Deni Kurnia

Seorang guru sekaligus blogger, yang berniat berkhidmat untuk umat dengan apapun yang bisa dilakukan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Saat Tak Ada Ide untuk Menulis
Saat tak ada ide untuk menulis, maka menulislah!

Saat Tak Ada Ide untuk Menulis

Tantangan GuruSiana #Day 3

Jujur, hari ini tak ada ide untuk menulis, menjawab tantangan GuruSiana di 30 hari pertama. Selain karena kesibukan di dunia offline, juga karena harus mengisi postingan di blog personal. Kebetulan, ketika membuka Google Search Console, ada pemberitahuan, bahwa blog personal yang saya kelola ada masalah di breadcumb. Hal ini tentu harus segera diperbaiki untuk menjaga performa blog.

Kelakar blogger, " Blog aja dirawat, apalagi kamu!" (hehe.....)

Siapapun akan mengalami saat-saat kosong dari ide, apalagi dalam menulis. Adakalanya, terutama saya, sudah berniat untuk menulis sesuatu dalam blog. Laptop dibuka, internet dinyalakan, dashboard blog dibuka, dan melaju ke menu editor tulisan. Di depan layar laptop ternyata blank, kehilangan ide untuk menulis. Wah, kalau sudah begini, kacau deh!

Tapi, bagi blogger, tentu ini tidak boleh dibiarkan, dikhawatirkan nanti akan menjadi "virus" malas menulis, atau menulis hanya jika punya "mood".

Ada beberapa trik yang selalu saya lakukan jika tak ada ide menulis, antara lain :

1. Baca tulisan orang lain, rangkum idenya, dan kita tulis kembali dengan bahasa dan sudut pandang kita. Ini sah saja dalam dunia blogging, dan Google pun tak mempermasalahkannya.

2. Ingat pengalaman hari ini, kemarin, atau waktu sebelumnya. Tulis, dan bingkai pengalaman tersebut dengan pesan moral yang ingin kita sampaikan.

3. Paksakan untuk menulis, jangan tunggu "mood" datang. Bukankah BISA itu karena BIASA, dan BIASA itu karena DIPAKSA?

Jadi, di saat tak ada ide untuk menulis, maka MENULISLAH. Kalau sudah dimulai, lancar jaya deh langkah selanjutnya!

Selamat mencoba!

#TantanganGuruSiana
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post