruk, padahal menurut Allah itu banyak mengandung kebaikan.

3. Ketika kebahagiaan menghampiri, yakini itu adalah cara Allah untuk menguji rasa syukur kita. Ketika kenestapaan ada di hadapan, yakini itu adalah cara Allah untuk menguji kesabaran. Kebahagiaan dan kenestapaan adalah cara Allah untuk meningkatkan level keimanan kita.

Itulah beberapa catatan dari aktivitas kami di hari ini.

Akhir kata, selamat menjalani tugas yang baru Pak Kasdi! Doa kami senantiasa mengiringi langkahmu. Semoga ini adalah yang terbaik dari Allah SWT untuk menguji dedikasimu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post